Kampanye Semakin Memanas, Reaksi Keluarga Jokowi Mengejutkan
Twitter/jokowi
Nasional

Tidak sedikit pihak-pihak yang berkomentar negatif di media sosial terkait Jokowi selama masa kampanye. Lantas, bagaimana reaksi keluarga?

WowKeren - Kampanye yang dilakukan lewat media sosial semakin ramai. Tak sedikit netter yang saling menyerang hanya untuk membela capres favorit mereka.

Sebagai capres, Presiden Joko Widodo alias Jokowi juga tak luput dari komentar negatif para netter. Tudingan pedas kerap dilayangkan kepadanya melalui media sosial.

Melihat hal ini, keluarga Jokowi menanggapinya dengan santai. Hal tersebut mereka ungkapkan lewat siaran “Mata Najwa” yang ditayangkan Rabu (12/12) malam.

Ketika ditanya oleh sang pemandu acara, Najwa Shihab, Jokowi mengungkapkan bahwa kampanye tahun ini menurutnya tidak lebih sengit dibanding sebelumnya. Menurut Jokowi, justru suasana Pilpres 2014 lebih panas daripada yang sekarang.

“Nggak,” ujar Jokowi di acara “Mata Najwa” yang tayang Rabu (12/12) malam. “Saya melihat terasa lebih panas 2014.”

Sedangkan menurut Iriana, baik Pilpres 2014 maupun 2019 sama saja. Ia mengungkapkan bahwa hal pentingnya adalah harus berani menghadapi.

“Sama saja semua panas,” ujar Iriana. “Pokoknya...dihadapi lah.”


Tak puas dengan jawaban Jokowi dan Iriana, Najwa melempar pertanyaan yang sama ke putri Jokowi, Kahiyang Ayu. Najwa menanyakan apakah Kahiyang pernah merasa baper alias terbawa perasaan saat melihat banyaknya tudingan negatif yang ditujukan selama masa kampanye untuk ayahnya. “Nggak (sakit hati),” jawab Kahiyang Ayu.

Sedangkan menurut putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming, ada banyak hal yang membuatnya sakit hati. Namun, ia enggan menjelaskan secara detail seperti apa contohnya.

“Ya pasti panas,” sahut Gibran. “Nggak satu dua...memang banyak (yang bikin sakit hati)….ya nggak usah disebutin semua orang sudah tahu.”

Berbeda halnya dengan Kaesang Pangarep, ia melihat bahwa hujatan atau cacian yang dilontarkan oleh netter adalah hal yang biasa. Menurutnya, yang paling penting adalah masing-masing pihak bisa bertanggung jawab untuk tidak menyebar hoaks.

“Biasa aja,” ujar Kaesang di acara “Mata Najwa” edisi Rabu (12/12). “Yang penting masing-masing tanggung jawab aja jangan saling menyebar yang nggak bener.”

Jika hanya sebatas kritik, menurut Kaesang itu bukanlah hal yang patut dipermasalahkan. “Kalau saling kritik itu saya kira nggak masalah,” ujarnya.

Dalam wawancara tersebut, Najwa juga menanyakan jika anggota keluarga Jokowi tertarik untuk terjun ke dunia politik. Gibran mengakui bahwa ia memiliki ketertarikan dalam dunia politik, namun belum berminat untuk memulainya dalam waktu dekat.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait