Sederet Penyakit Ini Bisa Jadi Penyebab Kulit Kering Bersisik, Bukan Cuma Soal Cuaca
Health

Kulit kering bersisik yang menggangu ternyata tak cuma disebabkan karena cuaca musim dingin, simak juga tips cara mengatasinya.

WowKeren - Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh manusia. Kulit menjadi bagian dari tubuh yang pertama kali mendapatkan reaksi atas suatu perubahan, misalnya cuaca. Diketahui, saat cuaca sedang dingin, kulit biasanya cenderung kering. Sementara itu, saat kulit berminyak, jerawatpun bisa timbul.

Kulit diketahui memiliki sel mesodermal, pigmentasi, atau melanin yang dapat menyerap sebagian radiasi ultraviolet berbahaya seperti UV yang ada pada sinar matahari. Oleh karena itu, perlindungan kulit sangat diperlukan saat kita berkontak langsung dengan matahari.


Tidak hanya itu, saat cuaca dinginpun kita juga perlu berhati-hati. Pasalnya, cuaca yang dingin bisa menyerap kelembapan dan membuat kulit kering dan kasar.

Masalah kulit kering ini biasanya memang banyak dialami saat cuaca sedang dingin. Kendati demikian, ternyata ada beberapa penyakit yang bisa membuat kulit kering, lho. Bahkan, kulit kering yang semakin parah dan dibiarkan ini bisa membuatnya tampil bersisik. Selain merusak penampilan, kulit kering bersisik ini juga bisa berbahaya untuk kesehatan.

Lantas, apa sajakah penyakit-penyakit yang bisa menjadi penyebab kulit kering bersisik ini? Simak artikelnya sebagai berikut dan mulai waspada serta menjaga kesehatan, ya.

(wk/silm)

1. Kulit Kering Bersisik Karena Penyakit Dermatitis


Kulit Kering Bersisik Karena Penyakit Dermatitis

Kulit kering bersisik ternyata juga bisa disebabkan karena penyakit Dermatitis. Penyakit ini lebih dikenal dengan nama eskim. Gangguan kulit jenis ini diketahui memiliki ragam yang banyak. Di antaranya seperti Dermatitis Atopik, Dermatitis Kontak, dan juga Dermatitis Seboroik.

Di antara sekian banyak jenis Dermatitis, Dermatitis Seboroik mungkin menjadi yang paling umum terjadi pada kulit. Dermatitis Seboroik merupakan salah satu gangguan pada kulit kepala. Akibat penyakit ini, kulit menjadi bersisik, kulit merah, dan juga timbulnya ketombe.

Selain itu, ada juga Dermatitis Kontak yang sama halnya menimbulkan akibat berupa kulit bersisik. Jenis Dermatitis ini biasa terjadi karena iritasi akibat pemakaian sabutn yang tidak cocok. Namun, kulit bersisik karena Dermatitis Kontak ini bisa disembuhkan dengan mengoleskan salep atau pelembap kulit.

2. Kulit Kering Bersisik Karena Ada Jamur yang Sebabkan Kutu Air


Kulit Kering Bersisik Karena Ada Jamur yang Sebabkan Kutu Air

Kulit kering dan bersisik juga bisa disebabkan karena bersarangnya jamur pada bagian kulit. Jamur ini biasanya muncul di antara jari kaki. Akibat adanya jamur kutu air ini kulit menjadi gatal, merah-merah, kering, hingga bersisik.

Adanya jamur yang mengakibatkan kulit kering ini memanglah bukan masalah yang serius. Namun, untuk menghindari penyebarannya ke bagian kulit yang lain, alangkah baiknya untuk segera diobati menggunakan obat kartikosteroid salep maupun yang diminum. Jika masih belum reda, lebih baik segera dibawa ke dokter untuk mencegah penyebaran ke seluruh tubuh dan penularan ke orang lain.

3. Iritasi Karena Sabun atau Perawatan Kulit Lainnya


Iritasi Karena Sabun atau Perawatan Kulit Lainnya

Kulit kering bersisik yang disebabkan karena adanya iritasi mungkin jadi salah satu penyebab yang umum. Iritasi yang menyebabkan kulit kering bersisik ini diketahui berasal dari banyak sebab. Sebelumnya, iritasi disebutkan bisa berasal dari adanya kutu air. Selain itu, iritasi yang menyebabkan kulit kering bersisik juga bisa disebabkan karena masalah sabun perawatan kulit yang tidak cocok.

Penggunaan sabun yang tak sesuai dengan fungsinya juga bisa membuat kulit kering bersisik. Misalnya, menggunakan sabun yang tak dikhususkan untuk badan bisa mengikis pelembap alami dalam tubuh. Akibatnya, apalagi kalau bukan kulit kering dan bersisik? Selain itu, kamu juga harus cukup waspada dengan kandungan sabun antiseptik yang kuat karena bisa meningkatkan risiko kulit kering.

4. Kulit Kering Bersisik Bisa Disebabkan Karena Penyakit Diabetes


Kulit Kering Bersisik Bisa Disebabkan Karena Penyakit Diabetes

Tak disangka, kulit kering bersisik ternyata juga bisa disebabkan karena penyakit diabetes yang diderita seseorang. Hal itu disebabkan karena kandungan gula darah di tubuh yang tidak normal juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Kandungan gula darah yang tinggi dalam tubuh misalnya. Hal itu bisa menyebabkan serangkaian masalah pada kulit seperti warna yang berubah menjadi lebih gelap dan juga bersisik di bagian lipatan.

Kondisi ini disebabkan lantaran kadar insulin yang tinggi mampu mendorong pertumbuhan sel-sel kulit dan juga melanin. Akibatnya akan tumbuh bercak-bercak hitam dan juga kulit yang bersisik.

5. Hipoparatiroid Bisa Sebabkan Kulit Kering dan Juga Bersisik


Hipoparatiroid Bisa Sebabkan Kulit Kering dan Juga Bersisik

Hipoparatiroid merupakan kondisi langka yang juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan juga bersisik. Kondisi ini terjadi saat kelenjar paratiroid di leher tidak menghasilkan hormon paratiroid (PTH) yang cukup. Sedikitnya jumlah PTH bisa membuat kadar kalsium menjadi rendah dan kadar fosfor menjadi tinggi.

Beberapa gejala hipoparatiroid lain selain kulit kering dan bersisik adalah adanya nyeri otot yang menyerang wajah, perut, dan juga tungkai. Selain itu, hipoparatiroid juga bisa ditandai dengan tubuh yang lemas dan juga masalah dengan ingatan.

6. Penyakit Psoriasis Sebabkan Kulit Kering Bersisik


Penyakit Psoriasis Sebabkan Kulit Kering Bersisik

Penyakit Psoriasis juga bisa menjadi penyebab kulit yang kering dan bersisik. Sebelumnya, kulit akan terasa sakit, muncul bercak tebal, dan juga kemerahan. Biasanya, psoriasis muncul di daerah kaki, tangan, wajah, punggung, kulit kepala, dan juga beberapa bagian tubuh lainnya.

Kondisi kulit kering bersisik yang disebabkan karena psoriasis ini biasanya terjadi lantaran ada masalah pada sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, sel kulit berganti terlalu cepat dari biasanya. Penyakit ini biasanya juga merupakan penyakit yang diturunkan dari keluarga.

Jika kulit keringmu disebabkan karena cuaca musim dingin, tenang saja karena kamu bisa melakukan serangkaian tips berikut untuk melembapkan kulit. Simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru