Intip 8 Tips Mengatasi Kulit Kering Menggangu Saat Musim Dingin
Shutterstock
Lifestyle

Simak beberapa tips berikut ini agar menjaga kulitmu tetap lembab dan sehat selama musim dingin yuk!

WowKeren - Musim hujan saat ini tengah melanda beberapa daerah di Indonesia. Saat musim hujan, tentu membuat udara menjadi lebih dingin dari sebelumnya. Nah, hal ini membuat kulit terasa kering.

Kulit kering di musim dingin jauh lebih tidak nyaman daripada saat musim panas. Beberapa orang bahkan merasakan gatal-gatal karena kulit kering. Hal ini tentu sangat mengganggu, kan?


Penyebab kulit kering sendiri dikarenakan kelembapan yang menurun saat musim dingin. Selain itu, beberapa kebiasaan seperti mandi dengan air hangat dan menggunakan produk perawatan kulit yang tidak tepat dapat menimbulkan hal ini.

Untuk mengatasi kulit kering di musim dingin, kalian dapat mengikuti 8 tips ampuh ini. Simak di bawah, ya.

(wk/nris)

1. Gunakan Lotion yang Melembapkan Setiap Setelah Mandi


Gunakan Lotion yang Melembapkan Setiap Setelah Mandi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab kulit kering di musim hujan adalah kelembapan yang menurun. Jadi, untuk mencegah kulit kering, kalian harus mempertahankan kelembapan dengan mengaplikasikan lotion pada kulit di seluruh tubuh. Hal ini harus dilakukan secara rutin dan konsisten, ya.

Waktu yang paling baik untuk menggunakan pelembap adalah setelah habis mandi. Oleskan pelembap saat kulit masih setengah basah. Tips ini akan membuat kulit kalian lembap lebih lama. Selain itu, kalian harus memperhatikan bahan yang digunakan dalam lotion. Hindari lotion yang mengandung minyak mineral dan produk minyak bumi lainnya. Pastikan lotion yang digunakan cocok untuk kebutuhan kalian.

2. Gunakan Pelembap Alami untuk Kulit Kering


Gunakan Pelembap Alami untuk Kulit Kering

Melembapkan kulit tak hanya dengan lotion. Kalian dapat memakai pelembap alami rumahan yang mudah ditemukan. Salah satunya adalah lidah buaya. Manfaat tanaman ini untuk kecantikan kulit sudah tidak perlu diragukan lagi. Kalian dapat mengaplikasikannya pada wajah atau bagian tubuh yang terasa kering. Dengan rutin menggunakannya, kelembapan kulit akan terjaga.

Selain itu, madu juga merupakan pelembap alami yang terbukti ampuh. Madu juga sekaligus dapat membersihkan jerawat membandel di wajah. Nah, untuk menggunakannya kalian dapat menjadikan madu sebagai masker, sebelumnya campur bahan ini dengan alpukat yang juga memiliki manfaat serupa. Menjaga kelembapan kulit juga dapat dilakukan dari dalam, yakni dengan mengonsumsi 6 jenis buah-buahan ini. Simak di sini.

3. Gunakan Tabir Surya dengan SPF Rendah Saat Musim Dingin


Gunakan Tabir Surya dengan SPF Rendah Saat Musim Dingin

Tabir surya merupakan produk yang sangat penting digunakan setiap hari. SPF di dalamnya akan melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. Mungkin sebagian dari kalian berpikir bahwa saat musim dingin tidak membutuhkan tabir surya karena cuaca sedang tidak terik.

Namun, hal tersebut salah. Saat musim dingin, kalian tetap membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit. Tapi kalian bisa memakan tabir surya yang memiliki SPF lebih rendah sekitar 15 hingga 20 saja. Tabir surya juga berguna untuk melembapkan kulit, lho.

4. Pertahankan Minyak Alami Tubuh


Pertahankan Minyak Alami Tubuh

Tubuh sebenarnya menghasilkan minyak alami, yang dapat menjaga kulit tetap terlindungi dan mencegah kekeringan meskipun dalam cuaca dingin. tapi aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari dapat membuat minyak tersebut menghilang. Salah satunya adalah kebiasaan mandi.

Sabun yang kalian gunakan dapat menghilangkan banyak minyak alami di kulit. Sebaiknya, kalian lebih memperhatikan penggunaan produk sabun yang digunakan. Pilih sabun yang mengandung pelembap. Jangan mandi terlalu lama dan sering. Selain itu, mandi dengan air hangat juga membuat kulit kering seketika. Kalian perlu menurunkan suhu serendah mungkin agar kesehatan kulit tetap terjaga.

5. Rajin Scrub Kulit Tubuh


Rajin Scrub Kulit Tubuh

Kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan masalah. Mulai dari jerawat, komedo, kulit kering dan masih banyak lagi. Maka dari itu kalian perlu melakukan eksfoliasi kulit tubuh dan wajah. Dengan ini, kulit mati akan terangkat dan produk pelembap kulit dapat menyerap sempurna.

Tidak hanya kulit tubuh yang butuh eksfoliasi, namun juga bibir. Bagian wajah ini menjadi salah satu juga rentan kering saat musim dingin. Nah, eksfoliasi bibir juga berguna untuk membuatnya tetap merah alami meski terus menggunakan lipstik. Kalian dapat menggunakan scrub bibir alami rumahan buatan sendiri, yang murah dan mudah, ketahui di sini.

6. Gunakan juga Pelembap Saat Malam Hari Setiap Mau Tidur


Gunakan juga Pelembap Saat Malam Hari Setiap Mau Tidur

Menggunakan pelembap tak hanya pada siang hari ketika akan beraktivitas. Saat malam hari ketika tidur, kulit pun masih membutuhkan kelembapan yang baik. Aplikasikan lotion yang cukup tebal saat malam hari. Kemudian tutupi dengan pakaian karena pelembap membutuhkan waktu untuk dapat menyerap ke kulit.

7. Gunakan Busana Tertutup Agar Terhindar dari Udara Dingin


Gunakan Busana Tertutup Agar Terhindar dari Udara Dingin

Ketika musim dingin, sebaiknya kalian melindungi kulit dari suhu rendah dengan menutup diri menggunakan pakaian hangat. Hal ini berfungsi agar kelembapan kulit tetap terjaga. Gunakan pakaian lengan panjang yang menutupi bagian tubuh. Kalau perlu kalian bisa menggunakan sarung tangan dan syal.

8. Rajin Gunakan Masker Alami


Rajin Gunakan Masker Alami

Bahan-bahan alami merupakan yang paling baik untuk mengatasi masalah kulit. Selain murah dan murah, bahan-bahan alami tidak akan memberikan efek samping buruk pada kulit kalian. Resiko alergi dan iritasi juga lebih kecil ketimbang menggunakan produk yang mengandung bahan kimia.

Nah, untuk melembapkan wajah kalian dapat menggunakan masker alami setiap dua kali dalam satu minggu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahan paling baik untuk melembapkan wajah adalah lidah buaya, campuran madu dan alpukat, selain itu juga pisang, oatmeal dan minyak zaitun. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait