Melembapkan Kulit Kering Secara Alami, Rajin Konsumsi 6 Jenis Buah Ini
Lifestyle

Coba perawatan melembapkan kulit dari dalam tubuh dengan buah-buahan yang enak dan bermanfaat ini.

WowKeren - Memiliki kulit kering menjadi momok untuk sebagian orang. Kulit kering terlebih bisa menyerang siapa saja, apapun jenis kelaminnya dan berapa usianya. Kulit yang kering juga bisa menyiksa penderitanya. Kurangnya kadar kelembapan dalam kulit akan membuatnya lebih mudah luka jika tergores sesuatu dibandingkan dengan kulit yang lembap.

Kulit kering dapat terjadi pada semua orang dengan berbagai penyebab. Ada beberapa tanda atau gejala jika seseorang memiliki kulit yang kering. Salah satunya adalah permukaan kulit yang terasa kasar, kencang, hingga munculnya kemerahan dan rasa gatal.


Sementara itu, kulit kering yang sudah parah akan muncul retakan atau garis-garis halus. Kondisi tersebut bisa semakin parah dengan munculnya sisik, mengelupas, hingga berdarah.

Selain kondisi kesehatan, kulit kering juga bisa disebabkan karena perubahan cuaca. Kelembapan udara yang rendah akan menyebabkan kulit terasa lebih kering. Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan karena adanya kesalahan dalam penggunaan sabun atau produk kecantikan yang lain.

Jika kamu memiliki kulit yang kering, sudah mencoba banyak cara namun masih juga kecewa, kamu bisa melakukan perawatan dari dalam. Maksudnya, yakni dengan mengonsumsi nutrisi-nutrisi yang diperlukan tubuh untuk melembabkan kulit. Salah satunya adalah yang berasal dari buah.

Buah mengandung bermacam-macam nutrisi yang bisa melembapkan tubuhmu. Tak perlu dibuat masker atau jenis perawatan buatan sendiri yang lain, hanya dengan mengonsumsi rutin buah-buahan ini, kulitmu bisa lebih lembap. Buah apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Buah Tomat Bermanfaat untuk Mengobati Berbagai Masalah Kulit


Buah Tomat Bermanfaat untuk Mengobati Berbagai Masalah Kulit

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang banyak ditemui sehari-hari. Tomat juga biasa disajikan dalam berbagai jenis kudapan dan minuman. Di balik rasanya yang segar, tomat ternyata menyimpan segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Yap, salah satunya adalah untuk melembapkan kulit secara alami.

Tomat mengandung potasium dan juga vitamin C yang tinggi. Kandungan tersebut bisa mengembalikan cahaya pada kulitmu yang terlihat kusam. Selain itu, tomat juga mengandung likopen yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Kerusakan pada kulit, termasuk terasa kering karena penuaan atau sinar matahari juga bisa diatasi dengan mengonsumsi tomat. Buah yang satu ini juga terkenal sebagai salah satu sumber makanan untuk peremajaan kulit.

2. Kandungan Vitamin C dan Air pada Buah Jeruk Atasi Kulit Kering


Kandungan Vitamin C dan Air pada Buah Jeruk Atasi Kulit Kering

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk sangat bermanfaat pula untuk melembapkan kulit. Kandungan antioksidan dalam jeruk juga berfungsi baik untuk menangkal keburukan efek radikal bebas.

Selain kandungan vitamin C, jeruk juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk kulit. Kandungan kalsium dalam jeruk ini berkontribusi dalam produksi antioksidan yang berguna untuk mengatasi kulit kering. Akhirnya, kulit akan terhindar dari kekeringan dan tampak lebih sehat serta bercahaya.

3. Kandungan Asam Lemak Tak Jenuh Buah Alpukat untuk Melembapkan Kulit


Kandungan Asam Lemak Tak Jenuh Buah Alpukat untuk Melembapkan Kulit

Satu lagi buah yang harus rajin kamu konsumsi karena mampu melembapkan kulit secara alami. Buah tersebut adalah alpukat.

Kandungan asam oleat dalam alpukat sangat berperan untuk melembapkan kulit. Kandungan tersebut juga sekaligus bisa membantu regenerasi sel kulit yang rusak. Akibatnya, kulit jadi tampak lebih lembut karena terhidrasi dengan baik.

Alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa melindung kulitmu secara alami. Jenis lemak tersebut juga mampu menjaga lapisan atas sekaligus kelembapan kulit.

Sementara itu, asam lemak gandanya mampu menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Rutin mengonsumsi buah alpukat juga bisa melindungi kulit dari sensitivitas dan peradangan yang muncul akibat terkena pancaran sinar UV dari sinar matahari.

4. Kandungan Vitamin C Tinggi pada Kiwi untuk Melembapkan Kulit


Kandungan Vitamin C Tinggi pada Kiwi untuk Melembapkan Kulit

Buah kiwi diperkaya dengan asam amino dan juga vitamin C yang mampu memerangi efek buruk dari sinar matahari. Sama halnya dengan jeruk, kandungan vitamin C dalam kiwi justru lebih besar dan semakin memberikan manfaat untuk melembapkan kulit.

Kandungan vitamin C yang baik pada kiwi ini juga berfungsi untuk membantu menyembuhkan luka lecet. Selain pada produk perawatan kulit, konsumsi kiwi segar juga bisa membantu melindungi kulit dari dalam ke luar.

5. Kandungan Air dalam Buah Semangka Ampuh Melembapkan Kulit


Kandungan Air dalam Buah Semangka Ampuh Melembapkan Kulit

Salah satu hal yang harus dijaga agar kulit terasa lebih lembap adalah kadar air dalam tubuh. Dengan menjaga tubuh agar terus terhidrasi, tentu saja kamu harus mengonsumsi jumlah air yang cukup.

Tak hanya dari air putih, kandungan air yang ampuh melembapkan kulit bisa berasal dari buah semangka. Sebuah studi dari Universitas Aberdeen Medical School mengungkap tentang manfaat semangka untuk kulit kering. Hasilnya menemukan bahwa kandungan garam, mineral dan gula alami dari buah-buahan bisa melembapkan kulit secara efektif. Ya, salah satunya berasal dari konsumsi rutin buah semangka.

6. Buah Apel Juga Memiliki Kandungan Air Tinggi untuk Melembapkan Kulit


Buah Apel Juga Memiliki Kandungan Air Tinggi untuk Melembapkan Kulit

Selain semangka, salah satu buah dengan kandungan air yang tinggi adalah apel. Untuk itu, mengonsumsinya rutin bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi kulit yang kering.

Di sisi lain, apel juga menandung UVB yang mampu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Oleh karena itu, apel menjadi buah yang bagus dikonsumsi untuk mengatasi kulit yang kering.

You can share this post!

Related Posts
Loading...