Kaleidoskop 2018: 10 Tren Challenge Viral di Media Sosial Sepanjang Tahun
SerbaSerbi

Apa saja tren challenge yang viral dan berhasil meledak di media sosial sepanjang tahun 2018? Simak rangkuman Wowkeren sebagai berikut.

WowKeren - Tahun 2018 tak terasa akan segera berganti. Dalam beberapa hari lagi, kita akan menyambut Tahun Baru 2019. Akan tetapi, sebelum menyambut pergantian tahun, beberapa peristiwa menarik layak untuk diingat.

Seperti beberapa challenge alias tantangan yang viral di media sosial berikut ini. Ya, media sosial menjadi salah satu hal yang berhasil memikat para penggunanya akhir-akhir ini. Apalagi, dengan berbekal video yang viral di media sosial, mereka juga bisa menjadi artis yang dielu-elukan penggemarnya.

Lantas, ingatkah kamu apa saja challenge yang berhasil viral di media sosial sepanjang tahun 2018 ini? Berikut artikelnya berhasil dirangkum WowKeren untukmu.

(wk/silm)

1. Challenge Tengkurap ala Raditya Dika


Challenge Tengkurap ala Raditya Dika

Artis Raditya Dika turut membuat tantangan yang berhasil menjadi viral di media sosial. Tantangan dari penulis multitalenta ini sebenarnya sangat sederhana. Namun, pelaku tantangan ini mengharuskan seseorang berani menanggung malu lantaran dituntut untuk tengkurap di tengah jalanan ramai.

Tak butuh waktu lama, tantangan ala Raditya Dika ini langsung viral diikuti di media sosial dan semakin meledak sejam Mei 2018. Beberapa pengguna terlihat berfoto tengkurap di beberapa lokasi. Lucunya, mereka juga berkreasi sekreatif mungkin dengan foto-foto tengkurap ini.

2. Tren Freckles Makeup Challenge Ala Meghan Markle


Tren Freckles Makeup Challenge Ala Meghan Markle

Royal wedding yang digelar Kerjaan Inggris pada Mei tahun 2018 ini ternyata turut memunculkan sebuah tantangan yang viral di dunia maya. Tak melulu berkaitan dengan video, tantangan yang satu ini erat kaitannya dengan penampilan. Yap, usai Meghan Markle tampil begitu sederhana pada saat pernikahannya dengan Pangeran Harry, tren makeup freckles semakin menjadi viral.

Banyak perempuan di dunia berlomba-lomba membuat dandanan freckles ala artis Hollywood yang resmi didaulat menjadi anggota Kerajaan Inggris ini. Terlihat di segala jenis media sosial, tren dandanan ini menjadi viral dipakai untuk mengambil foto. Pada beauty vlogger pun ramai membuat tutorial makeup freckles ini.

Beberapa selebriti Indonesia juga turut meramaikan tren makeup freckles yang satu ini. Untuk tahu tren make up apa saja yang nge-tren selama 2018, yuk cek di sini.

3. In My Feelings Challenge


In My Feelings Challenge

Tren tarian populer ini berhasil viral di media sosial dan menyapu seluruh minat penggunanya pada pertengahan tahun 2018. Bukan cuma orang biasa, tren ini juga populer di kalangan para selebriti. Mereka melakukan gerakan yang sama, namun dengan berbagai inovasi khas mereka diiringi lagu hit milik Drake yang berjudul "In My Feelings".

View this post on Instagram

BLOOPERS! ืคืกืคื•ืกื™ื! So while we were filming our 2018 Hits mashup we had some funny bloopers, hereโ€™s one of them while @galitmor tried to do the #kekechallenge ๐Ÿคฃ For all the bloopers go to Zappa TV website Link to the Best Hits Of 2018 mashup in my bio ;) ืื– ื‘ื–ืžืŸ ืฉืฆื™ืœืžื ื• ืืช ื”ืžืืฉืืค ืฉืœ ืœื”ื™ื˜ื™ 2018 ื”ื™ื• ื›ืžื” ืคืกืคื•ืกื™ื ืžืฆื—ื™ืงื™ื, ื”ื ื” ืื—ื“ ืžื”ื ื‘ื–ืžืŸ ืฉื’ืœื™ืช ื ื™ืกืชื” ืœืขืฉื•ืช ืืช ืืชื’ืจ ื”ืงื™ืงื™ ๐Ÿ˜œ ืœืกืจื˜ื•ืŸ ื”ืคืกืคื•ืกื™ื ื”ืžืœื ื›ื ืกื• ืœื–ืืคื” TV ืœื™ื ืง ืœืžืืฉืืค ื”ืžืœื ืืฆืœื™ ื‘ื‘ื™ื• ;) #ื’ืœื™ืชื•ืืจืชื•ืจ #galitandartur . . . . . . . . . . . . . . . #bloopers #funny #lol #drake #keke #inmyfeelings #2018 #2018hits #hilarious #lmfao #poplife #kekechallengefail #fail #israel #tlv #telaviv #igersisrael #instaisrael #insta_israel #laugh #ืชืœืื‘ื™ื‘ #ื™ืฉืจืืœ #ืžืฆื—ื™ืง #ืคืกืคื•ืกื™ื #ืงื•ืจืข

A post shared by Artur Katz (@artur_katz) on

Hanya dalam beberapa minggu, sudah ada lebih dari 400.000 unggahan serupa dengan tagar #InMyFeelingsChallenge di Instagram. Kendati demikian, semua ini berasal dari akun Instagram dengan nama @theshiggyshow. Pada 29 Juni, ia mengunggah video dirinya menarikan gerakan shiggy di jalanan dengan diiringi lagu milik Drake.

Saat lagu dengan lirik "Kiki, do you love me?", dia membuat gerakan hati dengan tangannya. Dengan diiringi mobil yang mengikutinya pelan, ia lantas membuat gerakan mengemudi dengan tangannya saat lirik berganti menjadi "Are you riding?". Sejak video tersebut tersebar, hampir semua orang melakukan tantangan yang sama.

4. Tik Tok Challenge


Tik Tok Challenge

Tren lip sync telah menjadi populer sebelum aplikasi seperti Tik Tok merajai media sosial. Setelah aplikasi tersebut berhasil menjadi populer, berbagai video lip sync semakin meledak. Banyak pengguna media sosial berlomba-lomba membuat video kreatif mereka dengan aplikasi platform video musik asal Tiongkok ini.

Berbekal efek suara dan juga video, seseorang bisa membuat video kreatif mereka yang terlihat bak musik video. Beberapa orang juga berhasil menjadi artis berkat platform ini. Salah satu yang berhasil menjadi sorotan di Indonesia adalah Bowo Alpenliebe.

Remaja laki-laki ini menjadi perhatian usai dirumorkan menggelar jumpa penggemar berkat video Tik Tok miliknya yang hits. Beberapa penggemar perempuannya bahkan rela melakukan apapun demi bisa berjumpa dengan Bowo.

Kendati demikian, tren tantangan video Tik Tok ini juga merajalela di belahan dunia lain. Seperti di Korea misalnya, para artis Kpop banyak membagikan video kreatif mereka menggunakan platform Tik Tok ini.

5. Tren Viral Berbahaya, Momo Challenge


Tren Viral Berbahaya, Momo Challenge

Sementara media sosial semakin diminati semua kalangan, tantangan-tantangan unik dan menguji nyali juga tak kalah populer. Tantangan pertama yang berhasil viral di media sosial adalah "Momo Challenge". Tren tantangan ini semakin populer di bulan Juli tahun 2018.

"Momo Challenge" ini sendiri merupakan sebuah tantangan yang mengharuskan seseorang untuk menghubungi pengguna bernama "Momo". Tantangan ini bisa dilakukan melalui media sosial maupun aplikasi chatting pada ponsel.

Tantangan ini sempat dilaporkan sebagai salah satu tindakan cyberbullying. Hal itu terjadi lantaran beberapa penggunanya dikabarkan menerima beberapa ancaman grafis dan juga beberapa perintah untuk melakukan sebagian tugas berbahaya. Kendati demikian, tak benar-benar ada laporan mengenai penantang yang terluka akibat melakukan tantangan ini.

6. IDOL Challenge BTS


IDOL Challenge BTS

Tren "IDOL Challenge" ini dimulai beberapa saat ketika boyband Korea Selatan, Bangtan Boys, merilis album mereka "Love Yourself: Answer" pada 24 Agustus 2018. Setelah itu, tantangan tarian seru ini dibuat dengan menggunakan salah satu lagu mereka berjudul "Idol".

Hanya dalam semalam saja, "IDOL Challenge" sudah berhasil merajai media sosial. Tak cuma di Instagram saja, pengguna Twitter juga dibuat demam dengan tantangan ala BTS ini. Bahkan, tak sedikit selebriti Indonesia dan juga dunia turut mengikuti tantangan ala Rap Monster cs ini.

Billboard melaporkan bahwa tantangan ini dimulai ketika J-Hope mengunggah video koreografi dari lagu terbaru mereka di Twitter. Video tersebut menampilkan tagar #IDOLCHALLENGE dan membuat para penggemar BTS heboh. Akhirnya, tantang ini juga diikuti oleh warganet lainnya.

7. Baby Shark Challenge yang Lucu


Baby Shark Challenge yang Lucu

Memasuki bulan September 2018, media sosial kembali dihebohkan dengan tren tantangan viral yang bertajuk "Baby Shark Challenge". Tren ini berhasil meledak di kalangan pengguna media sosial, khususnya di Indonesia. Tak hanya anak-anak, yang menjadi tujuan lagu ceria ini, bahkan para polisi berseragam hingga sekelompok keluarga turut menari-nari lucu menggunakan lagu "Baby Shark" ini.

Tantangan dengan tagar #BabySharkChallenge ini juga turut mengundang perhatian dunia. Banyak pula selebriti yang turut berpartisipasi dalam tantangan ini.

Berada di balik lagu tersebut, perusahaan hiburan edukasi Pinkfong menjelaskan bahwa di balik populernya lagu "Baby Shark", para artis Korea mengambil peran. Diketahui, grup-grup Kpop seperti Girls' Generation,Red Velvet, hingga Black Pink yang menari riang dengan lagu "Baby Shark" ini menjadi populer di televisi dan berlanjut ke media sosial. Tren ini kemudian dengan cepat menyebar ke seluruh Asia Tenggara.

8. Falling Stars Challenge


Falling Stars Challenge

Tren "Falling Stars" challenge mampu merajai media sosial dengan keunikan tantangannya. Dilansir dari South China Morning Post, tantangan ini juga dikenal sebagai tren "pamer kekayaan" di Tiongkok. Tantangan ini mulanya dilakukan oleh masyarakat Rusia sebelum akhirnya diadaptasi oleh para pemuda Tiongkok.

Setelah tren ini menyebar luas, tak butuh lama bagi para pengguna media sosial untuk menirukannya. Lucunya, tak hanya harta kekayaan, para warganet berlomba-lomba berkreasi dengan ide mereka. Bukan cuma barang-barang mewah, warganet di seluruh dunia terus memunculkan ide fresh dan membuat tantangan ini viral di bulan September hingga Oktober 2018.

Tantangan tersebut awalnya pecah di Rusia. Tantangan ini awalnya sangat populer di kalangan para jutawan. Puluhan gambar diunggah setiap harinya. Foto-foto tersebut menunjukkan orang-orang yang jatuh tersungkur di tanah maupun aspal. Eits, tunggu dulu. Tak cuma jatuh biasa, orang-orang yang mengikuti "Falling Stars" Challenge ini jatuh dari kendaraan mewah mereka.

9. Seberapa Greget Challenge


Seberapa Greget Challenge

Pertama kali diunggah oleh @bangijal_tv, tren tantangan "Seberapa Greget Challenge" ini lantas viral di media sosial. Selain lucu, tantangan ini juga menuntut pembuatnya untuk menemukan kalimat-kalimat "greget" yang bikin ngakak.

Dalam tantangan ini, seseorang ditantang menyebutkan pengalaman unik mereka. Bukan cuma anak-anak, tantangan ini juga viral diikuti oleh para ibu-ibu. Bahkan, di media sosial Twitter, tak hanya video, beberapa cuitan lucu mewarnai tantangan "Seberapa Greget Challenge" ini.

10. Hey Tayo Challenge


Hey Tayo Challenge

Lagi-lagi, serial animasi berhasil menimbulkan tantangan yang viral di media sosial. Setelah "Baby Shark Challenge", tren "Hey Tayo Challenge" menggantikan posisi tantangan yang banyak ditirukan hampir semua pengguna media sosial.

Tantangan ini bermula dari lagu tema serial animasi "Tayo The Little Bus" yang lantas menjadi salah satu tantangan prank di media sosial. Tantangan ini dilakukan dengan cara mirip seperti memanggil seseorang. Setelah mereka menoleh saat si penantang mengucapkan "Hey", lantas mereka lanjut meneruskan lirik lagu "Hey Tayo...Hey Tayo". Maka, tak jarang beberapa orang yang kena tantangan usil ini tampak geram.

Kendati demikian, banyak pula yang menanggapi candaan ini dengan ringan. Merasa tertipu dengan sapaan yang ternyata adalah lagu Tayo, mereka terlihat sangat malu. Sangat seru, tantangan ini langsung meledak di media sosial sekitar bulan November 2018.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru