Gunakan 9 Bahan Alami Ini untuk Memutihkan Selangkangan
Shutterstock
Lifestyle

Daripada mengambil resiko menggunakan bahan kimia, lebih baik kalian menggunakan bahan alami untuk memutihkan selangkangan.

WowKeren - Lutut dan siku yang hitam merupakan salah satu masalah yang dialami banyak orang. Masalah tersebut membuat sebagian orang tidak percaya diri untuk mengenakan celana atau rok pendek. Hal serupa juga berlaku pada orang-orang yang memiliki selangkangan hitam.

Selangkangan yang menghitam, umumnya disebabkan lantaran kulit bagian paha dalam menghasilkan melanin berlebihan. Melanin merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit. Jika berlebihan, tentunya akan membawa pada kondisi yang disebut hiperpigmentasi.


Untuk mengatasi masalah selangkangan yang menghitam, biasanya para wanita menggunakan pemutih instan yang banyak di jual di toko online. Namun, hal tersebut bisa berbahaya, lho. Kalian tidak tahu bahan apa yang digunakan produsen, kan?

Daripada mengambil resiko, lebih baik kalian menggunakan bahan alami untuk memutihkan selangkangan. Simak selengkapnya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Air Tawas untuk Memutihkan Selangkangan


Air Tawas untuk Memutihkan Selangkangan

Bahan pertama yang dapat membantu memutihkan bagian selangkangan adalah tawas. Tawas sendiri merupakan kelompok garam rangkap berhidrat berupa kristal dan bersifat isomorf. Bahan satu ini juga memiliki khasiat lain sebagai perontok bulu, lho. Tawas sudah banyak digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak.

Untuk menggunakannya, kalian hanya perlu merendam tawas dalam air hangat. Biarkan tawas larut kemudian oleskan pada bagian selangkangan yang menghitam menggunakan kain yang sudah dicelupkan pada rendaman. Gosok juga secara perlahan dan jangan sampai mengenai organ vital, ya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

2. Campuran Kunyit dan Madu Bisa Bikin Selangkangan Memutih


Campuran Kunyit dan Madu Bisa Bikin Selangkangan Memutih

Kunyit merupakan bahan alami yang dikenal dapat memutihkan kulit wajah. Rupanya, bahan ini juga dapat digunakan untuk memutihkan selangkangan yang menghitam, lho. Kalian juga dapat mencampurkannya madu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Nah, cara membuatnya sangat mudah, kok. Haluskan kunyit secukupnya, kemudian campurkan dengan madu hingga membentuk pasta. Oleskan pada area selangkangan sembari digosokkan. Kemudian diamkan selama sekitar 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

3. Gunakan Mentimun untuk Mengatasi Selangkangan Hitam


Gunakan Mentimun untuk Mengatasi Selangkangan Hitam

Selain kunyit, mentimun juga kerap digunakan untuk mencerahkan kulit. Buah ini memiliki kandungan mineral alami dan vitamin yang membantu meningkatkan kecerahan kulit, mengurangi iritasi dan mengencangkan kulit. Hal tersebut juga berlaku untuk kulit area selangkangan, ya.

Caranya adalah dengan mengiris mentimun kemudian menggosokkannya pada kulit selangkangan hingga layu. Lakukan secara merata pada bagian yang hitam, ya. Selanjutnya bilas dengan air dan ulangi secara rutin 3 hingga 4 kali seminggu.

4. Tomat Berkhasiat untuk Memutihkan Selangkangan


Tomat Berkhasiat untuk Memutihkan Selangkangan

Tomat merupakan bahan masakan yang kerap digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Pasalnya, bahan alami ini memiliki kandungan lycopene sebagai antioksidan yang akan melindungi kulit dari sinar matahari dan membuat kulit menjadi tidak sensitif. Selain itu, tomat juga dapat memutihkan kulit selangkangan, lho.

Untuk menggunakannya, kalian hanya perlu memotong tomat menjadi beberapa bagian. Kemudian gosokkan dengan gerakan memutar pada area yang gelap selama beberapa menit. Biarkan cairan pada tomat meresap ke kulit selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Buat Scrub dari Oatmeal dan Yogurt


Buat Scrub dari Oatmeal dan Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang mengandung asam laktat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Sementara oatmeal dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit kering meradang. Umumnya, campuran kedua bahan ini digunakan untuk mengatasi kulit beruntusan. Kalian juga bisa menggunakannya untuk mengatasi area selangkangan yang menghitam, lho.

Scrub dari oat meal dan yogurt sangat mudah dibuat. Campurkan tiga sendok masing-masing bahan tersebut. Aduk hingga membentuk pasta kemudian gosokkan pada area kulit yang menghitam. Setelah itu, bilas hingga bersih, pastikan tidak ada bahan yang tersisa. Lakukan secara rutin hingga perubahan terlihat, ya.

6. Manfaatkan Minyak Kelapa dan Jus Lemon untuk Memutihkan Selangkangan


Manfaatkan Minyak Kelapa dan Jus Lemon untuk Memutihkan Selangkangan

Kalian pasti sudah mengetahui bahwa lemon bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Manfaat tersebut lantaran lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Untuk memutihkan selangkangan, campurkan minyak kepala yang berguna menjaga kulit area tersebut tetap lembap dan kulit elastis.

Setelah mencampurkan kedua bahan tersebut, oleskan pada bagian selangkangan yang menghitam. Hati-hati saat menggosokkan agar tidak terkena organ vital. Pijat dengan lembut selama sekitar 10 menit. Bilas dengan bersih dan lakukan secara rutin.

7. Atasi Selangkangan Hitam dengan Scrub Gula


Atasi Selangkangan Hitam dengan Scrub Gula

Mengeksfoliasi kulit merupakan langkah yang tepat untuk urusan mencerahkan kulit. Eksfoliasi kulit membantu mengangkat sel-sel kulit mati di selangkangan yang menjadi salah satu penyebab kulit menghitam. Bahan yang tepat untuk eksfoliasi adalah gula.

Menggunakan gula sebagai eksfoliator, perlu dicampur dengan air lemon dan madu. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga membentuk pasta. Gosokkan lembut ke selangkangan agar sel-sel kulit mati terangkat. Lalu, bilas hingga bersih dengan air hangat.

8. Kentang dapat Memutihkan Selangkangan Hitam


Kentang dapat Memutihkan Selangkangan Hitam

Bahan alami selanjutnya yang dapat memutihkan selangkangan yang menghitam adalah kentang. Katakolase yang ada di dalam kentang, diyakini dapat membantu mencerahkan kulit. Kalian hanya perlu menggosokkan irisan kentang pada selangkangan selama sekitar 15 menit. Bilas dengan bersih setelah digosokkan, ya.

9. Gunakan Lidah Buaya untuk Memutihkan Selangkangan


Gunakan Lidah Buaya untuk Memutihkan Selangkangan

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan tak perlu diragukan lagi. Tanaman satu ini juga bermanfaat untuk mengatasi selangkangan yang menghitam. Manfaat tersebut berkat kandungan vitamin C di dalam lidah buaya yang cukup tinggi. Gel lidah buaya juga dapat menjadi pelembap alami untuk kulit.

Penggunaan bahan satu ini cukup mudah dan tanpa perlu dicampur dengan bahan lainnya. Ambil bagian dalam lidah buaya lalu oleskan pada area selangkangan. Biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air. Disarankan untuk menggunakan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait