Sebal Karena Koneksi Internet Ponsel Lemot? Ini 7 Penyebabnya
The Wall Street Journal
Tekno

Internet lemot bisa disebabkan banyak faktor. Cari tahu di bawah ini.

WowKeren - Koneksi internet merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk orang-orang zaman sekarang. Internet menjadi akses bagi semua orang pengguna ponsel pintar untuk dapat berkomunikasi, mencari bahan untuk tugas atau bekerja, mengetahui dunia luar, belajar dan masih banyak lagi. Semua hal kini dapat diakses dari ponsel berkat adanya internet.

Nah, internet yang lemot tentu sangat menyebalkan. Apalagi jika kalian sedang dikejar deadline atau butuh menghubungi seseorang dalam keadaan genting namun tak mengetahui nomor teleponnya.


Internet yang lemot disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari sistem operasi ponsel, jaringan, cuaca dan lainnya. Untuk lengkapnya, simak di bawah ini.

1. Jaringan Internet Belum Menjangkau Area Kalian Berada


Jaringan Internet Belum Menjangkau Area Kalian Berada

Jika kalian berada di area pedasaan atau hutan, jangan heran jiika koneksi internet melambat. Area yang jauh dari BTS (Base Transceiver Station) memang tidak sebaik dengan daerah yang berada di sekitarnya. Apalagi, Indonesia memiliki banyak gunung dan hutan yang menjadi penghalang adanya sinyal Operator.

Saat berada dalam kondisi tersebut, sebaiknya kalian memilih jaringan pada mode 3G Only atau GPRS Only. Jika pada 3G Only, pastikan daerah kalian penuh dengan sinyal operator, sedangkan untuk GPRS Only, maka pastinya koneksi tidak secepat 3G Only. Mengganti mode jaringan juga akan membuat kalian lebih hemat baterai

2. Cuaca yang Buruk Mempengaruhi Sinyal


Cuaca yang Buruk Mempengaruhi Sinyal

Cuaca merupakan salah satu faktor koneksi internet bermasalah. Ketika musim penghujan, koneksi beberapa provider, mendadak berubah menjadi tidak lancar atau melambat. Bahkan terkadang ada yang hilang total, lho. Hal ini diperkirakan terjadi karena sinyal-sinyal internet yang ada di udara terhalang oleh titik-titik hujan.

3. Koneksi Bisa Dipengaruhi Akibat Terlalu Banyak Aplikasi yang Aktif


Koneksi Bisa Dipengaruhi Akibat Terlalu Banyak Aplikasi yang Aktif

Aplikasi seperti media sosial yang terus aktif bisa menjadi penyebab koneksi internet kalian melambat. Aplikasi obrolan, media sosial seperti Twitter dan Instagram yang menyala bersamaan membuat kecepatan internet lemot.

Aplikasi tersebut belum ditambah dengan aplikasi lainnya. Nah, coba kalian bayangkan, jika misalnya 1 aplikasi membutuhkan 20 kb per-menit, maka kalian bisa menjumlahkan dengan aplikasi yang kalian punya. Nah, maka dari itu, segera hapus aplikasi yang tidak kalian gunakan, ya.

4. Sinyal di Parkiran atau Lift akan Terganggu


Sinyal di Parkiran atau Lift akan Terganggu

Pernah mengalami kesulitan sinyal di parkiran, kan? Hal tersebut dapat terjadi karena dua hal. Pertama, tempat parkir terlalu tinggi. Sementara yang kedua, parkiran memiliki dinding tebal dan tertutup sehingga sinyal tidak dapat dijangkau.

Biasanya, hal itu juga terjadi jika kalian berada di dalam lift atau memasuki terowongan yang panjang. Jika tengah membutuhkan koneksi internet, kalian harus bersabar hingga keluar dari parkiran atau lift.

5. Jaringan Terlalu Sibuk dapat Pengaruhi Koneksi Internet


Jaringan Terlalu Sibuk dapat Pengaruhi Koneksi Internet

Penyebab internet yang melambat bisa dikaitkan dengan banyaknya orang yang menggunakan koneksi yang sama seperti saat menggunakan WiFi. Kasus seperti ini juga bisa berlaku pada provider, lho. Mungkin kalian bisa membandingkan penggunaan koneksi internet saat siang hari di mana banyak orang beraktivitas dengan dini hari sekitar pukul 02.00 pagi. Tentu akan terasa perbedaan antara keduanya.

6. Sistem Operasi Ponsel Bermasalah


Sistem Operasi Ponsel Bermasalah

Terkadang internet yang lemot tidak hanya disebabkan oleh provider, namun juga ponsel kalian. Sistem operasi yang kinerjanya kian menurun bisa menyebabkan koneksi lambat. Performa ponsel juga bisa jadi lemot, lho.

Hal ini dapat diatasi dengan mengatur ulang ponsel kalian. Sebelum me-reset, pindahkan terlebih dahulu file yang penting, ya. Kemudian bandingkan performa ponsel kalian setelah diatur ulang.

7. Terlalu Banyak File Cache yang Tidak Pernah Dihapus


Terlalu Banyak File Cache yang Tidak Pernah Dihapus

Jika kalian memiliki ponsel berbasis Android, file cache atau file sampah bisa jadi penyebab koneksi internet melambat. Tumpukan file tersebut juga mempengaruhi performa ponsel kalian. Segera hapus dengan menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master.

You can share this post!

Related Posts
Loading...