Waspada Serangan Virtex Buat Ponsel Mati & Ngelag Mendadak, Cari Tahu Tips Atasinya
Pexels/George Dolgikh
Tekno

Serangan virtex yang mengakibatkan ponsel mati dan ngelag mendadak belakangan kerap dialami banyak orang. Yuk, cari tahu seperti apa cara memulihkan ponsel akibat virtex dan tips pencegahannya.

WowKeren - Belakangan masyarakat tengah digegerkan dengan serangan virtex pada ponsel. Kondisi ini membuat ponsel mendadak mati dan ngelag alias lemot secara mendadak. Virtex diketahui kepanjangan dari virus text. Virus ini mampu membuat beberapa aplikasi di smartphone mengalami gangguan.

Aplikasi yang paling sering diserang oleh virtex adalah WhatsApp. Jika sudah terserang virtex, WhatsApp akan mengalami lag untuk waktu yang cukup lama. WhatsApp bahkan bisa sulit pulih dan mungkin butuh bantuan para ahli untuk mengaksesnya kembali.

Masyarakat yang awam akan virus ini tentu akan panik kala mendapati ponsel mereka tiba-tiba mati. Apalagi, virtex bisa menyebabkan Anda kehilangan seluruh kontak dan data pada WhatsApp.

Sementara itu, menurut pakar keamanan siber, Alfons Tanujaya, virtex merupakan sekumpulan kode yang dirancang untuk membuat WhatsApp target mengalami error. Hal ini disebabkan karena aplikasi sulit memproses imbas pesan dan data yang menumpuk.


"Virtex itu adalah virtual text. Jadi itu adalah sekumpulan kode. Dirancang sedemikian rupa sehingga membuat WhatsApp penerima mengalami error karena tidak mampu memproses pesan yang bertumpuk dan sangat banyak," kata Alfons.

Selain ngelag dan sulit diakses, akun WhatsApp Anda juga berpotensi diblokir. Karena itu, Alfons mengimbau agar masyarakat tak menyepelekan dan lebih waspada terhadap serangan virus virtex.

"Penggunaan virtex bisa menyebabkan akun di-ban WhatsApp karena memakan resource yang sangat besar. Jadi disarankan untuk menghindari virtex dan jangan menjalankan pesan yang tidak jelas dan diterima dari orang tak dikenal," imbau Alfons.

Lantas, langkah apa saja yang bisa Anda lakukan ketika ponsel terserang virus virtex? Tak perlu panik, WowKeren hadir untuk memberikan beberapa tips yang mungkin bisa dicoba ketika ponsel mengalami serangan virtex.

(wk/Sisi)

1. Segera Hapus Pesan Pemicu Virtex Tersebut


Segera Hapus Pesan Pemicu Virtex Tersebut
Unsplash/Christian Wiediger

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yakni menghapus pesan pemicu munculnya virtex. Pastikan Anda langsung menghapus dan tak membuka pesan itu lagi. Pastikan juga tak ada pesan spam yang tertinggal agar Anda tak mengalami serangan virtex lebih dari sekali.

Bila perlu, Anda bisa memblokir kontak yang mengirimkan pesan virtex tersebut. Dengan begitu, kontak yang bersangkutan tak bisa mengirim pesan susulan. Bersihkan pula histori dan cache agar WhatsApp benar-benar aman dari virus.

2. Tutup Aplikasi WhatsApp Secara Paksa


Tutup Aplikasi WhatsApp Secara Paksa
Unsplash/AARN GIRI

Langkah kedua ini bisa dicoba jika Anda sudah kesulitan mengakses WhatsApp. Yang mana, Anda sudah tak bisa menghapus pesan pemicu virtex ataupun memblokir kontak yang bersangkutan.

Tutup paksa WhatsApp dan buka lagi beberapa menit setelahnya. Jika sudah bisa membuka WhatsApp, ikuti instruksi seperti langkah pertama yakni menghapus pesan pemicu virtex.

3. Hapus WhatsApp & Install Ulang


Hapus WhatsApp & Install Ulang
Unsplash/Mika Baumeister

Bila langkah pertama dan kedua tak kunjung bisa dilakukan, cara terakhir yang bisa Anda coba adalah hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel. Dengan menghapus paksa, data dan virus yang menyebabkan ponsel bermasalah otomatis akan ikut hilang.

Usai menghapusnya, Anda bisa menginstall ulang aplikasi WhatsApp. Biasanya, Anda akan mendapat tampilan dan akses baru usai menginstall ulang WhatsApp. Namun, perlu diperhatikan jika kontak dan data Anda berisiko hilang usai aplikasi di-install ulang.

4. Backup Data Sebelum Install Ulang


Backup Data Sebelum Install Ulang
Unsplash/Dima Solomin

Oleh karena itu, sebelum menghapus dan menginstall ulang WhatsApp, pastikan Anda sudah mem-backup alias mencadangkan data yang ada. Anda bisa memindahkan data melalui cloud atau perangkat lain sebelum menginstall ulang.

Dengan begitu, kontak dan data lama Anda akan tetap aman. Meski ponsel kembali pulih usai mengalami virtex, Anda juga disarankan untuk terus melakukan backup data secara berkala agar data tetap aman jika kembali terjadi serangan virtex atau malware.

Selain langkah untuk memperbaiki ponsel pasca terserang virus, tips di bawah juga bisa Anda pakai sebagai upaya antisipasi pencegahan terhadap serangan virtex. Pasalnya, lebih baik mencegah sebelum ponsel Anda menjadi sasaran virtex.

5. Pasang WhatsApp Immune


Pasang WhatsApp Immune
Unsplash/FLY:D

Beberapa orang kini mulai memasang WhatsApp Immune untuk ponsel mereka. WhatsApp Immune sendiri bekerja layaknya anti virus khusus untuk WhatsApp. Dengan begitu, WhatsApp Anda tak mudah dibobol atau dimasuki virus-virus yang tak jelas asal usulnya.

WhatsApp Immune bisa didownload dari apps store yang tersedia di ponsel. Setelah terinstall, Anda bisa memasukkan nomor WhatsApp ke aplikasi tersebut. Anda kemudian akan diminta untuk melakukan verifikasi akun dan WA siap dipakai seperti sediakala.

6. Stop Beri Nomor WA Ke Sembarang Orang


Stop Beri Nomor WA Ke Sembarang Orang
Unsplash/Samsung UK

Selain memasang WhatsApp Immune, disarankan pula untuk tidak berbagi nomor ke sembarang orang. Hal ini akan memicu banyaknya pesan spam atau oknum-oknum tak bertanggung jawab yang memiliki niat buruk pada nomor Anda.

Karena itu, bagikan nomor hanya kepada orang yang Anda kenal dan percaya. Bila perlu, Anda bisa memakai dua nomor berbeda. Nomor pertama bisa Anda pakai untuk komunikasi, sedang satu lagi untuk keperluan transaksi atau hal tak terduga lainnya.

7. Jangan Buka Tautan File Atau Pesan Mencurigakan


Jangan Buka Tautan File Atau Pesan Mencurigakan
Unsplash/Jamie Street

Terakhir yang kerap disepelekan yakni jangan membuka file atau tautan yang mencurigakan. Pasalnya, belakangan marak oknum tak bertanggung jawab kerap mengirimkan file atau tautan sebagai modus penipuan.

Selain modus penipuan, tautan atau file semacam itu bisa menyebabkan kerusakan pada sistem ponsel karena mengandung virus atau malware. Oleh sebab itu, lebih baik abaikan pesan-pesan mencurigakan terutama yang berasal dari nomor tak dikenal.

Nah, itu dia cara dan tips yang bisa dicoba untuk menangkal virus virtex dari ponsel. Semoga artikel di atas dapat membantu sobat WowKeren sekalian. Terus nantikan tips penting lainnya ya, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait