Viral Fitur Baru Instagram Threads, Apa Bedanya Dengan Twitter dan Gimana Sih Cara Pakainya?
Unsplash/Azamat E
Tekno

Meta meluncurkan aplikasi baru yang dinilai serupa dengan Twitter yakni Threads Instagram. Yuk, cari tahu perbedaan Threads dengan Twitter dan cara mudah memakainya.

WowKeren - Penikmat media sosial belakangan tengah dihebohkan dengan fitur baru yang diluncurkan oleh Meta yakni Threads Instagram. Fitur baru ini sontak menjadi perbincangan lantaran dinilai memiliki kesamaan dengan Twitter. Pasalnya, Threads memungkinkan penggunanya untuk melakukan percakapan publik secara real time seperti yang ditawarkan Twitter.

Menurut laporan The New York Post, Threads Instagram memang dirancang untuk memberikan pengalaman mirip dengan Twitter. Pengguna bisa berbagi pendapat, informasi dan foto lewat aplikasi baru tersebut. Selain itu, masyarakat juga bisa berbalas komentar dan menyukai Threads milik orang lain.


Meskipun fungsi Threads dan Twitter serupa, kedua aplikasi ini memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan yang paling terlihat adalah tampilan kedua aplikasi ini. Jika Twitter identik berwarna biru, Threads Instagram didominasi dengan nuansa hitam dan putih. Bentuk ikon dan beberapa menu Threads juga dirancang berbeda dengan milik Twitter.

Lantas, apa saja sih perbedaan Threads dan Twitter? Tak perlu bingung lagi, WowKeren akan berbagi informasi mengenai perbedaan kedua aplikasi tersebut. Buat kamu yang tertarik menjajal Threads juga tak perlu khawatir lantaran WowKeren akan merangkum cara mudah mengoperasikan fitur baru satu ini. Yuk, disimak ya!

(wk/Sisi)

1. Threads Mengharuskan Punya Akun Instagram, Twitter Berdiri Sendiri


Threads Mengharuskan Punya Akun Instagram, Twitter Berdiri Sendiri
Pexels/Ocko Geserick

Pembuatan akun Threads sedikit lebih ribet ketimbang Twitter. Pasalnya, mereka yang ingin membuat Threads diharuskan lebih dulu memiliki akun Instagram. Pasalnya, akun Instagram dan Threads nantinya akan saling tersinkronisasi. Hal ini membuat nama akun Threads tak bisa diubah dan akan disesuaikan seperti Instagram pemilik.

Selain itu, pengguna tak bisa langsung menghapus akun Threads mereka. Pasalnya, ketika akun Threads dihapus, otomatis Instagram pemilik juga akan ikut lenyap. Hal ini tentu berbeda dengan Twitter yang hanya memerlukan alamat email atau nomor telepon untuk mengakses aplikasi mereka.

2. Cara Mengakses


Cara Mengakses
Unsplash/Sajad Nori

Cara mengakses Threads dan Twitter rupanya juga memiliki perbedaan. Karena terbilang baru, Threads ternyata belum bisa diakses melalui web desktop. Threads saat ini hanya tersedia untuk perangkat Android dan iOS sehingga pengguna hanya bisa mengaksesnya lewat smartphone atau tablet.

Sementara, Twitter diketahui bisa diakses lewat banyak cara. Selain bisa diakses di Android dan iOS, Twitter juga bisa dipakai melalui web browser sehingga pengguna dapat masuk ke platform lewat Mac atau PC. Tak cuman itu, Twitter diketahui juga bisa diakses lewat aplikasi pihak ketiga seperti TweetDeck, TweetCaster, Hootsuite, Owly dan masih banyak lagi.

3. Jumlah Karakter


Jumlah Karakter
Unsplash/EMRE YILMAZ

Threads dan Twitter sama-sama bisa dipakai penggunanya untuk menuliskan opini, status serta berbagai informasi terkini. Namun, ada perbedaan dalam hal jumlah karakter yang bisa dituliskan pengguna. Threads diketahui memungkinkan pengguna untuk menuliskan teks hingga 500 karakter.

Sedang, Twitter memberi batasan untuk pengguna tak berbayar sebanyak 280 karakter. Namun, khusus untuk pelanggan Twitter Blue yang berbayar, platform ini mengizinkan mereka untuk mengunggah sampai 25.000 karakter.

4. Aturan Centang Biru Di Threads dan Twitter


Aturan Centang Biru Di Threads dan Twitter
Unsplash/Bastian Riccardi

Twitter dan Instagram diketahui akan memberikan centang biru atau tanda verified pada akun-akun yang sudah terbukti kredibilitasnya. Centang biru biasanya disematkan pada akun-akun milik publik figur, tokoh berpengaruh atau perusahaan ternama. Nah, ada perbedaan dalam pemberian tanda centang biru di platform Threads an Twitter.

Akun Threads biasanya akan otomatis mengikuti Instagram pemilik. Jika Instagram pemilik sudah terverifikasi maka akun Threads mereka juga akan muncul centang biru. Berbeda dengan Twitter, pengguna harus lebih dulu menjadi pelanggan Blue untuk mendapatkan tanda centang biru atau mempertahankan kredibilitas akun mereka.

5. Topik Trending di Threads dan Twitter


Topik Trending di Threads dan Twitter
Unsplash/愚木混株 cdd20

Di Twitter, pengguna dapat dengan mudah melihat dan mengetahui topik yang sedang trending. Platform ini biasanya memperlihatkan topik-topik yang tengah ramai diperbincangkan di kolom 'Trends For You'. Lewat kolom tersebut, pengguna bisa melihat nama, topik dan masalah apa yang tengah viral.

Sedang, Threads diketahui tak memiliki fitur satu ini. Hal ini mungkin saja karena Threads masih tergolong baru dan belum bisa diakses melalui desktop. Alhasil, satu-satunya cara untuk mengetahui topik yang tengah viral dengan scrolling beranda Threads atau kembali ke akun Instagram.

6. Threads Diluncurkan Tanpa Iklan


Threads Diluncurkan Tanpa Iklan
Unsplash/Azamat E

Salah satu kenyamanan yang ditawarkan Threads adalah platform ini belum menawarkan iklan apapun. Sehingga, pengguna murni hanya akan melihat status-status orang yang mereka ikuti tanpa terganggu dengan kemunculan iklan. Menurut Bloomberg, hal ini dilakukan Meta untuk mengundang sebanyak mungkin orang agar tertarik dengan Threads.

Berbeda dengan Twitter, platform satu ini diketahui memiliki banyak iklan. Bahkan tak sedikit iklan yang bertebaran di Twitter membuat penggunanya kurang nyaman. Iklan di Twitter biasanya ditampilkan dengan icon 'Promoted', Promoted Ads, Follower Ads atau Trend Takeover.

7. Threads Tak Menawarkan Fitur DM


Threads Tak Menawarkan Fitur DM
Unsplash/Matt Ridley

Kekurangan Threads dari Twitter dan Instagram adalah karena aplikasi satu ini tak menawarkan fitur Direct Message atau DM. Alhasil, sesama pengguna Threads tak bisa berkirim pesan secara langsung dan pribadi.

Jika ingin berkirim pesan sesama pengguna Threads, maka pemilik harus kembali ke Instagram dan memakai fitur DM platform ini. Sementara, Twitter diketahui sejak dulu telah menawarkan kemudahan mengirim pesan langsung sesama pengguna.

Nah, setelah mengenali perbedaan Threads dengan Twittter, WowKeren akan merangkum cara mudah memakai aplikasi baru keluaran Meta ini. Memakai Threads umumnya hampir sama dengan aplikasi media sosial lainnya. Namun, beberapa orang mungkin masih awam dengan teknologi saat ini. Karena itu, informasi di bawah semoga dapat menjawab rasa kebingungan Anda dalam mengoperasikan Threads.

8. Download Aplikasi Threads Instagram dan Buat Akun


Download Aplikasi Threads Instagram dan Buat Akun
Unsplash/Hendrik Schuette

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendownload aplikasi Threads di ponsel atau tablet. Perlu diingat ya, bahwa Threads sementara ini hanya bisa diakses melalui Android dan iOS. Sehingga, calon pengguna bisa mencari aplikasi Threads melalui Play Store atau Apps Store.

Usai mengunduh aplikasi Threads, langkah pertama adalah membuat akun. Biasanya, calon pengguna akan diminta untuk menautkan akun Instagram mereka. Pengguna akan diberikan pilihan untuk 'Impor dari Intagram'. Jika belum memiliki akun Instagram, maka Anda bisa membuatnya terlebih dulu.

9. Lengkapi Informasi Akun


Lengkapi Informasi Akun
Unsplash/Julio Lopez

Usai berhasil masuk ke Threads lewat akun Instagram, langkah selanjutnya adalah melengkapi informasi akun. Isi lah informasi pribadi Anda sesuai dengan perintah yang diminta. Nama akun Threads biasanya akan disesuaikan dengan akun Instagram pemilik.

Anda juga bisa memunculkan informasi akun Threads Anda di bagian bio Instagram. Setelah itu, pengguna bisa mengatur status privasi akun Threads mereka. Sama seperti Twitter dan Instagram, pengguna diberi hak untuk membuka atau mengunci akun Threads mereka.

10. Ikuti Pengguna Lain


Ikuti Pengguna Lain
Unsplash/Mohamed Nohassi

Setelah selesai melengkapi data-data yang diminta, akun Threads Anda sudah siap dipakai. Agar beranda Threads Anda bervariasi, disarankan untuk mengikuti beberapa teman. Anda juga bisa mengikuti sederet publik figur atau influencer yang juga memiliki akun Threads.

Nantinya, Anda bisa berbalas komentar atau menyukai Threads orang lain. Namun, pastikan akun-akun Threads yang diikuti aman ya. Anda juga bisa mencari nama-nama akun Threads dari bio Instagram yang bersangkutan.

11. Klik Ikon Plus (+) Jika Ingin Membuat Threads Baru


Klik Ikon Plus (+) Jika Ingin Membuat Threads Baru
Unsplash/Dave Adamson

Bagian inti dari Threads adalah menuliskan opini, pendapat atau informasi secara real time. Jika Anda ingin menuliskan sesuatu maka tekan ikon bertanda (+) di platform tersebut. Usai menekannya, platform ini otomatis akan memberikan wadah untuk Anda bisa menuliskan Threads baru.

Di situ, pengguna bisa menuliskan kalimat, mengunggah gambar atau video dan berbagi konten menarik lainnya. Namun, perlu diingat ya jika Threads hanya mengizinkan penggunanya menuliskan maksimal 500 karakter.

12. Pelajari Fitur Interaksi Lainnya


Pelajari Fitur Interaksi Lainnya
Unsplash/Prateek Katyal

Setelah memahami cara membuat Threads baru, pengguna juga disarankan untuk mempelajari beberapa fitur lain yang ada di Threads. Cari tahu dengan seksama agar Anda semakin mahir bermain Threads. Pasalnya, banyak fitur interaktif yang ditawarkan Threads untuk penggunanya.

Salah satu fitur interaksi yang ditawarkan adalah dapat membagikan konten orang lain ke Threads mereka sendiri. Hal itu nyaris mirip dengan cara kerja retweet pada Twitter. Selain itu, Threads juga bisa dibagikan ulang oleh penggunanya lewat akun Instagram utama pemilik.

Nah, itu dia informasi seputar Threads Instagram yang bisa dibagikan WowKeren kepada sobat semua. Semoga artikel di atas menjawab rasa penasaran Anda akan aplikasi baru tersebut. Anda juga bisa menyebarkan artikel bermanfaat ini kepada teman atau keluarga. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait