Selain Sushi, Ini 10 Makanan Khas Jepang yang Paling Populer di Indonesia
Kuliner

Apa kalian sudah pernah mencoba 10 makanan khas Jepang ini?

WowKeren - Kalian pasti tau sushi, kan? Makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk yang berupa makanan laut, daging, sayuran mentas maupun dimasak. Nasi pada sushi memiliki rasa asam yang lembut karena dibumbui dengan campuran cuka beras, garam dan gula.

Sushi dapat dikatakan sebagai makanan Jepang yang paling terkenal di Indonesia. Tak sulit untuk menemukan restoran yang menjual sushi saat ini. Variannya pun dibuat beragam dan menyesuaikan dengan lidah masyarakat Tanah Air. Namun, masih banyak kok sushi yang tidak melupakan rasa aslinya.


Selain sushi, makanan Jepang lain juga cukup populer di Indonesia. Sebut saja udon, yakiniku, teriyaki dan masih banyak lagi. Biasanya makanan tersebut dijual di restoran yang menyajika menu Jepang.

Semakin terkenalnya kuliner Jepang, semakin mewabah pula restoran khas Negeri Matahari Terbit tersebut. Misalnya saja, pada food court suatu pusat perbelanjaan, kalian dap[at melihat deretan restoran Jepang yang menjual berbagai makanan.

Lalu apa saja sih makanan Jepang yang terkenal di Indonesia? Yuk simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Ramen, Hidangan Mie Asal Jepang


Ramen, Hidangan Mie Asal Jepang

Ramen merupakan mie asal Jepang yang sangat terkenal di Indonesia. Ciri khas ramen adalah bentuk mie yang tipis dan berwarna kuning. Mungkin mie satu ini mirip sama mie instan yang ada di Indonesia, namuan tentu saja ada perbedaannya, yakni diameter yang lebih kecil.

Mie tipis tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu. Kuah yang pertama adalah shoyu yang berwarna kecokelatan dan transparan. Selain itu ada miso, kuahnya lebih kental dan berwarna kuning kecokelatan. Hal tersebut berasal dari campuran pasta miso dan kaldu ayam atau babi. Kemudian ada tonkotsu, kari dan shio. Kalian bisa memilihnya sesuai selera.

Nah, setelah diberi kuah, ramen biasanya dihidangkan dengan berbagai topping. Mulai dari berbagai jenis sayuran, daging, telur rebu, daun bawang, nori dan lainnya. Jadi, jenis ramen apa saja yang sudah pernah kalian coba?

2. Udon, Mie Jepang yang Banyak Dijual di Indonesia


Udon, Mie Jepang yang Banyak Dijual di Indonesia

Selain ramen, Jepang juga memiliki jenis mie lain yakni udon. Hidangan ini terbuat dari tepung terigu dan memiliki diameter yang cukup besar dan tekstur yang kenyal. Panjang udon jauh lebih pendek dari ramen. Biasanya, udon berbentuk bulat, namun ada pula yang membentuknya lebih pipih.

Soal rasa, udon dan ramen enggak jauh berbeda. Hal yang membedakan keduanya hanya masalah bentuk. Udon memiliki berbagai macam jenis berdasarkan cara memasak dan bahan isian dalamnya. Di Jepang, udon dibuat dengan menggunakan bahan penyedap yang disebut mirin. Bahan tersebut terbuat dari alkohol atau minyak babi. Tapi, di Indonesia sudah disesuaikan agar jadi makanan halal.

3. Shabu-Shabu dengan Cara Makan yang Unik


Shabu-Shabu dengan Cara Makan yang Unik

Makanan selanjutnya yang terkenal di Indonesia adalah shabu-shabu. Makanan ini berupa irisan daging sapu yang sangat tipis. Daging tersebut tidak direbus lama sebelum dimasak, melainkan hanya dicelupkan kemudian dilambaikan di dalam air panas. Setelah matang, daging siap disantap bersama saus khas yang mengandung wijen yang disebut gomadare.

Selain itu, air panas untuk memasak daging tipis shabu-shabu biasanya juga diisi dengan sayuran, tahu dan bahan makanan lainnya. Air panas tersebut juga tidak diberi bumbu apapun, jadi benar-benar hanya air biasa yang tawar. Rasa khas shabu-shabu berasal dari saus wijen yang tadi telah disebutkan.

4. Sukiyaki, Kembaran Tapi Beda dengan Shabu-Shabu


Sukiyaki, Kembaran Tapi Beda dengan Shabu-Shabu

Bagi kalian yang belum familiar mungkin merasa shabu-shabu dan sukiyaki sama saja. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Sukiyaki juga merupakan irisan daging tipis yang direbus bersama sayuran, seperti sawi putih, jamur shitake, daun bawang, bawang bombai, mie soun dan masih banyak lagi.

Nah, dari cara memasaknnya sudah berbeda, kan? Kuah sukiyaki juga tidak tawar seperti shabu-shabu. Sukiyaki memiliki kuah yang terbuat dari bumbu kecap asin dan gula pasir. Ada juga yang ditambahkan sahi dan mirin. Nah, kuah tersebut yang membuat hidangan ini semakin nikmat.

5. Yakiniku, Barbeque Ala Jepang


Yakiniku, Barbeque Ala Jepang

Yakiniku merupakan teknik memasak dengan cara membakar bahan masakan seperti barbeque. "Yaki" berarti dibakar sementara "niku" artinya daging. Jadi, hidangan ini berarti daging yang sudah direndam dalam sauh yakiniku lalu dibakar di atas bara api. Sementara ada beberapa yang melakukan sebaliknya, jadi daging dibakar terlebih dahulu lalu dicelupkan ke dalam saus sebelum di makan.

Saus yakiniku sendiri memiliki beberapa varian. Pada umumnya, saus tersebut dibuat dari shoyu atau kecap asin, mirin, gula, bawang putih, minyak wijen dan biji wijen yang sudah disangrai. Beberapa versi juga menggunakan sake dan perasan jeruk atau cuka beras. Satu lagi, sayuran sebagai pendamping makan daging juga bisanya dicelupkan ke dalam saus yakiniku dan dibakar bersama, lho.

6. Teriyaki yang Sering Jadi Varian Makanan


Teriyaki yang Sering Jadi Varian Makanan

Mirip dengan yakiniku, teriyaki merupakan cara masak makanan Jepang dengan dipanaskan atau dipanggang. Bahakn makanan sebelumnya dilapisi saus teriyaki. Pengolesan saus ini dilakukan beberapa kali sehingga membuat tampilan makanan mengkilap.

Efek mengkilap tersebut berasal dari saus yang terbuat dari shoyu, mirin dan gula. Beberapa juga ada yang menambahkan sake. Namun, di Indonesia diganti dengan madu. Perpaduan rasa tersebut menjadi manis dan asin yang sangat nikmat. Rasa saus teriyaki lebih dominan ke manis, apalagi setelah dimasak, gula akan terkaramelisasi sehingga lebih kuat.

7. Jajanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia, Takoyaki


Jajanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia, Takoyaki

Takoyaki merupakan jajanan khas Jepang yang berbentuk bulat-bulat kecil serupa bola pingpong. Takoyaki terbuat dari adonan tepung terigu dengan isian potongan gurita. Jajanan ini terkenal banget di Indonesia. Jika kalian berkunjung ke pasar malam atau food festival, antrian gerai takoyaki pasti panjang banget.

Kini, takoyaki bisa dijumpai dengan berbagai varian. Mulai dari sosis, keju, ayam, cumi dan lainnya. Kalian bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing. Takoyaki umumnya diberi saus khas yang menggugah selera, tak lupa taburan kezuribushi (ikan cakalang asap yang super tipis).

8. Cheesecake Jepang yang Hits Banget


Cheesecake Jepang yang Hits Banget

Pernah tahu kue berbentuk bulat yang super lembut, kan? Nah, makanan tersebut adalah cheesecake ala Jepang yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Pertama kali salah satu gerai cheesecake Jepang membuka cabang di Indonesia, masyarakat Tanah Air langsung berbondong-bondong penasaran ingin mencoba kue tersebut.

Cheececake Jepang ini umumnya berbentuk bulat, namun ada pula yang persegi panjang. Keju dari jajanan satu ini sangat terasa sehingga bagi pecinta kuliner enggak bakal rugi membeli cheesecake. Teksturnya yang lembut juga membuat banyak orang jatuh cinta, kue ini akan lumer saat dimasukkan ke dalam mulut. Biasanya pada bagian atas akan diberi logo dari tokonya.

9. Hokkaido Cheese Toast dengan Keju Lumer yang Nikmat


Hokkaido Cheese Toast dengan Keju Lumer yang Nikmat

Roti panggang mungkin sudah biasa, lalu bagaimana degan roti yang memiliki isian keju lumer? Hokkaido cheese toast hadir menarik pecinta kuliner di Indonesia. Sesuai namanya, kuliner satu ini merupakan roti panggang yang di dalamnya terdapat keju. Uniknya, keju tersebut akan lumer dan memanjang ketika potongan roti ditarik.

Keju tersebut bukan keju biasa, melainkan dibuat dengan resep spesial berupa susu Jepang yang dicampur dengan keju mozzarella sehingga menghasilkan tekstur kenyal. Rasa dari Hokkaido cheese toast ini enggak begitu asin. Kalian akan merasakan rasa manis karena sentuhan butter, susu dan madu. Wah, bikin ngiler, ya.

10. Mochi, Jajanan Khas Jepang yang Kenyal


Mochi, Jajanan Khas Jepang yang Kenyal

Kalian pasti sudah tidak asing dengan yang namanya mochi. Makanan ini berbentuk bulat kecil dan bertekstur kenyal. Mochi memiliki rasa manis, belum lagi ditambah isian yang disesuaiakan dengan selera. Bahan pembuatannya sendiri adalah beras ketan yang ditumbuk lalu dibentuk bulat.

Perlu kalian ketahui bahwa mochi kerap memakan korban jiwa, lho. Bagaimana bisa? karena teksturnya yang kenyal, mochi perlu dikunyak perlahan dan cukup lama. Sayangnya, bagi lansia 65 tahun ke atas, mengunyah tentu hal yang tidak mudah. kue mochi yang ditelah begitu saya atau tidak lama dikunyah dapat menyangkut di kerongkongan dan menyebabkan gagal bernapas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel