Glenn Fredly Tak Setuju RUU Permusikan, Tapi Ingin Ganti Ini
Instagram
Selebriti

Melalui postingan Instagram, Glenn Fredly berharap ada yang bisa memperbaiki tata kelola musik Indonesia.

WowKeren - Ditengah perseteruan antara Jerinx Superman Is Dead dengan Ashanty dan Anang Hermansyah, RUU Permusikan menjadi sebuah sorotan tersendiri di kalangan masyarakat. RUU Permusikan yang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2019 DPR RI juga diributkan banyak orang, termasuk para musisi Indonesia. Salah satu musisi Indonesia yang ikut menyorot RUU itu adalah Glenn Fredly.

Sabtu, 2 Februari, Glenn Fredly mengungkapkan pendapatnya soal RUU Permusikan tersebut di akun Instagram pribadi. Ada dua postingan yang dituliskan oleh Glenn.


"Ada musisi yang berjuang membela masalah HAM, Sosial, Lingkungan hidup dan itu adalah sikap yang harus dihargai, namun ada juga musisi yang membela untuk memperbaiki rumah musiknya yang terbengkalai, maka hargailah juga," tulis Glenn. "Karena musik adalah untuk membela kebaikan dan itu adalah kebanggaan utama menjadi seorang musisi," lanjut Glenn. "Saya bangga jadi musisi, jangan mau dipecah belah."

View this post on Instagram

Bila mau dibilang sebagai sebuah industri musik di tanah air ini yang sudah berjalan lebih dari 50 tahun yang terlewatkan adalah Pengelolaan dan perlindungan terhadap ekosistemnya, bila bicara perangkat UU yang sudah ada dan memayungi musik antara lain adalah UU no.28/2014 tentang HAK Cipta ( UU ini pun bukan hanya untuk musik saja tapi ada lintas seni lain ) UU no.5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan ( Ini menurut saya produk UU yang keren, dari penjelasan, pengelolaan sampai pemanfaatan, pendataan semua jelas ) Yang paling terakhir di 2018 adalah UU tentang Serah Simpan karya cetak & karya rekam.. Karena RUU Permusikan ini adalah usulan dari DPR maka inisiatif ini perlu dikawal dan dikaji lebih mendalam supaya keberadaannya bila nantinya ingin jadi Produk UU tidak tumpang tindih dengan keberadaan UU yang sudah saya sampaikan di atas. Makanya @kamimusik_id sebagai non profit organization beserta @koalisiseni mengawal sejak ada insiatif RUU Permusikan ini. Yang kami usulkan adalah fokus terhadap tata kelola industri musiknya bukan pada hal-hal diluar itu ( misal kebebasan berekspresi ).. Contoh masalah tata kelola, ada seorang lulusan pendidikan musik ( Univ,Institut,SMK dll ) ,pertanyaan berikutnya lulusan ini kemudian akan kemana dalam ekosistem musiknya? Apakah ada guidence untuk masuk dalam industri musik kita? Gue bisa jawab tidak, kalopun ada semua cari jalan sendiri-sendiri. Kemudian sumbangan musik ke Pedapatan Domestik Bruto negara kita menurut data dari BEKRAF, kontribusi musik masih dibawah 1% artinya kecil sekali, contoh pendapatan dari aktifitas musik Bli @jrxsid digabung Glenn Fredly dan teman-teman musisi yang lainnya dimata negara kecil kontribusinya dan akhirnya belum jadi skala prioritas akibat tata kelola industri musik yang tidak jelas.Lebih lanjut bagaimana nasib crew, enginer, pengajar dll dalam posisi tata kelola ini ? Di KTP saja profesi kita pilihannya hanya Seniman ( saya pengennya jelas musisi ), Artinya musik sesebagai sebuah profesi ini masih abu-abu.Maka bila ingin jadi RUU baiknya fokus pada Tatakelola industri musik.Industri ini ada karena #berangkatdarisebuahlagu , itu sebabnya tatakelola industri musik harus dibenahi.

A post shared by Glenn Fredly (@glennfredly309) on

Postingan Glenn itu pun langsung menuai beragam respon dari para netter. Tidak sedikit netter yang mendukung Glenn untuk menyuarakan pendapatnya mengenai RUU Permusikan ini. Namun ada juga yang kontra dengan pendapat Glenn.

"maju terus kaka gleen.. ( jadi ingat waktu kaks nangis di hutan manusela )," komentar giovanirain***. "Kl yg ono cm bisa nyinyir kaya emak emak. Dan kata katanya semacam preman kasar kasar banget.. Jd bukan mengkritik, tp merendahkan personal playing victim," komentar strawbell***. "Membela dengan cara santun harusnya, karna Indonesia adalah negara yg terkenal dengan kesantunannya, jangan ego dan emosimu mengalahkan niat baikmu," komentar maski***.

You can share this post!

Related Posts