Fadli Zon Mau Panggil Jokowi 'Cak Jancuk', TKN: Enggak Usah Ikut-Ikutanlah
Nasional

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Eva Kusuma Sundari mengatakan gelar tersebut bisa menjadi ujaran kebencian jika yang menyebutkan adalah Fadli Zon.

WowKeren - Fadli Zon mengaku belum percaya bahwa Presiden Joko Widodo mendapat gelar "Cak Jancuk". Wakil Ketua Umum Gerindra bertanya apakah Jokowi bisa dipanggil dengan gelar tersebut.

"Saya tuh antara percaya dan tidak percaya, apa betul ada gelar itu," ujar Fadli Zon di Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (4/2) ini. "Kalau boleh gelar itu diterima, bolehkah kita sekarang memanggilnya 'Cak Jancuk'?"

Menurut Fadli Zon, panggilan tersebut bisa mengarah pada hate speech. "Jangan sampai nanti kalau gelar itu diterima terus kita memanggil kepada yang bersangkutan 'Cak Jancuk' nanti hate speech (ujaran kebencian). Kalau boleh, dari sekarang kita memanggil dengan sebutan 'Cak Jancuk' gitu," lanjutnya.

Pertanyaan Fadli Zon ditanggapi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Eva Kusuma Sundari. Menurutnya, gelar tersebut bisa menjadi ujaran kebencian jika yang menyebutkan adalah Fadli Zon.

"Itu bisa diubah jadi kebencian kalau yang menyebutkannya Fadli Zon," ucap Eva, Senin (4/2). "Dia sendiri akan dipersoalkan. Dia sayang nggak sama Pak Jokowi?"


Eva mengatakan bahwa gelar "Cuk Jancuk" dari para relawan memiliki makna panggilan sayang. "Jancuk" dalam gelar tersebut juga memiliki makna lain, yakni jantan, cakap dan ulet.

"Tone-nya itu rasa sayang, dan 'jancuk' itu bukan makian," katanya. "Tapi kan kependekan dari jantan, cakap, ulet itu. Nadanya sayang."

"Kalau Fadli punya kapasitas menyayangi Jokowi dan menerima singkatan yang Surabaya itu, ya nggak apa," lanjutnya. "Tapi kalau untuk mengejek, kemudian tidak disertai dengan konsistensi dia selama ini, ya artinya dia sedang memanipulasi 'jancuk' untuk kepentingan yang lain."

Eva meminta Fadli tidak perlu memanggil Jokowi dengan gelar tersebut. Pasalnya, dalam puisi yang diciptakan Fadli, ia pernah merendahkan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Jadi nggak usah ikut-ikutanlah, Fadli Zon. Kami sudah tahu dia nyebut Pak Jokowi pakai puisi saja dengan merendahkan," katanya. "Aku menyangsikan Pak Fadli menyebut 'jancuk' seperti kami tulus menyebut 'jancuk'."

Sebelumnya, Joko Widodo alias Jokowi menghadiri kampanye deklarasi dukungan terhadap dirinya yang dilakukan oleh Forum Alumni Jawa Timur di Surabaya pada Sabtu (2/2). Dalam acara tersebut , Jokowi sempat diteriaki "jancuk" oleh para pendukungnya. Pembawa acara, Djadi Galajapo, bahkan menyematkan gelar "Cak Jancuk" untuk Jokowi.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru