Prabowo Ditantang Jokowi Lapor KPK Soal Anggaran Negara Bocor Rp 500 Triliun
Nasional

Jokowi menganggap bahwa jumlah itu sangat besar sehingga mempersilahkan Prabowo untuk lapor ke KPK namun harus disertai dengan bukti dan fakta.

WowKeren - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memperkirakan bahwa anggaran negara mengalami kebocoran sebesar Rp 500 triliun. Kebocoran tersebut disebabkan karena adanya penggembungan dana.

Terkait hal ini, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo angkat bicara. Ia menantang Prabowo untuk melaporkan kebocoran tersebut pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebab menurut Jokowi, Rp 500 triliun bukan jumlah yang sedikit. Namun, Jokowi mengingatkan bahwa dalam pelaporannya Prabowo juga harus menyertakan bukti dan fakta.

"Duitnya gede banget Rp 500 triliun," kata Jokowi usai menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2019, di JI-EXPO, Kemayoran, Jakarta, Kamis (7/2). "Laporin ke KPK dengan bawa bukti-bukti dan bawa fakta-fakta. Jangan asal."

Karena jumlah tersebut boleh dibilang sangat besar, Jokowi menyarankan agar Prabowo segera melaporkanya ke KPK. "Kalau memang bocor sampai 25 persen laporin aja ke KPK. Duit gede banget itu," imbuh Jokowi.

Jokowi kemudian menyinggung kembali soal pernyataan Prabowo yang sebelumnya juga pernah mengatakan bahwa anggaran negara bocor sekitar Rp 7.200 triliun. Hal itu diungkapkan Prabowo pada 2014 silam.


"Dulu 2014 coba diingat-ingat, 2014 katanya bocor Rp 7.200 triliun," lanjut Jokowi. "Sekarang itu bocornya kalau 25% itu berarti Rp 500 triliun. Duitnya gede banget Rp 500 triliun."

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku tidak tahu-menahu soal kebocoran tersebut. Jika memang benar demikian, Darmin menilai bahwa kebocoran tersebut sangatlah besar.

Itu artinya negara merugi sekitar 22-25 persen setiap tahunnya. Meski demikian, Darmin tidak ingin memberikan tanggapan apapun.

"Saya tidak tahu, itu perkiraan (dia) kali," ucap Darmin di kantornya, Rabu (6/2). "Tapi ya sudahlah, komentar politisi saya tidak bisa (tanggapi)."

Sebelumnya, Prabowo menyinggung soal bocornya anggaran negara ini dalam pidatonya saat menghadiri HUT ke-20 Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di Hall Sport Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dalam pidatonya itu, Prabowo menyebut ada Rp 500 triliun dana pemerintah hilang dari total Rp 2.000 triliun yang ada.

"Dari Rp2.000 triliun (anggaran pemerintah), hampir Rp 500 triliun yang bocor," kata Prabowo di Jakarta Utara pada Rabu (6/2). "Uang ini hilang."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru