Salmafina Blak-Blakan Beber Alasan Lepas Hijab Butuh Bimbingan, Sunan Kalijaga Beri Pembelaan
Instagram/salmafinasunan
Selebriti

Salmafina Sunan sempat mempertanyakan alasan awal mula dirinya mengenakan hijab karena banyak masalah yang dihadapinya.

WowKeren - Keputusan Salmafina Khairunnisa melepas hijab menuai kontroversi. Meski sudah minta maaf karena tidak bisa mempertahankan hijabnya, Salma masih saja dicibir netizen.

Belum lama ini, Salma kembali menuliskan cerita tentang keputusan melepas hijabnya tersebut dalam Instagram Story. Mantan istri dari Taqy Malik ini juga menjelaskan alasan yang mendasarinya mengambil keputusan tersebut.

Salma menceritakan beberapa masalah yang dihadapinya. Ia mengatakan perlu bimbingan hingga akhirnya minta petunjuk pada Allah. Lantas ia pun mulai mengenakan hijab. Namun lama-kelamaan Salma merasa tidak nyaman karena identitasnya dinilai berdasarkan agama dan hijab yang dikenakannya.

"Beberapa waktu lalu, kamu mungkin memerhatikan bahwa aku mengambil keputusan untuk melepas hijabku. Ya, benar aku memang melepas hijab. Biarpun menimbulkan pro dan kontra, aku sudah memikirkan baik-baik keputusan itu," tulis Salma dalam bahasa Inggris. "Aku mulai mengenakan hijab beberapa tahun yang lalu. Aku adalah anak muda yang tersesat, hidup dalam kekacauan. Ada beberapa masalah yang membuatku merasa ketakutan. Aku butuh bimbingan dan dinasihati untuk minta petunjuk dari Allah. Aku mulai mempelajari Islam dan menemukan jalan keluar dan ketenangan dan karenanya aku menjadi saleh. Banyak orang yang mulai memberiku dukungan karena aku membuat keputusan yang tepat. Tanpa sadar, identitasku dinilai dari agama dan hijabku."

Salma juga menceritakan sejak perceraiannya memang banyak orang yang mencibir. Kala itu, ia mengatakan masih berpegang teguh pada kepercayaan dan hijab yang dikenakan. Banyaknya cibiran serta orang yang meremehkan, membuatnya kembali mempertanyakan tentang alasan utama yang mendasarinya mengenakan hijab.

"Kemudian, tentu saja ada sisi baik dan jeleknya, setelah pengalaman pernikahan yang buruk, aku menerima banyak sekali cibiran. Orang menghina, tidak sopan, bahkan meremehkanku. Seperti deja vu karena aku pernah mengalami hal itu sebelumnya. Tetapi aku berpegang teguh pada kepercayaanku. Namun aku masih menerima banyak kebencian, dan itu sama sekali tidak berhenti," lanjut Salma. "Lantas aku mulai mempertanyakan kepercayaanku, tujuan berhijab dan lingkungan di sekitarku. Karena identitasku tentu saja berasal dari mereka, ketika terlalu rumit, aku menghindar. Lantas kebencian padaku malah bertambah buruk. Seperti sebelumnya, aku memerlukan bimbingan lalu aku belajar lebih banyak. Aku mulai bertanya, 'Mengapa awal mulanya aku mengenakan hijab?'"

Instagram Story Salmafina Sunan

Instagram Story


Kendati demikian, Salma mengaku belum menemukan petunjuk maupun bimbingan yang dicarinya. Ia pun menegaskan tidak mendasari hubungannya dengan Sang Pencipta hanya berdasarkan hijab. Hingga akhirnya Salma memutuskan melepas hijabnya. Meski begitu, ia tidak membenci hijab. Ia malah mendoakan wanita di luar sana tidak perlu merasakan kegoncangan iman seperti yang dirasakannya.

"Sejujurnya aku belum menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut dan aku percaya ada jawaban yang tegas daripada perkataan di Al-Quran. Aku juga tidak mau mendasari hubunganku dengan Allah karena aku mengenakan hijab atau tidak. Itulah alasanku melepas hijab," sambung Salma. "Dan aku sama sekali tidak merasa Muslimku berkurang dibandingkan dengan yang mengenakan hijab. Aku percaya Tuhan mencintaiku apa adanya. Ini bukan berarti aku anti-hijab. Aku mendukung semua wanita yang mengenakan hijab. Aku berharap mereka yang terbaik, sehingga tidak perlu merasakan apa yang aku rasakan."

Sementara itu, ayah Salma, Sunan Kalijaga memberi pembelaan pada putrinya. Dalam sebuah video yang dibagikan oleh salah satu akun gosip, Sunan Kalijaga menyarankan netizen untuk berhenti nyinyir soal Salma.

"Udah, gak perlu ngurusin hijab anak gua, elo sendiri aja pada berkerudung mulutnya pada nyinyir kayak begitu," kata Sunan Kalijaga dalam video tersebut. "Udah urus urusan diri sendiri masing-masing aja deh, kayak udah bener aja lu!"

Sunan Kalijaga Salmafina

Instagram

Tak hanya itu, Sunan Kalijaga juga menegaskan Salma berhijab sebelum mengenal mantan suaminya. "Gue cuma kasih tahu, bagi yang belum tahu, anak gue itu berhijab sebelum kenal sama si Sinchan (Taqy Malik), jadi berhijab bukan demi nikah sama si Sinchan, udah jelas ya, anak saya berhijab sebelum kenal sama si Sinchan. Oke jelas ya?" lanjutnya.

Di video selanjutnya, Salma terlihat serius berlatih menembak. Ia terdengar diarahkan oleh sang ayah.

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait