Munajat 212 Dituding Jadi Ajang Kampanye Terbuka Paslon 02, TKN Tanyakan Izin ke Anies Baswedan
Twitter/aniesbaswedan
Nasional

TKN Jokowi mempertanyakan izin yang diberikan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta terhadap acara Munajat 212 di Monas.

WowKeren - Acara Munajat 212 yang berlangsung pada Kamis (21/2) menimbulkan sejumlah kontroversi. Dalam acara tersebut, sempat terjadi kericuhan yang diduga akibat adanya copet. Namun, seorang wartawan justru mengaku dicekik dan dianiaya saat tengah mencoba merekam kericuhan.

Akibat sejumlah kontroversi tersebut, Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin (TKN) mempertanyakan izin acara yang diberikan Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta. Perwakilan TKN mengaku akan melakukan penyelidikan lantaran acara tersebut dinilai sudah berubah menjadi ajang kampanye terbuka pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.


"Kami lagi mengkaji proses pemberian izin yang diberikan Gubernur Anies Baswedan terhadap acara tersebut," terang Direktur Hukum dan Advokasi TKN, Ade Irfan Pulungan, di Jakarta pada Jumat (22/2). TKN memberikan klaim akan mengusut mengenai dugaan kampanye terbuka ini.

Ade menyayangkan acara Munajat 212 yang semula disebut sebagai acara keagamaan lantas seolah berubah menjadi ajang kampanye terbuka. "Kalau memang izinnya itu terhadap masalah acara keagamaan seharusnya ada pantauan secara resmi dari pihak gubernur. Karena kita ketahui bersama hari ini belum diperbolehkan untuk melakukan kampanye terbuka," sambung Ade.

Tak hanya menanyakan perihal izin terhadap Anies, tim TKN juga akan mengumpulkan bukti untuk nantinya dilaporkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). "Kami lagi mengimpun data-data secara detil agar kami bisa melaporkan ini kepada pihak Bawaslu," pungkas Ade.

Diketahui, acara tersebut sejatinya diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai acara doa bersama. Sejumlah ormas turut hadir dalam acara tersebut. Pentolan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab juga turut memberikan ceramah soal penegakan hukum suka-suka di Indonesia.

Di sisi lain, sebuah video aksi baca puisi yang dilakukan Neno Warisman di acara Munajat 212 tersebut juga menjadi viral. Neno menjadi bahasan panas usai membacakan puisi yang membahas mengenai kemenangan seorang pemimpin. Kendati tak menyebutkan nama Prabowo atau nama pemimpin dengan gamblang, puisi Neno tersebut cukup membuat geger netizen.

You can share this post!

Related Posts
Loading...