Catur Brata Penyepian
SerbaSerbi

Nah, meski Bali akan sepi bahkan tidak ada kegiatan apapun saat Nyepi, kalian masih dapat menyaksikan berbagai upacara keagamaan hingga tradisi unik, lho.

WowKeren - Sesuai namanya, Nyepi berarti tidak melakukan apa-apa dengan tujuan merenungkan dan menenangkan diri di tahun baru. Saat Nyepi, terdapat beberapa aturan yang wajib dilakukan. Pertama amati karya, semua orang termasuk para wisatawan tidak boleh melakukan aktivitas apapun di luar rumah termasuk bekerja.

Keduan, amati geni, seluruh umat hindu tidak boleh menyalakan apa atau lampu. Sebenarnya, api yang dimaksudkan mengarah pada api dalam diri yang berarti kemarahan, iri hati dan pikiran tidak baik. Sebagai simbol, umat Hindu melaksanakannya dengan cara tidak menyalakan itu. Nah, lampu jalan di beberapa titik di Bali saat Nyepi juga akan dipadamkan, lho.

Ketiga, amati lelungan, seluruh masyarakat Hindu tidak boleh melakukan perjalanan. Hal tersebut lantaran dengan tidak bepergian, alam akan tenang tidak ada gangguan hidup manusia yang sehari-hari mengotori bumi. Hal ini sebagai permohonan maaf terhadap bumi karena selama hidup manusia tidak dapat hidup jika tak merusak alam.

Keempat, amati lelanguan, umat Hindu tidak boleh bersenang-senang saat Nyepi. Saat Nyepi, masyarakat haru mengorbankan kesenangannya untuk memusatkan pikiran terhadap da Sanghyang widhi. Penyepian ini mulai dilakukan pada saat matahari fajar menyingsing sampai fajar menyingsing kembali keesokan harinya.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait