Siasati Anjloknya Harga Sawit, Jokowi Ajak Petani Beralih Tanam Durian
Twitter/KSPgoid
Nasional

Jokowi menilai bahwa durian bisa menjadi komoditi yang cukup menjanjikan seperti kelapa sawit.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyarankan para petani agar memanfaatkan lahan mereka untuk menanam tanaman lain yang lebih menguntungkan selain sawit. Hal tersebut disampaikan olehnya saat menggelar dialog dengan sejumlah pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Istana Negara.

Saran tersebut diberikan Jokowi untuk menjawab keluhan salah satu pengurus HKTI dari Kalimantan Selatan yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan pinjaman bank untuk menanam kelapa sawit.


"Apakah enggak ada komoditas lain yang masih memiliki pasar yang lebih baik?" tanya Jokowi di Istana Negara, Selasa (19/3). "Sawit, maaf ya, sudah gede banget kita ini."

Jokowi mengatakan bahwa durian bisa menjadi salah satu komoditi yang tak kalah menguntungkan dibanding sawit. Selain itu, saat ini harga sawit sedang mengalami penurunan sehingga hal inilah yang menjadi pertimbangan pihak bank untuk memberikan pinjaman. "Kalau sawit saya sarankan masuk ke hilirisasi," imbuh Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa pasar sawit di Indonesia memiliki sejumlah permasalahan. Salah satunya penolakan dari negara-negara Uni-Eropa. Oleh sebab itu, akan jauh lebih baik jika para petani mengalihkan fungsi lahan mereka untuk ditanami durian.

Jokowi menilai bahwa durian adalah salah satu buah yang cukup digemari di dunia. Ia kemudian memberikan contoh Tiongkok yang belum bisa menutup kebutuhan konsumsi durian mereka hingga harus mengimpornya dari Malaysia. Di lain sisi, Malaysia sendiri juga tidak mampu memberikan pasokan durian yang memadai untuk Tiongkok.

"Bisa ke durian," jelas Jokowi. "Tiongkok minta Malaysia saja kurang-kurang. Durian kita ini ada semua."

Menurut Jokowi, Indonesia memiliki potensi yang tinggi untuk memaksimalkan produksi durian. Di negara ini ada berbagai macam jenis durian yang bisa memenuhi kebutuhan. Oleh sebab itu, akan sangat baik jika durian-durian tersebut bisa dikelola dengan tepat.

"Durian bagus kita (Indonesia). Durian kuning ada, hitam ada, merah ada. Kita ada semua ini," terang Jokowi. "Durian kok ya macam-macam. Kita ini punya macam-macam, tapi tidak terkelola dalam sebuah manajemen yang bagus."

You can share this post!

Related Posts
Loading...