Dampak Petisi LGBT, Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' Dilarang Tayang di 3 Kota
Film

Petisi menolak penayangan film 'Kucumbu Tubuh Indahku' karena mengangkat tema LGBT melalui website change.org telah ditandatangani lebih dari sembilan ribu pengguna.

WowKeren - Film "Kucumbu Tubuh Indahku" menuai kontroversi sejak penayangannya di bioskop-bioskop Tanah Air pada 18 April lalu. Berawal dari petisi yang hingga saat ini telah ditanda tangani lebih dari 9 ribu orang, "Kucumbu Tubuh Indahku" kini juga dilarang tayang di beberapa kota di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Depok menerbitkan surat keberatan mengenai penayangan film "Kucumbu Tubuh Indahku" kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dengan ditandatangai langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Kepala Dinas Komunikasi Kota Depok Sidik Mulyono menilai film tersebut memiliki konten negatif dan dikhawatirkan dapat mempengaruhi generasi muda.

"Karena itu film tersebut bertentangan dengan nilai-nilai agama," tegas Idris dilansir Kompas. Pendapat yang sama dikemukakan oleh Muda Mahendrawan selaku Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat yang juga telah mengedarkan surat edaran untuk melarang penayangan "Kucumbu Tubuh Indahku" di bioskop Transmart Kubu Raya.


"Surat ini saya buat spontanitas. Karena tadi pagi menonton trailer-nya. Jadi saya langsung perintahkan staf untuk membuat surat keberatan," ujar Muda pada Jumat (26/4). "Selain karena bertentangan dengan nilai-nilai agama, juga dikhawatirkan masyarakat akan menganggap sebagi hal yang biasa dan dapat diterima."

Di hari yang sama, Wali Kota Pontianak Kalimantan Barat Edi Rusdi Kamtono juga mengeluarkan surat edaran senada. Surat tersebut ditujukan kepada Manajemen Ahmad Yani Mega Mall Pontianak, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalbar, dan Gubernur Kalbar.

"Pemerintah Kota Pontianak merasa keberatan dengan rencana pemutaran film 'Kucumbu Tubuh Indahku'," tulis Edi dalam surat edaran yang tersebar di grup WhatsApp. "Juga melindungi dari hal-hal yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat."

Sementara itu, "Kucumbu Tubuh Indahku" masih tayang di beberapa bioskop di Tanah Air. Hingga saat ini, penonton "Kucumbu Tubuh Indahku" telah mencapai angka 11 ribu orang berdasarkan data dari website filmindonesia.or.id.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel