Presiden AS Donald Trump Ucapkan Selamat ke Jokowi, Sebut Indonesia Contoh Negara Demokrasi
Nasional

Trump mengapresiasi Indonesia yang menurutnya telah sukses menggelar Pemilu terbesar dengan menggabungkan pemilihan presiden dan legislatif dalam satu waktu pelaksanaan.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat Donald J Trump ikut memberikan ucapan selamat kepada presiden Joko Widodo alias Jokowi atas kesuksesan Indonesia menggelar Pemilu terbesar sepanjang sejarah. Trump menyebut bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi yang patut dijadikan contoh.

Pemilu 2019 disebut-sebut berbeda dari Pemilu yang sudah-sudah. Alasannya, baru pertama kalinya dalam pesta demokrasi ini pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan.

"Saya ucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan Pemilu yang berlangsung bebas, adil, dan damai," kata Trump dalam siaran pers KBRI di Washington, Rabu (22/5). "Serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan pada saat bersamaan."

Menurutnya, perkembangan demokrasi Indonesia sangat luar biasa, khususnya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Hal tersebut terbukti dari tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu yang melebihi angka 80 persen.


"Saya mengetahui bahwa tingkat partisipasi pemilih tahun ini mencapai 80 persen merupakan yang paling tinggi," lanjut Trump. "Indonesia patut menjadi contoh bagi bangsa-bangsa lainnya di dunia."

Selain itu, Trump juga mengaku bangga dengan Kemitraan Strategis yang sudah terjalin antara Indonesia dan AS selama ini. Sebagai negara yang sama-sama menjunjung nilai demokrasi, Indonesia dan AS memiliki pandangan yang sejalan terhadap isu kawasan dan upaya penegakan hukum.

"Indonesia dan AS memiliki kesamaan pandangan terhadap isu kawasan," jelas Trump. "Dan pentingnya penegakan hukum serta perlindungan kebebasan hak-hak fundamental."

Trump mengatakan bahwa AS akan terus memperkuat hubungan bilateralnya dengan Indonesia. "Saya berkomitmen meningkatkan hubungan kerja sama kita untuk meraih potensi yang sangat besar dalam hubungan dua negara demokrasi," ujarnya.

Trump bukan satu-satunya kepala negara yang memberi ucapan selamat untuk Jokowi. Sebelumnya, Perdana Menteri India Narendra Modi juga mengucapkan selamat ke Jokowi lewat akun media sosialnya. Uniknya, ucapan selamat ini dituliskan Narendra dalam bahasa Indonesia.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru