6 Fakta Ustaz Arifin Ilham, Ulama Karismatik Yang Meninggal di Malam Sakral Nuzulul Quran
Instagram/kh_m_arifin_ilham
Selebriti

Kepergian Ustaz Arifin Ilham menorehkan duka mendalam bagi keluarga, para ulama dan umat muslim di Tanah Air. Sosok ulama karismatik itu meninggalkan kenangan indah bagi banyak orang.

WowKeren - Meninggalnya K. H. Muhammad Arifin Ilham atau yang lebih dikenal dengan Ustaz Arifin Ilham menyisakan duka mendalam bagi keluarga, para ulama serta umat muslim Tanah Air. Ulama karismatik itu mengembuskan napas terakhir pada usia 49 tahun, Rabu (22/5) malam pukul 23.40.

Ustaz Arifin sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit di George Town, Penang, Malaysia, akibat penyakit kanker nasofaring dan getah bening. Kondisi ustaz Arifin sempat dikabarkan membaik pasca melewati masa kritis, namun kembali menurun.

Kabar meninggalnya ustaz Arifin disampaikan oleh putra sulungnya, Muhammad Alvin Faiz melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadi @alvin_411. Alvin mengutarakan keikhlasan atas kepergian sang ayah serta meminta doa sesaat setelah kepergian almarhum. Berikut terdapat fakta dari ulama kelahiran Banjarmasin, 8 Juni 1969 ini. Simak di bawah ini.

(wk/anni)

1. Menderita Kanker Nasofaring dan Kelenjar Getah Bening


Menderita Kanker Nasofaring dan Kelenjar Getah Bening
Instagram/kh_m_arifin_ilham

Ustaz Arifin Ilham diketahui menderita kanker kelenjar getah bening stadium 4A. Beliau menjalani beragam proses pengobatan, salah satunya kemoterapi pada Desember 2018. Kondisi ustaz sempat menurun hingga diterbangkan ke Penang, Malaysia pada 15 April 2019.

Setelah berusaha mendapat perawatan dan pengobatan, ustaz Arifin dikabarkan sempat membaik dan kembali stabil. Namun, takdir Tuhan berkata lain. Beliau akhirnya mengembuskan napas terakhir pada Rabu (22/5) malam.

2. Memiliki Tiga Istri yang Akur


Memiliki Tiga Istri yang Akur
Instagram/yuni_syahla_aceh

Ustaz Arifin Ilham memiliki tiga orang istri yang akur dan sangat menyayangi suami. Beliau menikahi istri pertamanya, Wahyuniati Al-Waly pada 1998 dan dikaruniai seorang putra yakni Muhammad Alvin Faiz. Lalu pada 2010, beliau menikahi Rania Bawazier dan kemudian pada 2017 mempersunting Umi Akhtar.

Ketiga istri ustaz Arifin begitu setia menemani suaminya selama menjalani pengobatan. Mereka secara bergantian menjaga suami tercinta hingga saat terakhirnya.

3. Mendirikan Pondok Pesantren dan Majelis Zikir Az-Zikra


Mendirikan Pondok Pesantren dan Majelis Zikir Az-Zikra
Instagram/kh_m_arifin_ilham

Ustaz Arifin Ilham memperkenalkan majelis zikirnya pada 1997 dengan nama Majelis Zikir Az-Zikra di masjid tempat tinggalnya Depok, Jawa Barat. Majelis tersebut kemudian dipindahkan ke kawasan perumahan Bukit Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat sejak 7 Juni 2009.

Pada 2012, ustaz Arifin juga mendirikan Pondok Pesantren dengan nama serupa dengan majelis. Kegiatan dakwah dalam majelis ini terbuka untuk umum, lintas organisasi, dan mazhab.

4. Sering Terkena Hoaks Meninggal


Sering Terkena Hoaks Meninggal
Instagram/alvin_411

Sejak mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening, Ustaz Arifin Ilham sering diterpa kabar miring dan hoaks. Beliau beberapa kali dikabarkan meninggal, padahal masih hidup.

Kabar hoaks tersebut kerap kali tersebar melalui media sosial dan pesan singkat. Muhammad Alvin Faiz, putra sulung almarhum kala itu tak jarang memberikan klarifikasi untuk meluruskan kabar.

5. Meninggal Pada 17 Ramadan Malam Nuzulul Quran


Meninggal Pada 17 Ramadan Malam Nuzulul Quran
Instagram/alvin_411

Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu (22/5) malam di Penang, Malaysia karena kanker nasofaring dan getah bening yang dideritanya. Wafatnya ustaz karismatik itu bertepatan dengan jatuhnya malam Nuzulul Quran pada 17 Ramadan tahun ini.

Banyak yang menganggap jika ayah dari Muhammad Alvin Faiz itu meninggal di hari yang indah dan inshaAllah husnul khatimah. Postingan terakhir almarhum pada Instagram pribadinya pun banjir doa.

6. Video Dakwah Terakhir Sebelum Meninggal


Video Dakwah Terakhir Sebelum Meninggal
Instagram/kh_m_arifin_ilham

Lima hari yang lalu, Ustaz Arifin Ilham sempat membagikan video dakwah di Instagram pribadinya. Beliau kebetulan membahas soal sakaratul maut dan jalan menuju surga.

Ustaz Arifin mengutip pendapat seorang ulama, Ibnu Khoyim, yang menjelaskan kenapa tidak disebut salat, puasa, haji, tapi sedekah yang diinginkan oleh orang yang menghadapi sakaratul maut. Sebab, sedekah bisa membuka jalan menuju surga. Postingan tersebut menjadi video dakwah terakhir beliau.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait