Kapten Vincent Raditya Diberi Kesempatan Terbangkan Pesawat Single Engine Lagi dengan Syarat Ini
blackxperience.com
Selebriti

Lisensi penerbangan Kapten Vincent Raditya diketahui sudah dicabut oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Namun bukan berarti Kapten Vincent tak bisa mendapatkannya lagi.

WowKeren - Kapten Vincent Raditya sudah membenarkan bahwa izin penerbangannya untuk pesawat jenis single engine telah dicabut. Izin penerbangan Kapten Vincent telah dicabut oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sejak 21 Mei lalu.

Hal tersebut dikarenakan Kapten Vincent sudah melanggar aturan saat membuat vlog bersama Limbad dengan pesawat Cessna 172 beberapa waktu lalu. Kala itu, Kapten Vincent melakukan aksi manuver zero gravity untuk menakuti Limbad sehingga berteriak dan mengeluarkan suara aslinya.

Tak hanya itu, Kemenhub juga menyebutkan bahwa Kapten Vincent melakukan sejumlah kesalahan lain saat membuat vlog dengan para artis. Sebut saja membawa penumpang duduk di samping kursi pilot (hot seat), dengan kondisi tak memakai pengaman alias shoulder harness sesuai dengan ketentuan.

Berikutnya, Kapten Vincent memberikan kendali terbang kepada orang yang tidak berwenang, dan dengan sengaja melakukan manuver zero gravity (G Force) kepada penumpang umum. Padahal Kapten Vincent bukan pemegang otorisasi Flight Instructor. Manuver zero gravity pun tak lazim dilakukan dalam penerbangan sipil lantaran dinilai dapat membahayakan penumpang.


Kendati begitu, Kapten Vincent masih bisa menerbangkan pesawat single engine jika mengajukan izin lagi. Selain itu, Kapten Vincent juga diimbau tak melakukan aksi manuver zero gravity lagi saat menerbangkan pesawat.

"Ditjen Hubud akan memberikan kesempatan kepada Captain Vincent Raditya apabila menginginkan kembali kemampuan Single Engine Land Class Rating, maka dapat mengajukan kembali sesuai ketentuan CASR Part 61," ujar Polana B Pramesti selaku Direktur Jenderal Perhubungan Udara dilansir detik.com pada Rabu (29/5). "Kami mengimbau kepada seluruh penerbang pesawat udara sipil untuk tidak melakukan aksi manuver zero gravity (G Force) kepada penumpang umum, karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada penumpang, dan membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan."

Sementara itu, Kapten Vincent masih bisa menerbangkan jenis pesawat lainnya, termasuk sebagai pilot untuk penerbangan komersial. Kapten Vincent juga menjanjikan tetap akan membuat vlog dengan konten yang menarik dan mengedukasi masyarakat.

(wk/evaa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait