Sutradara Simon Kinberg Salahkan Dirinya Sendiri Atas Kegagalan 'Dark Phoenix'
20th Century Fox
Film

'Dark Phoenix' sendiri rupanya adalah proyek debut Simon Kinberg sebagai sutradara. Kendati demikian, sang sutradara bukanlah orang baru dalam franchise 'X-Men'.

WowKeren - "Dark Phoenix" diketahui menjadi film penutup dari 20 tahun perjalanan franchise "X-Men". Film yang dibintangi oleh Sophie Turner hingga Jennifer Lawrence ini juga digadang-gadang sebagai sajian paling emosional dibandingkan seri-seri sebelumnya.

Namun sayangnya, "Dark Phoenix" justru mendulang hasil yang mengecewakan. Sejak dirilis perdana secara global pada 7 Juni lalu, film pamungkas "X-Men" tersebut tidak mendapatkan hasil bagus di box office.


Bahkan di pekan perdananya, "Dark Phoenix" hanya berhasil mengumpulkan USD 33 juta di box office domestik dan USD 140 juta secara global. Angka tersebut membuat "Dark Phoenix" kalah jauh dibanding film-film "X-Men" sebelumnya, seperti "X-Men: Days of Future Past" (USD 262,9 juta), "Logan" (USD 247,4 juta), hingga "X-Men: Apocalypse" (USD 166,6 juta).

Menanggapi kegagalan "Dark Phoenix", rupanya sutradara Simon Kinberg menyalahkan dirinya sendiri. Dilansir Screen Rant pada Selasa (18/6), Simon mengatakan bahwa "Dark Phoenix" tidak bisa terhubung dengan penonton yang belum menyaksikan seri "X-Men" sebelumnya.

"Film ini jelas tidak bisa terhubung dengan penonton yang tidak menontonnya (X-Men), juga tidak cukup terhubung dengan penonton yang menontonnya. Jadi ini karena (kesalahan) ku," ujar Simon.

Meski demikian, Simon menegaskan bahwa ia merasa puas dengan kerja keras para pemeran dan seluruh kru yang sudah terlibat dalam film ini. "Aku suka membuat film dan mencintai orang-orang yang bekerja sama denganku," imbuhnya.

Tak hanya itu, ia juga mengaku tak sabar melihat bagaimana karakter-karakter "X-Men" akan berkembang di franchise Marvel Cinematic Universe (MCU) nantinya. "Aku mencintai karakter-karakter ini. Aku sangat bersemangat untuk melihat apa yang Marvel lakukan pada mereka," lanjutnya lagi.

Sementara itu, "Dark Phoenix" sendiri adalah proyek debut Simon Kinberg sebagai sutradara. Kendati demikian, Simon bukan orang baru dalam seri "X-Men". Sebelumnya, dia bergabung sebagai penulis untuk "X-Men: The Last Stand", "Deadpool", "X-Men: Days of Future Past", dan "X-Men: Apocalypse".

Jebloknya "Dark Phoenix" di box office sendiri tentunya tak lepas dari kritik negatif yang dilayangkan pada film tersebut. Diketahui, film yang berfokus pada Jean Grey (Sophie Turner) ini hanya meraih rating sebesar 22% di laman Rotten Tomatoes. Padahal, film ini digadang-gadang sebagai proyek terbesar franchise "X-Men".

Faktor lain yang berpengaruh tentunya akuisisi Disney terhadap sejumlah aset Fox, dimana franchise "X-Men" termasuk di dalamnya. Semenjak proses merger pada bulan Maret lalu, Fox memang seakan tak begitu mempromosikan "Dark Phoenix" dalam skala besar, pun juga Disney yang belum turun tangan dalam proyek ini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...