8 Kuliner di Jogja Ini Super Ekstrem hingga Bikin Geleng-Geleng Kepala, Berani Coba?
Kuliner

Dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata, rupanya Jogja menyimpan sejumlah kuliner yang cukup aneh, tidak biasa dan ekstrem. Mau tahu apa saja kuliner itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Jogja atau Yogyakarta terkenal sebagai salah satu kota yang menjadi tujuan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Sebab seperti yang diketahui, Jogja seolah menjadi rumah bagi candi-candi besar di Indonesia, seperti Borobudur dan Prambanan.

Selain itu, Jogja rupanya juga terkenal sebagai kota yang menyajikan berbagai kuliner yang menarik dan lezat rasanya untuk menjamu wisatawan yang datang. Seperti gudeg, nasi pecel hingga sate klathak.


Meski demikian, rupanya Jogja juga memiliki banyak kuliner aneh, tidak biasa dan ekstrem. Kuliner-kuliner ini bisa membuat kamu penasaran sekaligus takut untuk menikmatinya.

Meski demikian, ada baiknya jika kamu mengetahui berbagai kuliner tersebut. Setelah itu, kamu bisa mempertimbangkan akan menyantapnya atau tidak.

(wk/eval)

1. Saat Berkunjung ke Jogja, Kamu Bisa Menemukan Tongseng Kelelawar Loh!


Saat Berkunjung ke Jogja, Kamu Bisa Menemukan Tongseng Kelelawar Loh!

Apa kalian pernah membayangkan bisa memakan kelelawar? Nah, jika pernah membayangkan dan tertarik untuk mencicipinya, kalian bisa pergi ke Jogja untuk menikmatinya.

Santapan satu ini memang terdengar cukup aneh dan ekstrem. Namun siapa sangka jika sajian satu ini rasanya sangat lezat. Selain itu, tongseng kelelawar juga cukup berkhasiat bagi kesehatan.

Jika ingin menikmatinya, kamu bisa pergi ke Jalan Bantul, KM 55, Yogyakarta. Warung tongseng kelelawar ini sendiri dimiliki oleh Ibu Romiyati dan buka mulai pukul 3 sore hingga 10 malam. Untuk harganya sendiri bisa dibilang cukup terjangkau, yakni mulai Rp 8 ribu saja.

2. Daging Ular Kobra, Kuliner Super Ekstrem dari Jogja!


Daging Ular Kobra, Kuliner Super Ekstrem dari Jogja!

Kuliner ekstrem selanjutnya yang bisa kamu temukan di Jogja adalah daging ular kobra. Tanpa disangka, ular yang mematikan karena bisanya ini ternyata bisa disantap oleh manusia.

Kuliner ekstrem satu ini bisa kamu temui jika datang ke Jalan Hayam Wuruk 19, Tegang Panggung, Danurejan, Jogja. Warung itu sendiri bernama Warung Makan Kobra atau Kobra Imperial Kitchen.

Menu yang disajikan di warung ini juga cukup bervariasi. Mulai dari sate ular kobra, tongseng kobra, sup hingga burger kobra. Selain itu, kamu juga bisa memesan paket empedu, darah dan sumsum ular. Harganya sendiri juga cukup terjangkau, yakni mulai Rp 10 ribuan.

3. Kamu Pecinta Pedas? Jika Iya, Harus Banget Untuk Mencicipi Oseng-Oseng Mercon Saat Ke Jogja


Kamu Pecinta Pedas? Jika Iya, Harus Banget Untuk Mencicipi Oseng-Oseng Mercon Saat Ke Jogja

Untuk kamu yang sangat menggemari rasa pedas, ada baiknya untuk mencicipi oseng-oseng mercon. Sebab sajian satu ini terkenal dengan rasa pedasnya yang sangat ekstrem. Saat dinikmati, oseng-oseng mercon akan meledak-ledak di mulut karena kepedasannya, seperti mercon atau petasan.

Oseng-oseng ini biasanya terdiri dari daging sapi yang dicampur dengan berkilo-kilo cabe rawit. Dan orang-orang biasanya akan menikmati hidangan ini sebagai lauk yang disantap dengan nasi.

Oseng-oseng mercon sendiri cukup mudah ditemukan di Jogja, terutama di sepanjang jalan KH. Ahmad Dahlan. Salah satu warung yang cukup terkenal dan ramai pengunjung adalah milik Ibu Narti.

4. Belalang dan Kepompong Goreng Adalah Salah Satu Kuliner Ekstrem yang Lumayan Terkenal di Jogja


Belalang dan Kepompong Goreng Adalah Salah Satu Kuliner Ekstrem yang Lumayan Terkenal di Jogja

Kuliner ekstrem berikutnya yang cukup terkenal di Jogja adalah belalang dan kepompong goreng. Hidangan satu ini memang terdengar cukup aneh, namun faktanya ada banyak orang yang mengaguminya.

Pasalnya, kuliner satu ini bisa dibilang cukup lezat, gurih dan tentunya mengandung protein yang tinggi. Tidak hanya itu, kepompong yang digunakan juga tidak sembarangan, sebab pedagang hanya menggunakan kepompong kayu jati saja.

Jika ingin menikmati hidangan satu ini, kamu bisa pergi ke tepi jalanan Gunungkidul. Sebab hidangan ini biasanya dijadikan santapan untuk menikmati liburan di sekeliling Gunungkidul. Selain itu, orang-orang biasanya juga membeli untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

5. Berani Coba Berbagai Olahan Katak Saat Berkunjung Ke Jogja?


Berani Coba Berbagai Olahan Katak Saat Berkunjung Ke Jogja?

Kamu mungkin akan sangat terkejut jika mengetahui katak bisa dijadikan berbagai hidangan. Sebab binatang amfibi satu ini memiliki bentuk yang lembek dan hidup di dua alam.

Namun, jika berkunjung ke Jogja kamu bisa menemukan berbagai jenis olahan yang berasal dari katak. Jika penasaran dan ingin menikmatinya, kamu bisa datang ke Warung Swike yang terletak di Jl. Magelang KM 5 atau tepatnya di Jl. Tentara Pelajar 2, Bumiarjo, Jetis, Yogyakarta.

Di tempat ini kamu bisa menemukan beragam olahan daging katak atau swike. Antara lain swike semur, swike saus tiram, swike kuah tauco dan masih banyak lagi.

6. Mau Berburu Kuliner Ekstrem di Jogja? Coba Nikmati Sate Landak!


Mau Berburu Kuliner Ekstrem di Jogja? Coba Nikmati Sate Landak!

Kuliner ekstrem berikutnya yang ada di Jogja adalah sate landak. Kamu mungkin bingung dengan hidangan satu ini, sebab bagaimana bisa hewan yang dipenuhi dengan duri malah dijadikan hidangan super lezat.

Namun jangan salah paham dulu. Sebab landak ternyata memiliki tekstur daging yang empuk dan tidak jauh berbeda dengan daging kambing maupun ayam. Beberapa orang bahkan percaya jika daging landak memiliki sejumlah khasiat. Seperti bisa dijadikan obat asma, menyembuhkan penyakit liver dan bisa meningkatkan vitalitas pria.

Jika ingin mencicipi hidangan satu ini, kamu bisa datang ke warung sate landak yang ada di Jalan Magelang. Menu yang disajikan pun cukup beragam. Mulai dari sate landak, rica-rica landak, sate hati landak serta rica-rica buntut landak.

7. Tongseng Bulus, Salah Satu Kuliner Ekstrem di Jogja yang Bertahan Selama Lebih dari 15 Tahun!


Tongseng Bulus, Salah Satu Kuliner Ekstrem di Jogja yang Bertahan Selama Lebih dari 15 Tahun!

Apakah kalian mengetahui bulus? Jika belum, bulus adalah hewan sejenis kura-kura namun memiliki cangkang yang lebih lunak. Menariknya, di daerah Kranggan Jogja kamu bisa menemukan olahan makanan yang berasal dari daging bulus. Warung ini sendiri bernama Warung Tongseng Bulus Kranggan yang ternyata sudah berjualan lebih dari 15 tahun lamanya.

Menu yang disajikan ada dua jenis, yakni daging dan sirip bulus. Makanan ini dimasak dengan bumbu rempah yang sangat lezat. Untuk rasa dan tekstur dagingnya cukup mirip dengan daging kambing. Sedangkan untuk bagian sirip, rasanya seperti kikil sapi. Selain daging dan sirip, di warung ini kamu bisa menemukan minyak bulus, hati dan juga otak bulus.

8. Tengkleng Gajah, Kuliner Ekstrem dari Jogja yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan


Tengkleng Gajah, Kuliner Ekstrem dari Jogja yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan

Kuliner ekstrem selanjutnya yang bisa kamu temukan di Jogja adalah tengkleng gajah. Meski namanya demikian, hidangan satu ini tidak benar-benar berasal dari gajah. Sebab nama gajah digunakan untuk menunjukkan besarnya tulang kambing yang disajikan sebagai hidangan.

Jika pertama kali melihat, kamu mungkin akan berpikir jika satu porsi bisa dimakan untuk dua orang. Namun, rata-rata pengunjung bisa menghabiskan satu porsi sendiri saking enaknya.

Menu yang disajikan pun cukup beragam. Mulai dari tongseng kepala, tengkleng gajah ditongseng dan tengkleng gajah digoreng. Jika ingin menikmati sajian ini, kamu harus datang ke Jl. Kaliurang Km. 9,3 Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Yogyakarta.

Demikian delapan kuliner ekstrem yang bisa kamu temukan di Jogja. Jika kamu mencari tahu tentang berbagai kuliner ekstrem di Indonesia, kamu bisa menyimak artikel ini. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner populer ini jika sedang berada di Bali.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel