Jokowi Ikut Berduka Atas Kematian Sutopo BNPB: Beliau Mendedikasikan Hidupnya untuk Orang Banyak
Nasional

Presiden Joko Widodo mengenang mendiang Sutopo sebagai sosok pekerja keras yang selalu mendedikasikan hidupnya untuk orang banyak hingga akhir hayatnya.

WowKeren - Masyarakat Indonesia masih berduka atas meninggalnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Sutopo menghembuskan napas terakhir pada Minggu (7/7) dini hari usai menjalani perawatan di Guangzhou, Tiongkok.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi ikut berduka dengan kepergian Sutopo. Melalui akun Instagram resmi miliknya, Jokowi menyampaikan rasa duka yang mendalam.


"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun," tulis Jokowi dalam akun Instagram miliknya pada Minggu (7/7). "Turut berduka atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Sutopo Purwo Nugroho di Guangzhou, menjelang dini hari tadi."

Jokowi menilai bahwa selama masa hidupnya, Sutopo adalah sosok pekerja keras yang mendedikasikan hidupnya untuk orang banyak. Meski harus berjuang melawan penyakit kanker paru-paru yang dideritanya, Sutopo terus berupaya untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat tentang kondisi bencana alam yang terjadi di Indonesia, hingga menjelang akhir hayatnya.

"Almarhum Pak Sutopo Purwo Nugroho adalah seorang yang hidupnya didedikasikan untuk orang banyak," lanjut Jokowi. "Sampai menjelang akhir hayatnya sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ia mengabarkan dengan cepat kejadian bencana alam gempa bumi, longsor, tsunami, atau kebakaran yang terjadi di pelosok negeri agar kita waspada dan tidak kebingungan."

Jokowi mengenang kata-kata berharga yang pernah disampaikan mendiang Sutopo saat masih hidup. Sutopo mengatakan bahwa hidup ini bukanlah soal berapa lama usia kita, namun lebih ke persoalan seberapa besar kita dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

"'Hidup itu bukan soal panjang pendeknya usia, tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain,' kata Pak Sutopo, suatu ketika. Dan ia mengamalkan kalimat itu dengan baik," lanjut Jokowi. "Selamat jalan, Pak Sutopo. Semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberi-Nya kekuatan dan kesabaran. Amin ya rabbal alamin."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts