'The Lion King' Dikritik Karena Terlalu Persis Versi Animasi, Sutradara Jon Favreau Buka Suara
Disney
Film

Sebelumnya, banyak yang menilai live-action 'The Lion King' membosankan karena sama sekali tak memberikan nuansa baru dan benar-benar serupa dengan animasinya di tahun 1994.

WowKeren - "The Lion King" diketahui menjadi salah satu film live-action tersukses yang pernah dibesut oleh Disney. Live-action yang diadaptasi dari animasi tahun 1994 ini bahkan siap menyusul kesuksesan "Avengers: Endgame" hingga "Aladdin" sebagai film terlaris tahun 2019.

Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa penayangan "The Lion King" juga tidak luput dari kritikan. Bahkan film ini mendapatkan rating yang cukup buruk lantaran dianggap sama sekali tak memberikan nuansa baru dan benar-benar meniru versi animasinya.

Menanggapi hal ini, akhirnya sutradara Jon Favreau pun angkat suara secara langsung. Sutradara yang juga membesut dua seri "Iron Man" ini menjelaskan apa alasannya memilih untuk membuat live-action "The Lion King" benar-benar serupa dengan animasinya.

"Semua orang punya formula sendiri. Aku tidak mengatakan ini adalah cara setiap orang melakukannya, tetapi itulah caraku melakukannya," tutur Jon, dilansir Variety pada Senin (29/7). "Kami tidak ingin menciptakannya ('The Lion King') kembali. Kami hanya ingin orang melihatnya dan bisa berkata, 'Aku melihat The Lion King'."


Jon pun lantas membagikan pengalamannya kala menyaksikan "The Lion King" versi Broadway dan mengaku sangat kagum, lantaran ia merasa kembali bernostalgia dan seakan melihat versi animasinya di tahun 1994. "Adegan yang berbeda tetapi entah bagaimana itu menangkap esensi film tersebut. Semua akan dengan mudah mengatakan itu adalah cerita yang sama persis," lanjutnya.

Kesamaan cerita versi live-action dan animasi "The Lion King" ini memang sempat menimbulkan beragam opini di kalangan penggemar. Meski demikian, banyak yang mengklaim bahwa keputusan Disney untuk mempertahankan cerita aslinya adalah sebuah pilihan bijak.

Banyak yang mengklaim bahwa proyek live-action memang sudah seharusnya mengadaptasi versi aslinya. Apalagi menilik bahwa "The Lion King" memiliki plot orisinal yang begitu luar biasa.

Terlepas dari hal tersebut, "The Lion King" sendiri berhasil memecahkan rekor sejak debutnya pekan lalu. "The Lion King" tercatat menjadi film dengan debut terlaris untuk kategori PG-13. Selain itu, "The Lion King" juga mengalahkan "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part II" yang sebelumnya meraih rekor sebagai film dengan debut tertinggi pada bulan Juli.

"The Lion King" juga masih memecahkan sederet rekor lain seperti film remake dengan pendapatan debut tertinggi, hingga film kesembilan dengan pembukaan terbesar di box office domestik sepanjang masa. Tak hanya itu, "The Lion King" juga termasuk dalam lima film terlaris tahun 2019, menyusul "Avengers: Endgame", "Aladdin", "Captain Marvel", dan "Toy Story 4".

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru