Sambut Kemerdekaan RI, PT KAI Gratiskan Tiket Lokal Surabaya-Blitar
Travel

Tiket gratis ini bisa diperoleh lewat loket go show di stasiun keberangkatan. Penjualan tiket ini mulai dilayani dari tiga jam sebelum kereta berangkat.

WowKeren - Hari Kemerdekaan Indonesia sudah di depan mata. Berselang dua hari, Indonesia akan genap berusia 74 tahun. Menanggapi hari yang luar biasa spesial itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sepertinya tak mau ketinggalan untuk memeriahkan. Pasalnya perusahaan pelat merah ini akan memberlakukan tarif nol rupiah alias gratis pada hari tersebut.

Tentu saja PT KAI punya beberapa persyaratan untuk promosi ini. Salah satunya yakni tiket gratis hanya diberikan kepada calon penumpang perjalanan lokal Jawa Timur.

Kabar ini pun dikonfirmasi oleh Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko. Kebijakan tiket gratis ini, jelas Ixfan, merupakan bentuk partisipasi KAI untuk menyemarakkan HUT ke-74 Republik Indonesia. Kebijakan ini berlaku untuk kereta api lokal atau komuter PSO bersubsidi dan perintis.

Lebih spesifik, tiket gratis ini bisa didapatkan oleh calon penumpang KA Dhoho relasi Blitar-Kertosono-Surabaya Kota. Ini berlaku untuk perjalanan pulang pergi (PP).

Ketentuan yang sama juga berlaku untuk KA Penataran relasi Surabaya Kota-Malang-Blitar (PP) dan KA Penataran relasi Blitar-Surabaya Gubeng. Selain itu, kebijakan juga diterapkan pada KA Ekonomi Lokal relasi Kertosono-Surabaya Kota.


Kendati demikian ada persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para penumpang. Yakni mereka harus memegang tiket fisik yang bisa didapatkan di stasiun keberangkatan mulai tiga jam sebelumnya.

"Meski gratis, masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp 0," ujar Ixfan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/8). "Yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go show, mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA."

Ia pun memastikan tiket gratis ini akan terus diberikan selama tersedia kuota atau kapasitas kursi penumpang. Para pelanggan kereta api pun diharapkan bisa memanfaatkan fasilitas itu dengan baik. "Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api," ujarnya, dilansir dari laman MSN, Kamis (15/8).

Sementara itu, lanjut Ixfan, bagi penumpang yang sudah memesan tiket dengan tarif normal, bisa menukarkannya dengan tiket gratis. Pengembalian uang tiket ini dapat diberikan maksimal hingga tiga hari setelah perjalanan.

"Bea tiket tersebut bisa diambil di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 hari sejak kedatangan KA," pungkasnya. "Syaratnya, penumpang harus menunjukkan tiket atau boarding pass atau e-boarding pass ke petugas di stasiun."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait