Terapkan Sekarang, Ini 7 Tips Belanja Hemat Saat Liburan Low Budget
Pexels/Laura James
Travel

Berbelanja saat liburan dengan anggaran rendah terkadang membuat kita stres. Namun tenang, sebab ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasatinya.

WowKeren - Akhir tahun menjadi salah satu waktu yang ditunggu banyak orang. Para karyawan bisa mengambil cuti, begitupun dengan anak sekolah yang biasanya mendapat waktu libur panjang hingga tahun baru tiba. Bagi banyak orang, ini menjadi kesempatan emas untuk pergi berlibur.

Saat liburan, salah satu agenda yang tak boleh dilewatkan begitu saja adalah belanja. Terutama jika Anda mengunjungi kota atau daerah baru yang menawarkan berbagai makanan hingga produk khas. Anda pasti ingin membelinya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat.


Berbelanja saat liburan seharusnya jadi aktivitas yang asyik dan menyenangkan. Namun jika memiliki anggaran rendah, belanja saat liburan bisa membuat kita stres. Kita juga akan kebingungan harus membeli apa untuk orang tersayang.

Tapi jangan khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk belanja hemat saat liburan low budget. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini:

(wk/eval)

1. Buat Anggaran Terpisah


Buat Anggaran Terpisah
Pexels/Karolina Grabowska

Pertama-tama, Anda harus membuat anggaran khusus belanja liburan. Pisahkan anggaran ini dengan biaya harian maupun keperluan liburan lainnya. Jika memungkinkan, sisihkan dana tambahan untuk membeli barang yang tidak ada di dalam daftar belanja namun menarik perhatian Anda saat berlibur.

Tentukan budget sejak awal keberangkatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan mematuhi anggaran tersebut agar pengeluaran tidak sampai membengkak. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan meski memiliki anggaran rendah.

2. Buat Daftar Belanja


Buat Daftar Belanja
Pexels/Leeloo Thefirst

Setelah menentukan anggaran, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar belanja. Cara ini akan membantu Anda mengatur alokasi dana saat berbelanja, jadi sesuaikan hal itu dengan budget yang telah Anda tentukan.

Agar lebih hemat, Anda harus meriset tempat-tempat belanja murah sebelum berangkat liburan. Jangan lupa membandingkan beberapa tempat belanja dan barang yang dijual untuk mendapatkan harga terbaik. Selain itu, Anda juga harus membaca ulasan pengunjung dan review para traveler untuk memastikannya.

3. Batasi Orang yang Anda Belikan Oleh-Oleh


Batasi Orang yang Anda Belikan Oleh-Oleh
Pexels/George Dolgikh

Meskipun Anda mungkin ingin membeli oleh-oleh untuk banyak orang, isi dalam dompet mungkin berkata lain. Oleh sebab itu, tuis berikutnya yang sebaiknya Anda terapkan adalah membatasi jumlah orang yang dibelikan oleh-oleh.

Utamakan orang-orang yang memang dekat dengan Anda, seperti keluarga inti, pasangan atau sahabat dekat. Anda tak harus membelikan tetangga maupun rekan sekantor oleh-oleh jika anggaran tak mencukupi. Jangan khawatirkan gengsi, sebab yang terpenting adalah kebahagiaan Anda saat berlibur.

4. Cari Promo dan Diskonan


Cari Promo dan Diskonan
Pexels/Max Fischer

Memanfaatkan promo dan diskon adalah cara lain untuk belanja hemat saat liburan. Namun jangan sampai kalap karena mendapatkan harga murah. Tetap patuhi anggaran belanja yang telah Anda tetapkan sejak awal untuk mencegah pengeluaran membengkak.

Selain itu, jangan sungkan menawar harga saat berbelanja. Hal ini penting dilakukan untuk menyiasati mahalnya harga barang yang dijual di lokasi wisata. Agar berhasil, jangan terlalu memperlihatkan status Anda sebagai wisatawan saat menawar harga. Gunakan bahasa setempat atau ajak teman Anda yang tinggal di daerah tersebut saat berbelanja.

5. Belanja dengan Uang Tunai


Belanja dengan Uang Tunai
Pexels/Antoni Shkraba

Berbelanja dengan uang tunai saat liburan mungkin terdengar tidak bersahabat di tengah pandemi dan era digital seperti saat ini. Namun cara ini bisa sangat membantu Anda menghemat pengeluaran saat sedang belanja.

Dengan melakukan pembayaran tunai, Anda bisa tahu berapa banyak uang yang telah dihabiskan untuk belanja. Cara ini juga bisa mencegah Anda berbelanja secara impulsif. Pasalnya, kita akan merasa sayang saat mengeluarkan banyak uang sekaligus saat berbelanja.

6. Hindari Belanja Impulsif di Menit-Menit Terakhir


Hindari Belanja Impulsif di Menit-Menit Terakhir
Pexels/Borko Manigoda

Anda mungkin akan membeli oleh-oleh bagus saat pertama kali melihatnya. Namun di momen berikutnya, Anda menemukan sesuatu yang lebih baik dan murah. Di titik ini, Anda mungkin memutuskan untuk membelinya juga dan mengeluarkan lebih banyak uang di luar rencana.

Kebiasaan belanja impulsif di menit-menit terakhir tentu harus Anda hindari. Perilaku ini tak hanya menguras dompet, namun Anda juga berisiko membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

7. Kurangi Pengeluaran Lain


Kurangi Pengeluaran Lain
Pexels/Any Lane

Jika merasa anggaran belanja Anda sangat tipis, pertimbangkan untuk mengurangi pengeluaran lain yang tidak begitu penting. Misalnya, daripada makan di restoran atau hotel berbintang, tak ada salahnya untuk menikmati kuliner khas yang ada di pinggir-pinggir jalan. Anda juga bisa memilih transportasi umum atau menyewa kendaraan selama liburan daripada menggunakan moda transportasi berbasis online.

Dengan mengurangi pengeluaran lain, Anda bisa menghemat banyak uang untuk dialokasikan ke anggaran belanja. Ingatlah untuk memasukkan lebih dari sekadar oleh-oleh ke dalam daftar belanja, sebab Anda juga harus membeli sesuatu untuk diri sendiri saat sedang liburan.

Demikian tujuh tips belanja hemat yang bisa Anda terapkan saat liburan low budget. Semoga artikel di atas bermanfaat dan selamat berlibur!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru