Ingin Liburan Seru di Tengah Kesibukan? Simak 7 Tips Daycation Berikut Ini
Pexels/Vlada Karpovich
Travel

Bagi kalian yang ingin berlibur di tengah sela-sela kesibukan, daycation bisa menjadi salah satu opsi terbaik. Sebelum itu, simak dulu beberapa tipsnya berikut ini.

WowKeren - Daycation menjadi salah satu pilihan berlibur terbaik bagi para pekerja yang tidak memiliki banyak waktu luang. Sebab daycation adalah liburan satu hari yang dilakukan dengan menghabiskan waktu selama beberapa jam di kamar hotel.

Meski istilah daycation masih asing di telinga masyarakat Tanah Air, jenis liburan ini terbilang cukup populer di luar negeri. Sebab ada banyak orang yang ingin melakukan liburan singkat dengan budget minimal.


Daycation juga bisa mendatangkan ketenangan pikiran bagi mereka yang sekadar ingin bersantai tanpa melakukan aktivitas di luar ruangan. Dan ketika waktu menginap telah berakhir, kalian bisa kembali melakukan rutinitas harian seperti biasa.

Manfaatnya tentu tak terbatas pada itu saja. Sebab daycation tak membutuhkan banyak perencanaan, hemat biaya, sebagai tempat singgah sebelum berpindah destinasi, menjadi kesempatan untuk menikmati fasilitas hotel dan masih banyak lagi.

Nah bagi kalian yang berencana untuk melakukan daycation, tim WowKeren telah merangkum beberapa tips yang bisa membuat liburan kalian semakin seru. Apa saja itu? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!

(wk/eval)

1. Jangan Pergi Terlalu Jauh


Jangan Pergi Terlalu Jauh
Pexels/Andrea Piacquadio

Bersantai di kamar hotel adalah prioritas utama saat melakukan daycation. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah lokasi tempatmu menginap. Usahakan tidak pergi terlalu jauh dari rumah atau tempatmu tinggal, dengan maksimal jarak tempuh sekitar dua jam perjalanan.

Jika kamu sedang melakukan perjalanan bisnis atau ingin melakukan daycation saat menunggu jadwal penerbangan yang delay, pastikan memilih hotel yang paling dekat dengan bandara. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan fasilitas hotel saat mempertimbangkan lokasi berlibur.

2. Sesuaikan Budget


Sesuaikan Budget
Pixabay/Ekoanug

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu keuntungan dari daycation adalah bisa menghemat pengeluaran karena kalian tidak perlu membayar harga sewa hotel untuk satu malam. Meski demikian, menyesuaikan budget penting dilakukan demi mencegah pengeluaran membengkak.

Pertama-tama, tetapkan berapa anggaran kalian untuk melakukan daycation termasuk untuk biaya hotel dan pesan makanan. Selanjutnya pilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti jarak, kenyamanan dan keamanan.

3. Berpikir Seperti Turis


Berpikir Seperti Turis
Pexels/Asad Photo Maldives

Meski hanya berlangsung selama satu hari, daycation tetap disebut sebagai liburan. Karena itulah kalian harus memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya agar bisa merasakan beragam manfaatnya.

Salah satu caranya adalah dengan berpikir seperti turis. Turis selalu berpikir untuk kembali ke rumah, sehingga mereka cenderung menghabiskan liburannya dengan maksimal dan mengutamakan kenyamanan agar bisa pulang dengan pikiran yang jauh lebih segar.

4. Lakukan Apapun yang Kalian Inginkan


Lakukan Apapun yang Kalian Inginkan
Pexels/ROMAN ODINTSOV

Satu hari yang kita luangkan untuk daycation adalah waktu yang sangat berharga. Oleh karena itu, jangan sia-siakan momen ini dan lakukan apapun yang kalian inginkan saat bersantai di hotel.

Lakukan berbagai hal yang bisa membuat kalian bahagia. Lupakan pekerjaan untuk sejenak dan cobalah untuk benar-benar fokus pada kesenangan pribadi. Seperti tidur sehari penuh, menikmati spa, menonton film kesukaan, berenang atau berolahraga di pusat kebugaran hotel.

5. Nikmati Makanan Lezat


Nikmati Makanan Lezat
Pexels/Pixabay

Menikmati makanan lezat saat daycation adalah sebuah keharusan, terutama bagi kalian yang sedang diet atau tak sempat menikmati makanan enak karena terlalu sibuk bekerja. Kalian bebas memilih untuk menikmati hidangan di restoran hotel atau memesan makanan dari luar yang sesuai dengan selera.

Menonton film sambil berbaring dan menikmati makanan di dalam kamar hotel akan menjadi kegiatan langka yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Dan jika kalian bosan dengan suasana kamar, kalian bisa bersantai di tepi kolam renang hotel sambil menikmati segelas jus jeruk dan camilan gurih.

6. Packing Barang dengan Simpel


Packing Barang dengan Simpel
Pexels/OVAN

Karena daycation adalah liburan satu hari yang singkat, kalian tidak perlu membawa banyak barang saat berangkat. Jauhi juga berbagai peralatan kerja seperti laptop atau ponsel kantor agar kalian bisa benar-benar fokus untuk istirahat.

Agar tidak repot, pastikan untuk mengemas barang-barang kalian sesimpel mungkin. Kemas barang yang paling kalian butuhkan seperti pakaian ganti yang nyaman dan obat-obatan, dan hindari membawa barang-barang berat.

7. Utamakan Keselamatan


Utamakan Keselamatan
Pexels/Olya Kobruseva

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah mengutamakan keselamatan. Selalu patuhi protokol kesehatan COVID-19 dan jaga barang bawaan kalian di manapun kalian berada. Jika bepergian sendiri, sebaiknya beri tahu keluarga atau teman kondisi kalian agar mereka tahu bahwa kalian baik-baik saja.

Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk mengambil banyak foto, tertawalah sepuasnya, makan yang banyak dan ciptakan kenangan menyenangkan yang bisa kalian ingat seumur hidup. Selamat berlibur ya!


You can share this post!

Related Posts