Beda dari Staycation, Yuk Kenal Lebih Dalam tentang Daycation dan Manfaatnya
Pexels/Andrea Piacquadio
Travel

Daycation adalah jenis liburan satu hari yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan. Lantas, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari jenis liburan ini?

WowKeren - Apa kamu pernah mendengar tentang kata daycation? Meski cukup asing di telinga orang Indonesia, istilah yang berkaitan dengan liburan ini terbilang cukup populer di luar negeri.

Daycation memiliki konsep yang berbeda dengan staycation meski mempunyai nama yang mirip. Daycation adalah sebuah liburan satu hari yang bisa dilakukan di tengah-tengah kesibukan.


Melalui daycation, kita bisa menikmati fasilitas hotel atau resort selama beberapa jam saja tanpa harus bermalam secara penuh. Karena itulah liburan jenis ini cocok untuk para pebisnis sibuk yang hampir tidak punya waktu untuk bersantai.

Daycation juga bisa dilakukan untuk sekadar menikmati hari seolah-olah sedang berlibur. Jika waktu menginap telah habis, kalian bisa kembali ke rutinitas seperti sedia kala dengan pikiran yang jauh lebih segar.

Bagi kalian yang berminat untuk melakukan daycation, sebaiknya simak dulu artikel WowKeren berikut ini. Pasalnya, tim redaksi telah merangkum beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan lewat liburan satu ini. Apa saja itu?

(wk/eval)

1. Cocok untuk Perjalanan Bisnis


Cocok untuk Perjalanan Bisnis
Pexels/Gustavo Fring

Daycation sangat efisien bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan bisnis. Sebab perjalanan bisnis biasanya dilakukan di luar kota atau bahkan luar negeri untuk memperluas relasi, mencari ide hingga mengembangkan bisnis.

Demi menunjang produktivitas saat sedang melakukan perjalanan bisnis, sebaiknya pilih hotel yang menyediakan fitur daycation. Sebab fasilitas kamar yang ditawarkan benar-benar nyaman dan bisa memanjakan pengunjung. Hal ini tentu sangat cocok bagi kalian yang malas jalan-jalan keluar dan lebih ingin bersantai di dalam kamar hotel.

2. Hemat Biaya


Hemat Biaya
Pexels/Ahsanjaya

Fitur daycation bisa kalian jadikan pilihan jika ingin liburan nyaman dengan budget rendah. Sebab fitur ini memang diperuntukkan bagi mereka yang ingin menginap selama beberapa jam saja, sehingga kalian tidak perlu membayar harga untuk satu malam.

Meski tidak membayar penuh, kalian tetap bisa menikmati semua kenyamanan yang ada di hotel. Dan yang terpenting adalah kalian bisa melepas lelah dengan tidur dan beristirahat selama beberapa jam.

3. Sarana untuk Refreshing dan Me Time


Sarana untuk Refreshing dan Me Time
Pexels/Miriam Alonso

Daycation juga bisa menjadi sarana untuk refreshing di tengah padatnya jadwal harian. Meluangkan waktu satu hari untuk fokus pada kesejahteraan diri sendiri penting dilakukan agar kita bisa tetap "waras" meski digempur dengan banyak pekerjaan atau aktivitas.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan me time atau menghabiskan waktu santai sendirian. Di antaranya adalah meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, menyegarkan tubuh dan pikiran, sarana untuk lebih memahami diri sendiri dan masih banyak lagi.

4. Jadi Tempat Singgah Sebelum Ganti Destinasi


Jadi Tempat Singgah Sebelum Ganti Destinasi
Pexels/Andrea Piacquadio

Terkadang ada banyak kendala yang kita temui saat sedang travelling. Salah satunya adalah penerbangan delay yang bisa berlangsung hingga beberapa jam lamanya.

Daripada menunggu di bandara, tak ada salahnya untuk melepas penat di hotel terdekat dengan menggunakan fitur daycation. Dengan begitu, kalian bisa beristirahat dan tidak perlu pusing melihat orang berlalu-lalang di bandara.

5. Minim Perencanaan


Minim Perencanaan
Pexels/cottonbro

Karena hanya berlangsung selama sehari, kalian tidak perlu membuat banyak rencana untuk melakukan daycation. Cukup pergi ke hotel untuk menginap selama beberapa jam dan kalian bebas melakukan apapun di sana.

Alih-alih menyusun rencana, cukup nikmati waktumu sepuasnya dan jangan biarkan hal lain seperti pekerjaan mengganggu daycation kalian. Selama momen itu kalian bisa sekadar istirahat, bersantai atau bahkan bersenang-senang dengan sekelompok teman.

6. Kesempatan untuk Menikmati Fasilitas Hotel


Kesempatan untuk Menikmati Fasilitas Hotel
Pexels/Rachel Claire

Daycation juga bisa menjadi kesempatan untuk menikmati berbagai fasilitas yang ada di dalam hotel. Mulai dari kasur yang nyaman, televisi hingga berbagai amenities yang telah disiapkan oleh pihak hotel.

Ada banyak pilihan lain yang bisa kamu lakukan jika bosan bersantai di dalam kamar. Misalnya jalan-jalan di area hotel, mengunjungi kolam renang, tempat gym atau sekadar minum teh di area outdoor dengan pemandangan yang indah.

7. Dapat Pengalaman Baru


Dapat Pengalaman Baru
Pexels/Andrea Piacquadio

Di atas segalanya, menikmati perjalanan sehari atau daycation bisa membuatmu merasakan pengalaman baru yang super menyenangkan. Ini bisa menjadi hari bersantai, spa, hingga olahraga yang jarang bisa kita lakukan di hari biasa.

Selain itu, daycation juga bisa menjadi sarana untuk menciptakan momen tak terlupakan bersama orang terdekat, entah itu sahabat, keluarga maupun pasangan. Dengan menghabiskan waktu seharian bersama, kalian akan mengingatnya sebagai hari spesial yang bisa bertahan seumur hidup.

Nah itu dia pengertian singkat daycation beserta manfaatnya. Di artikel berikutnya, WowKeren akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian ikuti jika ingin melakukan liburan satu ini. Stay tune ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait