Simak Tips Cegah Embrace Overpacking Agar Tak Frustasi Kala Liburan
Pexels/Timur Weber
Travel

Embrace Overpacking alias berkemas berlebih saat liburan dapat memicu stres dan frustasi. Agar tak terjadi overpacking, simak 7 tips berikut agar Anda terhindar dari stres kala liburan.

WowKeren - Embrace overpacking alias berkemas berlebih kala traveling dianggap dapat mengganggu aktivitas liburan. Overpacking bahkan dinilai sebagai kesalahan terbesar dalam traveling. Pendapat itu disampaikan oleh pengamat perjalanan Greg Rodgers.

"Overpacking sejauh ini merupakan kesalahan terbesar yang dilakukan wisatawan. Dan begitu Anda mengalami overpacking di perjalanan, pilihannya hanya berjuang membawanya selama perjalanan, memberikannya, atau membuangnya," kata Greg.


Pasalnya, overpacking dapat memicu perasaan stres dan frustasi kala liburan. Kondisi itu hanya akan merusak momen liburan Anda. Penyebab overpacking juga sudah sempat dijelaskan WowKeren di artikel sebelumnya.

Karena itu, WowKeren akan membagikan tips bermanfaat guna menghindari embrace overpacking. Buat sobat WowKeren yang kerap mengalami overpacking, artikel ini kemungkinan cocok untuk Anda. Penasaran bagaimana? Yuk, langsung simak 7 tips mencegah embrace overpacking berikut.

(wk/Sisi)

1. Lakukan Riset


Lakukan Riset
Pexels/Andrea Piacquadio

Pelancong yang hendak bepergian di kota atau negara tertentu diimbau untuk lebih dulu melakukan riset. Calon traveler dapat melakukan riset mengenai iklim di tempat tujuan atau aktivitas apa saja yang hendak Anda lakukan di sana. Travel blogger Tina menyebut cara itu berguna agar Anda tak salah memilih pakaian atau barang bawaan.

"Lakukan riset mengenai iklim tempat tujuan Anda, durasi perjalanan Anda dan aktivitas yang akan Anda lakukan. Lakukan beberapa penelitian. Riset sangat penting jika Anda berencana melakukan aktivitas yang tidak terlalu Anda ketahui," kata Tina.

2. Buat Rencana Liburan Yang Matang


Buat Rencana Liburan Yang Matang
Pexels/Tranmautritam

Jika tak ingin mengalami overpacking, para pelancong disarankan untuk membuat rencana liburan yang matang. Rencana liburan yang matang membantu Anda memilah barang yang harus dibawa atau tidak. Travel blogger bernama Kiki dari The Blonde Abroad menyampaikan saran tersebut.

"Buat Daftar rencana liburan, ini akan membantu Anda mengingat apa yang harus dibawa, pakaian yang dipakai dan rencana perjalanan. Mulailah menuliskan hal-hal penting di daftar rencana. Periksa ulang barang bawaan Anda dengan begitu Anda punya waktu untuk mengingat hal-hal kecil," papar Kiki.

3. Packing Lebih Awal


Packing Lebih Awal
Pxhere

Selanjutnya, calon traveler sangat disarankan untuk tak packing secara dadakan. Berkemaslah lebih awal agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang pakaian atau barang yang hendak dibawa. Hal demikian disampaikan travel blogger bernama Andrea.

"Memberi waktu yang panjang untuk berkemas dapat membantu Anda mengidentifikasi barang-barang yang mungkin perlu Anda siapkan sebelum Anda pergi sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat," kata Andrea.

4. Cari Tempat Laundry Terdekat Bila Bepergian Lama


Cari Tempat Laundry Terdekat Bila Bepergian Lama
Pexels/Ekaterina Belinskaya

Mencuci atau me-laundry pakaian selama liburan juga bisa menjadi tips pintar menghindari overpacking. Dengan begitu, Anda bisa memakai pakaian yang sama dua atau beberapa kali. Pegiat traveling SmarterTravel menyebut cara ini cocok dipakai para pelancong yang berlibur dengan durasi waktu cukup lama.

"Carilah penginapan dengan jasa binatu atau riset tempat laundry terdekat di tempat tujuan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengenakan kembali pakaian bersih Anda sehingga Anda dapat berkemas jauh lebih sedikit," imbau SmarterTravel.

5. Batasi Ukuran Ransel/Koper


Batasi Ukuran Ransel/Koper
Pxhere

Ukuran koper atau ransel menentukan seberapa banyak barang bawaan yang Anda kemas. Jika Anda tak ingin mengalami overpacking, maka disarankan untuk tak memakai koper atau tas berukuran besar. Berbeda bila Anda memakai koper berukuran kecil, maka barang yang hendak dibawa tentu akan mengikuti kapasitas koper. Kritikus Kyle Chayka membenarkan saran tersebut.

"Membatasi ransel atau koper sangat membantu untuk menghindari kelebihan muatan. Tentukan ukuran ransel atau koper yang ingin Anda bawa kemudian kemas sesuai kapasitas ransel atau koper tersebut. Saya memilih koper atau ransel yang lebih kecil untuk traveling dan saya merasa lebih mudah dan lebih sedikit berkemas," saran Kyle.

6. Minimalisir Terlalu Banyak Membawa Barang Elektronik


Minimalisir Terlalu Banyak Membawa Barang Elektronik
Pexels/Pixabay

Sering ditemui para traveler yang membawa berbagai macam gadget atau barang elektronik. Penggunaan barang elektronik yang berlebihan dapat memicu terjadinya overpacking. Karena itu, pilih satu gadget yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saran itu sesuai rekomendasi konten kreator Connie Wang.

"Jangan terlalu banyak membawa barang elektronik. Jika Anda ingin akses internet dan e-reader. Jika Anda menginginkan akses internet dan musik atau hasil kamera yang berkualitas gunakan iPhone atau iPod. Lebih baik lagi, manfaatkan perjalanan Anda sebaik-baiknya dan tinggalkan barang elektronik di rumah," ujar Connie.

7. Tata Pakaian & Barang Bawaan Serapi Mungkin


Tata Pakaian & Barang Bawaan Serapi Mungkin
Pexels/Timur Weber

Terakhir, tata atau gulung pakaian di dalam koper atau ransel serapi mungkin. Letakkan juga barang-barang serapi dan seefisien mungkin. Bila perlu cari tahu dan pelajari cara menata isi koper yang baik dan benar.

Dengan begitu, koper atau ransel Anda dapat memuat lebih banyak barang. Berusahalah hanya membawa satu koper atau ransel untuk traveling. Dengan begitu, perjalanan liburan Anda akan lebih aman dan nyaman.

Nah, itu dia 7 tips guna meminimalisir embrace overpacking. Semoga artikel di atas membantu sobat WowKeren untuk terhindar dari overpacking kala liburan ya. Sampai jumpa di next artikel menarik lainnya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait