Bak Terbelah Jadi 2 Kubu, Muktamar PKB Rupanya Tak Undang 'Pendukung' Gus Dur
Nasional

Sejumlah pihak turut menyoroti sikap elite PKB yang tampak mengabaikan keturunan Gus Dur sebagai pendiri partai. Terbukti dari adanya spanduk protes yang dipasang tidak jauh dari lokasi.

WowKeren - Muktamar V Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah digelar pada Selasa (20/8). Bertempat di International Convention Centre Westin Resort, Nusa Dua, Bali, sosok Muhaimin Iskandar alias Cak Imin kembali terpilih menjadi Ketua Umum PKB.

Namun rupanya agenda yang turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo itu menyisakan sejumlah polemik. Salah satunya soal tidak diundangnya sejumlah kader partai yang mendukung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) hasil muktamar tahun 2005, Lukman Edy, dan Sekjen hasil muktamar tahun 2014, Abdul Kadir Karding yang tak diundang dalam agenda tersebut. Selain itu, keluarga Gus Dur yang notabene merupakan pendiri partai pun tak diundang dalam Muktamar V PKB.

"Paling tidak saya dan Mas Karding," kata Lukman yang juga menjabat sebagai Ketua DPP PKB, Selasa (20/8). "Sedang yang lain di tingkat staf lebih banyak lagi."

Staf yang tak diundang ini, jelas Lukman, kebanyakan adalah lingkaran terdekat Karding. Menurutnya, tindakan ini masih berkaitan dengan kegagalan PKB menjadikan Cak Imin sebagai Capres atau Cawapres pada Pemilu 2019.


"Kok sepertinya masih ada dendam pasca Pilpres?" ujar Lukman, dikutip dari Tirto, Rabu (21/8). "Yang dikembangkan masih narasi tidak puas di Pilpres 2019 soal penentuan Capres dan Cawapres."

Namun informasi ini langsung dibantah oleh Ketua Steering Committee (SC) Muktamar V PKB, Ida Fauziah. Ia memastikan seluruh pengurus DPP dan DPW PKB diundang ke acara tersebut.

Menurutnya, setiap pengurus di tingkat DPP dan DPW mendapat lima undangan. Undangan Muktamar V PKB pun turut diberikan kepada keluarga Gus Dur.

"Pengurus DPP diundang semua, saya SC," tegas Ida, Selasa (20/8). "Semua diundang."

Cak Imin pun turut mengomentari soal dugaan riak dalam Muktamar V PKB tersebut. Menurutnya, seluruh pengurus teras PKB adalah panitia Muktamar V sehingga tak perlu surat undangan formal.

Oleh karena itu, menurutnya, ketidakhadiran Lukman dan Karding dalam Muktamar V PKB hanyalah upaya mencari perhatian. "Itu cari-cari akal saja, cari perhatian saja," pungkas Cak Imin di sela-sela acara.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru