Gibran Anak Jokowi 'Dinyinyiri' Karena Dapat Suntikan Modal Jumbo Rp 71 M, Ini Cerita di Baliknya
Instagram/goola.id
Nasional

Gibran menilai tak ada yang aneh dari bisnisnya yang mendapat suntikan modal dari Alpha JWC Ventures. Pasalnya, firma tersebut juga pernah menyuntik modal ke Kopi Kenangan.

WowKeren - Bisnis baru putra sulung Presiden Joko Widodo, yakni Gibran Rakabuming, yang bernama Goola diketahui mendapat kucuran dana fantastis senilai USD 5 juta atau Rp 71 miliar. Dana tersebut berasal dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures.

Namun sayangnya, startup minuman tersebut justru dicemooh. Banyak yang mempertanyakan bagaimana sebuah bisnis minuman tradisional bisa mendapat modal sebesar itu. Ada pula pihak yang mengaitkannya dengan status Gibran sebagai anak seorang Presiden.

Menanggapi hal tersebut, Gibran tak ambil pusing. Ia menilai tak ada yang aneh dari bisnisnya yang mendapat suntikan modal dari Alpha JWC Ventures. Pasalnya, firma tersebut juga pernah menyuntik modal ke Kopi Kenangan.

"Yang jelas kita harus berkaca dengan keberhasilan Kopi Kenangan yang disuntik Alpha JWC juga," tutur Gibran dilansir detikFinance pada Kamis (22/8). "Saya juga baru pulang dari Shanghai, kita bisa berkaca sama Hey Tea atau Luckin Coffee."

CEO Goola sekaligus partner Gibran, Kevin Susanto, lantas menceritakan asal mula bisnis mereka mendapat kucuran dana tersebut. Investasi tersebut rupanya bermula kala mereka menggelar acara "Kebangkitan Minuman Asli Indonesia" yang bertepatan dengan pembukaan gerai Goola di Pacific Place dan Plaza Indonesia pada 5 Juli 2019 lalu.


"Awalnya, bisnis ini kami mulai sebagai bisnis F&B (bisnis kuliner) tradisional. Tapi, di sisi lain kami juga bermimpi untuk bisa mendapat suntikan modal seperti Kopi Kenangan agar bisa membawa Goola ke tahap selanjutnya dan go international," terang Kevin. "Nah keinginan untuk betul-betul mewujudkan mimpi ini muncul setelah acara 'Kebangkitan Minuman Asli Indonesia' bulan Juli lalu."

Kevin menilai kala itu banyak masyarakat yang tertarik dengan acara tersebut lantaran baru sadar Indonesia memiliki produk minuman tradisional yang setaraf dengan bubble tea atau thai tea. Setelah acara tersebut, ada satu pihak yang memberitahu Alpha JWC Ventures soal peluncuran Goola.

"Jadi setelah acara tersebut, Goola menjadi pembicaraan banyak orang dan menjadi topik pembicaraan umum. 'Oh, minuman Indonesia ternyata keren juga!'," lanjut Kevin. "Lalu salah seorang kawan saya mengenalkan Goola pada Alpha JWC dan menceritakan bahwa kami sedang memikirkan fundraising, dan ternyata mereka tertarik. Terus akhirnya di-setup-lah meeting. Jadi kira-kira setelah 1 setengah minggu langsung deal, langsung set semuanya"

Rupanya, yang tertarik untuk mengucurkan dana ke Goola bukan hanya Alpha JWC Ventures saja. Namun, Gibran dan Kevin memilih Alpha JWC Venture lantaran melihat rekam jejaknya dalam menyuntik modal ke startup minuman.

"Selain Alpha, ada modal ventura lain yang juga nawarin, tapi saya enggak enak sebutnya. Ada 3-4 modal ventura yang nawarin, tapi kita pilihnya Alpha," pungkas Kevin. "Karena kita lihat Alpha bisa hands on lah, maksudnya sudah ada bukti di Kopi Kenangan, sudah ada bukti lah. Jadi finally kita, mas Gibran dan saya, settle kalau kita go with Apha JWC."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts