Mual Bikin Enggak Bisa Makan? Intip 8 Tips Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil
Health

Rasa mual ini bisa datang kapan saja sehingga mengganggu aktivitas sang ibu. Tak hanya itu, ibu hamil juga tak jarang menjadi susah makan yang mengakibatkan lemas dan kurang nutrisi.

WowKeren - Rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil atau yang kerap disebut morning sickness memang bukan pengalaman yang menyenangkan. Rasa mual ini bisa datang kapan saja sehingga mengganggu aktivitas sang ibu. Tak hanya itu, ibu hamil juga tak jarang menjadi susah makan yang mengakibatkan lemas dan kurang nutrisi.

Perubahan hormon pada trimester pertama kehamilan diduga menjadi salah satu penyebab morning sickness. Beberapa pakar menduga bahwa ada kaitannya dengan hormon Human chorionic gonadoptrin (hCG) dengan terjadinya morning sickness. Hormon tersebut terbentuk selama masa kehamilan dan dihasilkan oleh plasenta. Hormon inilah yang menjaga kehamilan dan menjaga produksi hormon kehamilan lainnya, yaitu progesteron, tetap stabil.


Selain disebabkan oleh hormon, morning sickness juga diduga dipengaruhi oleh kemampuan indera penciuman wanita hamil yang meningkat secara signifikan. Hal ini membuat ibu hamil sensitif terhadap bau dan kondisi ini dapat memicu rasa mual.

Beberapa dokter biasanya meresepkan beberapa suplemen untuk mengurangi mual tersebut. Namun para ibu bisa melakukan penanganan sendiri dirumah dengan beberapa tips berikut. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 8 tips mengatasi morning sickness pada ibu hamil. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Bangun Tidur Dengan Perlahan Agar Mual Tidak Datang


Bangun Tidur Dengan Perlahan Agar Mual Tidak Datang

Jika bangun tidur, jangan langsung bangun dengan tergesah-gesah. Gerakan yang tiba-tiba saat bangun dari tempat tidur di pagi hari bisa memicu mual. Tak hanya mual, kalian mungkin saja merasa pusing atau keliyengan.

Saat bangun lebih baik diam sebentar diatas tempat tidur lalu coba duduk dengan perlahan. Sebelum benar-benar bangun, duduklah sejenak dari posisi tiduran di tempat tidur kalian. Setelah kalian merasa sudah sepenuhnya bangun dan semuanya baik-baik saja, baru beranjak dari kasur dan berdiri.

2. Ciumlah Aromoterapi Yang Segar Untuk Mengurangi Mual


Ciumlah Aromoterapi Yang Segar Untuk Mengurangi Mual

Hidung ibu hamil sangat sensitif, mencium aroma segar dapat membantu kalian menghindari mula saat pagi. Buka jendela rumah dan biarkan udara serta sinar matahari masuk adalah hal yang baik. Tariklah napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Atau kalian bisa memberikan berbagai aromaterapi seperti lemon atau daun rosemary yang segar.

Selain itu aromaterapi seperti peppermint atau lavender juga bisa membantu mengatasi mual. Para ahli percaya bahwa minyak aromaterapi ini membantu melemaskan otot-otot lambung dan mengurangi kram atau kontraksi berlebih. Para ibu hanya perlu menghirup uapnya agar perasaan mual mereda.

3. Sedia Biskuit Sebagai Cemilan Agar Perut Tetap Terisi Makanan


Sedia Biskuit Sebagai Cemilan Agar Perut Tetap Terisi Makanan

Perlu diketahui bahwa salah satu hal yang bisa memicu terjadinya morning sickness adalah perut yang kosong. Oleh sebab itu, meski susah untuk makan usahakan untuk perut tetap terisi makanan agar tidak tambah mual. Sediakan selalu camilan ringan saat kalian bepergian. Salah satu camilan yang membantu mengenyangkan sekaligus praktis adalah biskuit.

Ketika bangun tidur di pagi hari, sebelum beranjak dari tempat tidur, cobalah langsung makan sedikit roti kering atau biskuit. Makan beberapa keping biskuit dapat membantu meringankan mual di pagi hari karena sebagian besar produk biskuit mengandung pati yang tinggi. Pati dalam biskuit, khususnya yang tawar, dapat membantu menyerap asam lambung dan meredakan mual.

4. Konsumsi Jahe dan Minuman Hangat Agar Perut terasa Nyaman


Konsumsi Jahe dan Minuman Hangat Agar Perut terasa Nyaman

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang bisa kalian olah menjadi minuman hangat seperti teh. Jahe juga dipercaya sebagai obat mual alami baik untuk ibu hamil maupun tidak. Jahe juga bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan hanya dengan menambahkan gula merah ke dalamnya.

Studi ilmiah juga menunjukkan bahwa jahe membantu memperbaiki pencernaan. Jadi untuk mengatasi mual berlebih, cobalah membuat teh jahe hangat. Minuman hangat ditambah dengan aroma jahe akan membuat perut menjadi nyaman dan tak terasa mual. Jika sulit menyiapkan jahe kalian bisa menyediakan permen jahe saat mual tiba-tiba melanda.

5. Makan Dengan Porsi Sedikit Namun Sering Agar Perut Tidak Mual Mendadak


Makan Dengan Porsi Sedikit Namun Sering Agar Perut Tidak Mual Mendadak

Ibu hamil biasanya sering merasa lapar. Seorang wanita yang hamil biasanya merasa lapar setiap 1-2 jam sekali. Namun perlu diketahui jika sebaiknya ibu hamil tidak memakan makanan dengan porsi besar sekaligus. Hal ini akan membuat perut kaget sehingga menimbulkan rasa mual yang tiba-tiba.

Sebaliknya makanlah dengan porsi sedikit namun berkala. Setiap merasa lapar kalian bisa makan secukupnya. Hal ini membuat perut mencerna nutrisi yang ada tanpa membuat rasa mual muncul kembali. Intip juga tips sehat saat kemarau di sini. Selain itu, simak juga tips menyimpan makanan di kulkas di sini.

6. Jika Susah Makan Karena Mual, Cobalah Makan Pisang Yang Menyehatkan


Jika Susah Makan Karena Mual, Cobalah Makan Pisang Yang Menyehatkan
Shutterstock

Ibu hamil memang akan mudah lapar, namun rasa mual membuat mereka jadi susah untuk menikmati makanannya. Padahal nutrisi untuk ibu hamil harus tetap terpenuhi. Kalau sudah begini kalian harus mencari makanan alternatif, salah satunya buah pisang.

Selain mudah dikonsumsi, buah yang satu ini juga mengenyangkan dan penuh akan kandungan nutrisi penting. Kalian menjadikannya sebagai menu sarapan yang sehat, termasuk untuk mencegah mual melanda. Pisang dapat membantu mengatasi morning sickness karena kandungan potasiumnya. Potasium yang tinggi dalam pisang dapat membantu meredakan mual yang mengganggu.

7. Perbanyak Istirahat Agar Tubuh Menjadi Bugar


Perbanyak Istirahat Agar Tubuh Menjadi Bugar
Shutterstock/Elena Vasilchenko

Terkadang solusi terbaik untuk mual adalah yang paling sederhana yakni tidur dan beristirahat. Cobalah berbaring dan memejamkan mata. Hirup napas dalam-dalam dan beristirahatlah. Selain itu kelelahan biasanya juga bisa memicu mual.

Untuk itu, beristirahatlah kapan pun ketika kalian merasa lelah dan jangan memaksakan diri untuk terus beraktivitas. Buat diri serileks mungkin di rumah dan jangan berkegiatan terlalu banyak seperti saat sebelum hamil. Ingatlah bahwa tubuh memiliki beban dua kali lebih berat dibandingkan dengan biasanya.

8. Minum Banyak Air Putih Agar Tubuh Terhindar Dari Dehidrasi


Minum Banyak Air Putih Agar Tubuh Terhindar Dari Dehidrasi

Pemicu morning sickness lain yang kerap terlupakan adalah dehidrasi. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu minum air putih secara teratur saat hamil. Selain itu, Jika terus-terusan mual dan muntah saat hamil membuat kalian kehilangan banyak cairan tubuh.

Itu sebabnya, minum yang banyak bisa menghindarkan kalian dari perasaan mual dari dehidrasi. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan banyak air untuk bisa berfungsi secara efektif. Ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, beberapa organ tidak dapat bekerja optimal. Sediakan selalu botol air minum saat kalian bepergian agar tidak lupa untuk rutin minum, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru