Kemarau Bikin Gampang Sakit? Enggak Usah Khawatir, Intip 7 Tips Jaga Kesehatan di Musim Panas
Health

Saat kepanasan berbagai penyakit bisa datang karena sistem imun ikut menurun. Selain itu, sering terpapar sinar matahari juga bisa menyebabkan sakit kepala hingga stres loh.

WowKeren - Indonesia termasuk negara tropis yang memiliki 2 musim yakni musim panas (kemarau) dan musim hujan. Tak heran jika hampir setengah tahun Indonesia akan dihujani dengan sinar matahari. Tak tanggung-tanggung, saat musim kemarau suhu di Indonesia bisa mencapai 38 derajat celsius loh.

Hal ini tentu mempengaruhi kesehatan tubuh. Saat kepanasan berbagai penyakit bisa datang karena sistem imun ikut menurun. Selain itu, sering terpapar sinar matahari juga bisa menyebabkan sakit kepala hingga stres loh.


Untuk mencegah sakit saat musim panas, kalian sebaiknya melakukan serangkaian tips yang telah tim WowKeren rangkum berikut. Yuk disimak 7 tips untuk menjaga kesehatan di musim kemarau berikut!

1. Tidur Yang Cukup Bisa Bantu Jaga Kesehatan


Tidur Yang Cukup Bisa Bantu Jaga Kesehatan

Buat kalian yang sering begadang, lebih baik hindarilah kebiasaan ini. Untuk jaga kesehatan di musim kemarau kalian disarankan untuk istirahat yang cukup agar badan menjadi sehat dan segar kembali. Selain itu, istirahat juga dapat mengontrol stres, hati, pikiran, dan masalah sejenak.

Rata-rata kebutuhan tidur orang dewasa adalah 8 jam per hari. Dengan tidur cukup 8 jam per hari, tubuh memiliki waktu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Nah jika sudah begitu, daya tahan tubuh akan terbentuk dan tubuh akan tetap fit pada musim apapun.

2. Penuhi Asupan Cairan Tubuh Dan Jangan Sampai Dehidrasi


Penuhi Asupan Cairan Tubuh Dan Jangan Sampai Dehidrasi

Pada musim panas, metabolisme tubuh kalian akan meningkat sehingga akan menimbulkan keringat. Nah saat berkeringat, cairan tubuh juga akan berkurang dan pada akhirnya akan menimbulkan dehidrasi. Usahakan untuk minum air 8 gelas sehari. Kalian juga bisa menambahkan buah beri, daun mint atau potongan jeruk nipis ke dalam air minum.

Sesekali juga tambah asupan cairan dengan air kelapa atau jus lemon. Jika sudah cukup minum, kalian bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, mentimun atau tomat. Jangan anggap sepele dehidrasi karena bisa bikin pusing, pingsan, gangguan pencernaan, dan bahkan kematian loh.

3. Gunakan Pakaian Yang Ringan Agar Tidak Gerah


Gunakan Pakaian Yang Ringan Agar Tidak Gerah

Sudah pasti saat musim panas kalian tidak dianjurkan untuk memakai pakaian yang tebal dan berat. Hal ini karena tentunya bakal membuat kalian makin gerah karena udara panas. Katun adalah bahan baju terbaik yang digunakan pada musim panas. Katun dapat menyerap keringat sehingga kita akan merasa sejuk sepanjang hari.

4. Jangan Lupakan Sarapan Karena Bisa Bantu Berikan Energi


Jangan Lupakan Sarapan Karena Bisa Bantu Berikan Energi

Saat musim kemarau segala kegiatan akan terasa berat karena energi kalian cepat terkuras. Hal ini karena cuaca yang panas bisa menguras energi. Oleh karena itu kalian dianjurkan untuk memiliki asupan energi tambahan yakni lewat sarapan bergizi.

Sarapan sangat penting untuk memenuhi tenagamu selama seharian. Jika kalian sangat sibuk di pagi hari, berhentilah sebentar untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung protein tinggi, buah atau biji-bijian supaya metabolisme meningkat.

5. Makan Makanan Bergizi Untuk Penuhi Asupan Gizi


Makan Makanan Bergizi Untuk Penuhi Asupan Gizi

Pastikan untuk makanan dengan nutrisi terpenuhi untuk menghadapi musim panas. Pilihlah makanan sehat seperti buah dan sayur untuk dikonsumsi setiap hari. Jika kalian ingin mengadakan barbeque bersama teman, pilihlah ikan segar dan ayam, daripada daging berlemak tinggi.

Kalian juga bisa mencoba beberapa jenis sayur yang bisa dibakar. Jika tak sempat, kalian juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dengan membuat sayur atau buah menjadi minuman. Buat smoothies dari campuran buah dan sayur yang bisa kalian bawa ke mana-mana dan di minum kapan saja.

6. Olah Raga Teratur Adalah Kunci Utama Kesehatan


Olah Raga Teratur Adalah Kunci Utama Kesehatan

Meskipun cuaca sedang tidak bersahabat, luangkanlah waktu 30 menit untuk berolahraga. Kalian harus terbiasa menggerakkan seluruh tubuh agar tidak kaku dan supaya tubuh menjadi segar. Hidup sehat bukan hanya berasal dari makanan, tapi juga harus diimbangi dengan berolahraga.

Atau kalian juga bisa berolahraga ketika cuaca tidak begitu panas. Kalian bisa bersepeda, jalan kaki, lari atau naik-turun tangga ketika beristirahat kerja. Selain itu, berolahraga juga bisa meningkatkan energi di hari berikutnya loh.

7. Jangan Lupa Untuk Minum Vitamin


Jangan Lupa Untuk Minum Vitamin

Terkadang makanan saja tidak mencukupi nutrisi dalam tubuh. Minum vitamin dianjurkan untuk menyeimbangkan porsi nutrisi tersebut. Selain itu, rutin meminum vitamin juga membuat tubuh kita lebih terlindung dari beberapa penyakit yang menyerang ketika musim panas.

Intip juga tips menjaga kesehatan bagi yang sering lembur di kantor di sini. Jangan lupa juga untuk intip tips diet bagi penderita maag di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...