Tak Mau Mudah Lelah? Ini 9 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Buat yang Sering Lembur di Kantor
Health

Perlu kalian tahu bahwa lembur sangat lekat dengan gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya begadang, makan telat, mengonsumsi kopi berlebihan, jarang bergerak dan masih banyak lagi.

WowKeren - Lembur merupakan hal yang mungkin sudah tidak asing lagi buat kalian yang bekerja di sebuah perusahaan. Lembur terpaksa dilaksanakan lantaran pekerjaan yang harus diselesaikan tepat waktu atau tuntutan bos kalian.

Perlu kalian tahu bahwa lembur sangat lekat dengan gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya begadang, makan telat, mengonsumsi kopi berlebihan, jarang bergerak dan masih banyak lagi. Tubuh akan terserang penyakit jika kalian melakukannya hanpir setiap hari atau telah menjadi rutinitas.


Tak hanya berimbas pada kesehatan fisik, lembur juga berbahaya bagi mental kalian, lho. Kejiwaan bisa terganggu sehingga menyebabkan kalian stres bahkan depresi.

Nah, buat yang tidak bisa meninggalkan kegiatan lemburnya, kalian dapat mencoba lakukan 9 tips ini. Yuk jaga kesehatan fisik dan mental kita!

(wk/nris)

1. Konsumsi Air Putih Secara Rutin dan Secukupnya


Konsumsi Air Putih Secara Rutin dan Secukupnya

Tips pertama yang harus kalian lakukan adalah mengonsumsi air putih secukupnya. Saat lembur, tentu kalian menjadi lebih sering duduk. Nah, menjaga diri tetap terhidrasi sangat penting agar produktivitas, energi dan kesehatan tidak menurun, lho.

Air akan membuat kalian tetap fokus, waspada dan segar sehingga dapat berpikir jernih. Selain itu, dengan mengonsumsi air, kalian menyempatkan diri untuk bergerak mengambilnya. Jadi, kegiatan lembur tak hanya diisi dengan duduk saja, deh.

2. Sering Lembur? Jangan Telat Makan, ya


Sering Lembur? Jangan Telat Makan, ya

Selain minum, asupan makanan tentu jadi hal yang sangat penting. Meski sangat sibuk, jangan pernah telat bahkan melupakan makan malam, ya. Pasalnya, laju metabolisme akan otomatis melambat di malam hari. Maka dari itu, kalian disarankan untuk tidak mengonsumsi makan malam sebelum jam 8.

Makan tepat waktu juga merupakan salah satu cara menjaga berat badan kalian agar tidak naik berlebihan. Kalian juga harus mengonsumsi makanan seperlunya. Makan berlebihan dapat memperlambat sistem pencernaan serta meningkatkan risiko terkena penyakit serius seperti diabetes.

3. Pilih Buah Sebagai Camilan di Kantor


Pilih Buah Sebagai Camilan di Kantor

Tak lengkap rasanya jika lembur tanpa camilan. Beberapa jam di antara waktu makan dapat menyebabkan kadar gula darah menurun dan membuat ingin mengunyah makanan yang manis-manis. Nah, kalian sebaiknya mengganti camilan tidak sehat dengan buah-buahan saja.

Hindari makanan manis, berlemak, pedas dan mengandung banyak garam. Jenis makanan tersebut termasuk sulit dicerna tubuh sehingga membuat kalian lapar lagi. Sedangkan buah-buahan yang mengandung pemanis alami dan serat yang banyak akan membuat energi kembali dan berat badan tak mudah baik.

4. Hindari Konsumsi Kafein Berlebihan


Hindari Konsumsi Kafein Berlebihan

Ngantuk saat lembur merupakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi. Namun, sebaiknya batasi mengonsumsi kopi setiap hari. Terutama menggunakan gula dan krimer untuk mengurangi kalori di dalam tubuh.

Meskipun terlihat sangat membantu saat mengantuk, konsumsi kafein secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan. Pasalnya, mengonsumsi lebih dari satu cangkir kopi dalam satu malam dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi dan insomnia, lho.

5. Sesekali Berjalan ke Luar Ruangan


Sesekali Berjalan ke Luar Ruangan

Berada di dalam ruangan lebih dari 8 jam dalam sehari akan mengurangi paparan sinar matahari dan udara segar. Sinar matahari dapat memicu produksi vitamin D dalam tubuh dan udara segar memperbaiki kualitas bernapas dan aliran darah. Maka dari itu, sesibuk apapun kalian sempatkan diri untuk berjalan ke ruangan terbuka untuk mendapatkan sinar matahari dan udara segar.

Selain itu, kalian juga dapat melakukan beberapa gerakan olahraga ringan yang dapat dilakukan di kantor. Simak di sini. Intinya, jangan membiarkan tubuh tidak aktif bergerak.

6. Sempatkan Olahraga di Pagi Hari


Sempatkan Olahraga di Pagi Hari

Nah, meski sering lembur, berolahraga di pagi hari merupakan kegiatan baik yang penting untuk dilakukan. Olahraga akan membantu tubuh tetap bugar sehingga kalian tidak mudah lelah. Selain itu, rutin berolahraga juga membuat otot dan otak dapat bekerja dengan baik. Kalian juga enggak bakal mudah ngantuk, lho.

7. Rajin Cuci Tangan atau Siapkan Hand Sanitizer di Meja Kantor


Rajin Cuci Tangan atau Siapkan Hand Sanitizer di Meja Kantor

Mencuci tangan merupakan kegiatan simpel yang sering disepelekan banyak orang. Padahal, dengan rajin mencuci tangan dapat mencegah diri kita terkena penyakit. Mencuci tangan sebaiknya dilakukan sebelum melakukan sesuatu misalnya sebelum makan dan setelah melakukan sesuatu misalnya buang air kecil.

Selain itu, kalian dapat mempersiapkan hand sanitizer di meja kantor. Jadi, kalian tak perlu repot untuk pergi mencuci tangan. Simak pula life hack memanfaatkan hand sanitizer di sini. Bisa buat banyak hal, lho.

8. Bersihkan Meja Kantor dari Debu dan Kotoran


Bersihkan Meja Kantor dari Debu dan Kotoran

Perlu kalian tahu bahwa meja kerja bisa ratusan kali lebih jorok dibandingkan dudukan toilet? Bermacam-macam bakteri akan menumpuk jika kalian tidak rajin membersihkannya. Setiap hari sebelum pulang kerja, kalian harus membersihkan beberapa permukaan seperti meja kerja, komputer dan keyboard yang menjadi tempat bakteri lebih banyak bersarang.

9. Kendalikan Stres Jika Sering Lembur


Kendalikan Stres Jika Sering Lembur

Sering lembur akan membuat kalian mudah terjangkit stres. Untuk mengendalikan stres, kalian dapat melakukan kegiatan seperti meluangkan waktu bersama keluarga, melakukan hobi dan berolahraga. Jaga keseimbangan kesehatan mental kalian, ya.

Nah, untuk mengatasi stres, kalian dapat menggunakan aroma terapi yang dapat menenangkan pikiran. Simak di sini. Simak pula tanda-tanda kalian tengah mengalami stres berat di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru