7 Jenis Aroma Terapi untuk Menenangkan Pikiran dan Meredakan Stres
Shutterstock
Lifestyle

Coba menghilangkan stres dengan aroma terapi, yuk.

WowKeren - Stres merupakan gangguan mental yang tidak boleh dibiarkan begitu saja lantaran dapat berujung depresi. Stres juga membuat seseorang tidak fokus saat melakukan kegiatan sehari-hari.

Untuk mengatasi stres agar tak berakhir depresi, kalian dapat melakukan beragam cara. Mulai dari membagikan beban dengan orang terdekat, memelihara hewan, berjalan-jalan, minum vitamin dan masih banyak lagi.


Nah, cara lain untuk meredakan stres adalah dengan menghirup aroma terapi. Beberapa wewangian terapi dianggap mampu untuk membantu kita menenangkan pikiran. Kalian dapat menggunakannya melalui berbagai media, seperti lilin, minyak esensial, parfum dan lainnya.

Berikut 7 aroma terapi yang ampuh meredakan stres. Simak ulasannya di sini.

(wk/nris)

1. Gunakan Aroma Terapi Mawar untuk Menghilangkan Stres


Gunakan Aroma Terapi Mawar untuk Menghilangkan Stres

Mawar menjadi salah satu jenis bunga favorit sebagian orang. Selain bentuknya dan warnanya yang indah, aroma mawar sangat menyegarkan.

Aroma mawar dapat merangsang pikiran dan meningkatkan rasa damai, ketenangan dan kesejahteraan dalam tubuh. Suasana hati yang murung dapat berubah karena aromanya juga meningkatkan sistem peredaran darah dan membantu kinerja saraf. Sangat baik untuk melawan depresi dan meningkatkan rasa senang.

2. Aroma Peppermint Cocok untuk Meningkatkan Konsentrasi


Aroma Peppermint Cocok untuk Meningkatkan Konsentrasi

Aroma pepermint mungkin sudah tidak asing untuk kalian. Pepermint memang sudah banyak digunakan untuk berbagai produk, mulai dari sabun, parfum, sampo dan masih banyak lagi. Pepermin rupanya dapat meningkatkan konsentrasi kita saat dalam keadaan stres.

Aromanya yang segar membantu menjernihkan pikiran dan kebahagiaan. Selain itu, rasa dingin dari aroma pepermint ini dapat meredakan perasaan kelelahan mental dan kegelisahan. Coba gunakan aroma ini di beberapa bagian tubuh kalian saat sedang merasa jenuh.

3. Lavender Telah Banyak Digunakan pada Berbagai Produk


Lavender Telah Banyak Digunakan pada Berbagai Produk

Lavender Telah Banyak Digunakan pada Berbagai Produk

Aroma lavender juga diketahui ampuh untuk menjadi obat penderita insomnia atau kesulitan tidur. Aroma tumbuhan ini membuat seseorang jauh lebih rileks dan tenang. Efek yang ditimbulkan membuat otot-ototo tubuh jadi lebih renggang dan tidak kaku sehingga tidur pun lebih nyaman.

Fungsi lain aroma lavender adalah untuk mengusir nyamuk. Seperti kalian ketahui, telah banyak produk pembasmi nyamuk yang menggunakan tanaman ini sebagai bahan dasarnya.

4. Wangi Cinnamon Alias Kayu Manis


Wangi Cinnamon Alias Kayu Manis

Beberapa penelitian telah menemukan cinnamon atau dalam bahasa Indonesia kayu manis dapat memberikan efek kesehatan untuk otak. Mencium aroma kayu manis dapat merangsang dan meningkatkan fungsi kognitif dan memori otak. Jadi, ketika kalian merasa stres dan tidak dapat berpikir, cobalah untuk menghirup aroma kayu manis.

Selain itu, aroma kayu manis dapat menenangkan otot dan persendian setelah menjalankan aktivitas yang berat. Kayu manis juga akan memberikan dorongan energi positif saat kalian merasa lelah baik mental maupun fisik.

5. Aroma Bergamot Dapat Meredakan Stres


Aroma Bergamot Dapat Meredakan Stres

Bergamot merupakan minyak esensial yang memiliki aroma citrus yang diekstrak dari pohon Citrus Beragamia. Aroma ini banyak digunakan untuk mengatasi stres, depresi, gelisah hingga infeksi kulit. Selain itu, aroma bergamot dapat menyehatkan liver, meningkatkan fungsi pencernaan dan membuat perasaan lebih nyaman.

6. Rosemary Baik Digunakan untuk Aroma Terapi


Rosemary Baik Digunakan untuk Aroma Terapi

Aroma minyak rosemary memiliki manfaat sebagai antidepresan dan membuat fungsi otak lebih aktif. Rosemary juga dapat melemaskan otot-otot tubuh yang tegang sehingga stres dapat hilang. Selian itu, aroma tumbuhan ini akan meredakan otot kram, sakit kepala dan migrain, lho.

7. Aroma Cokelat Cocok Bagi Kalian yang Sedang Diet


Aroma Cokelat Cocok Bagi Kalian yang Sedang Diet

Cokelat merupakan makanan favorit banyak orang. Rupanya selain memiliki rasa yang nikmat, cokelat juga mempunyai aroma yang dapat menenangkan pikiran, lho. Aroma ini akan membuat kalian lebih berenergi dan bersemangat melakukan aktivitas harian.

Selain itu, bagi kalian yang sedang diet, aroma cokelat akan memberikan manfaat besar, nih. Penelitian pada tahun 2010 menemukan bahwa mencium aroma cokelat bisa menurunkan tingkat ghrelin dalam tubuh. Ketika kadar hormon pemicu lapar berkurang, mana nafsu untuk menyantap makanan juga akan hilang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru