7 Tips Hadapi Depresi dengan Mudah Agar Tak Berakhir Seperti Selena Gomez
Health

Jangan sedih berlarut, atasi perasaan depresimu dengan beberapa cara berikut agar tidak semakin parah.

WowKeren - Artis Selena Gomez datang dengan kabar yang cukup mengejutkan. Mantan kekasih Justin Bieber tersebut dikabarkan kembali dilarikan ke rumah sakit karena kondisi emosi yang tidak stabil. Selena disebut mengalami gangguan emosional berupa kecemasan dan depresi.

Pasca Selena dikabarkan masuk rumah sakit, Justin terlihat "berantakan". Ia tertangkap kamera tengah mengunjungi sebuah gereja di Los Angeles sendirian. Usai melakukan kebaktian, Justin terlihat dipeluk oleh beberapa temannya untuk memberikan ketenangan. Justin juga terlihat menutupi wajah dan menghindari sorotan paparazi.


Kecemasan dan depresi yang diderita Selena sepertinya lumayan parah. Bagaimana tidak, bintang "Monte Carlo" ini dilarikan ke rumah sakit selama 2 kali dalam sepekan terakhir.

Ya, depresi memang merupakan penyakit mental yang cukup menyiksa. Penderitanya biasanya dicirikan mengalami perasaan murung, gelisah, kesal, dan beberapa emosi lain yang bercampur aduk menjadi satu. Tidak hanya sebentar, emosi yang tidak stabil pada penderita depresi biasanya berlangsung cukup lama.

Depresi bisa muncul pada siapa saja, baik pada anak-anak muda maupun orang dewasa. Ketika gangguan depresi ini sudah terus-terusan muncul, tak sedikit penderitanya yang melakukan bunuh diri.

Jika sudah demikian, depresi tak bisa disembuhkan seorang diri. Berbagai dukungan dari teman dan juga keluarga sangat dibutuhkan untuk penderita depresi.

Tak ingin kasus depresi yang sama menyerangmu seperti Selena? Akan lebih baik jika kamu menerapkan tips-tips mudah berikut ini. Apalagi jika kamu sudah menemukan tanda-tanda kamu merasakan depresi. Yuk, langsung saja simak tips mudah mengatasi perasaan depresi.

1. Temukan Orang yang Bisa Kamu Percaya untuk Diajak Mengobrol


Temukan Orang yang Bisa Kamu Percaya untuk Diajak Mengobrol

Gangguan seperti depresi biasanya muncul lantaran kamu memendam banyak beban sendirian. Ringankan berbagai pikiran yang menghantuimu dengan bercerita. Temukan beberapa orang yang kamu rasa bisa dipercaya untuk mengobrol dan berbagi cerita.

Dengan bercerita, kamu bisa mengeluarkan aura dan energi negatif yang ada akibat depresi. Tak perlu langsung diceritakan semua, kamu bisa mengeluarkan bebanmu dengan mengobrol setahap demi setahap.

Mengobrol dengan orang lain juga sekaligus membuatmu mendapatkan dukungan secara emosional. Jika sulit untuk membuka diri dengan orang lain, jangan biarkan perasaan tersebut terus menguasaimu. Segera coba membuka diri untuk mendapatkan masukan, saran, dan bantuan dari orang lain.

2. Coba Miliki Hewan Peliharaan yang Lucu


Coba Miliki Hewan Peliharaan yang Lucu

Memiliki hewan peliharaan yang lucu juga bisa menjadi caramu untuk melawan perasaan depresi yang menyiksa. Dengan memelihara hewan, kamu bisa menyetabilkan emosimu dan menurunkan tingkat depresi.

Berdasarkan saran psikolog, memelihara hewan lebih bisa menurunkan kadar depresi daripada tidak. Oleh karena itu, tak ada salahnya memiliki seekor atau beberapa hewan peliharan bersamamu. Selain lucu, hewan-hewan jinak ini juga bisa menemani keseharianmu. Diketahui, perasaan depresi juga bisa muncul lantaran kesepian.

3. Keluar Rumah dan Jangan Mengisolasi Dirimu


Keluar Rumah dan Jangan Mengisolasi Dirimu

Tips mudah lain untuk menghindari depresi adalah dengan keluar rumah. Lihat dunia luar dan jangan mengisolasi dirimu sendirian. Dengan melihat dunia luar kamu tidak akan lagi merasa kesepian. Temukan beberapa hal yang bisa menarik perhatianmu.

Tak hanya sekadar keluar rumah, kamu juga bisa pergi berlibur bersama dengan beberapa teman. Namun, jika masih terasa sulit, kamu bisa melakukannya sesederhana berjalan-jalan di sekita rumahmu. Coba sapa beberapa tetangga dan temukan teman baru.

Dengan keluar rumah, kamu juga bisa menghirup udara segar. Jika hanya terus berada di rumah, kamu bisa-bisa malah semakin tertekan dan kesepian.

4. Menambah Asupan Vitamin B untuk Hindari Depresi


Menambah Asupan Vitamin B untuk Hindari Depresi

Selain beberapa kegiatan mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghindari depresi, kamu juga bisa melakukannya dengan memperhatikan asupan nutrisi. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi vitamin B dan vitamin B-12.

Kedua jenis vitamin tersebut dipercaya dapat membantu memproduksi senyawa kimia dalam otak yang memengaruhi suasana hati. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, kekuarangan asupan vitamin B seringkali dikaitkan dengan penderita depresi.

Mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B bisa menjadi solusi mudah untuk mencegah gangguan depresi. Untuk itu, tambahlah konsumsi makanan seperti ikan salmon, keju Swiss, bayam, paprika, kerang, daging atau bisa jugas susu. Semenatra itu, kurangi konsumsi kafein yang bisa menyebabkanmu kurang tidur dan sulit mengontrol emosi.

5. Tontonlah Acara yang Lucu untuk Menghibur Diri


Tontonlah Acara yang Lucu untuk Menghibur Diri

Tak ada salahnya sekali waktu bersedih. Tak ada salahnya pula kamu menangis saat merasa tersakiti. Namun, berlarut-larut dalam sebuah masalah bukanlah pilihan yang tepat. Jika terlalu lama membiarkan dirimu dalam keadaan tertekan, kamu bisa menderita depresi.

Salah satu tips mudah untuk menghilangkan perasaan sedih bertubi yang bisa membuatmu depresi adalah dengan mencari hiburan. Menonton beberapa acara komedi atau film yang lucu bisa membantumu.

Dengan menonton acara atau film yang lucu, kamu bisa tertawa dan melupakan kesedihan. Dengan tertawa, kamu sudah mengurangi perasaan stres sekaligus ketegangan yang terjadi di otak. Jadi, jangan lupa tertawa, ya.

6. Jangan Larut dalam Kesedihan dan Menyalahkan Diri Sendiri


 Jangan Larut dalam Kesedihan dan Menyalahkan Diri Sendiri

Beberapa orang yang merasa depresi biasanya disebabkan karena sering menyalahkan diri sendiri. Mulai sekarang cobalah memaafkan kesalahan-kesalahan yang telah kamu perbuat. Cobalah lebih berpikir positif dan lebih menghargai dirimu sendiri.

Merasa malu dan membenci diri sendiri juga bukanlah hal yang baik. Dengan merasa demikian, kamu akan semakin depresi dan hanya akan membuatmu semakin enggan untuk mencari bantuan. Dengan mengkritisi dirimu sendiri kamu hanya akan merasa semakin tertekan.

Untuk itu, cobalah lebih terbuka, menerima, dan mencintai dirimu sendiri. Perasaan apresiasi kepada diri sendir juga sangat baik untuk menghindari perasaan depresi. Ingat, depresi adalah penyakit yang sangat umum dan sangat bisa diobati. Ini hanya terkait dengan bagaimana kamu bisa mengenali dirimu sendiri dan menemukan perawatan yang sesuai untuk perasaan depresimu.

7. Lakukan Aktivitas yang Kamu Sukai


Lakukan Aktivitas yang Kamu Sukai

Satu lagi cara mudah untuk memerangi perasaan depresi. Coba lakukan aktivitas menyenangkan yang kamu sukai. Tak melulu aktivitas-altivitas berat, kamu bisa melakukan hal-hal ringan seperti memanggang kue, membersihkan rumah, menulis, memotret, atau hal lain yang benar-benar bisa membuatmu gembira.

Jika kamu merasa tak ingin melakukan aktivitas apapun, coba paksa dirimu untuk bisa lebih aktif. Berdiam diri terus menerus justru akan menambah perasaan depresimu. Lakukan apapun yang bisa membantumu merasa lebih baik. Lawan suara-suara negatif dalam dirimu yang mengatakan bahwa tak ada yang bisa menyembuhkan perasaan dirimu. Ayo bangkit dan coba lebih apresiasi dirimu sendiri. Ingat bahwa kamu tidak pernah sendirian di dunia ini. Kamu hanya perlu lebih terbuka dan ceritakan bebanmu pada orang-orang terdekat.

You can share this post!

Related Posts