Bisa Dibuat Sendiri! 7 Jenis Salad Enak dan Unik di Dunia Ini Sudah Pasti Sehat Loh
Kuliner

Masing-masing negara kini memiliki berbagai jenis salad yang unik dan tentunya sehat loh. Tak hanya itu, jenis-jenis salad ini juga bisa kalian buat dirumah karena menggunakan bahan yang mudah didapat.

WowKeren - Salad menjadi salah satu pilihan makanan populer bagi para vegetarian. Di samping itu, salad juga merupakan makanan favorit untuk banya orang karena manfaatnya untuk kesehatan. Menurut The Dictionary of American Food and Drink, salad diartikan sebagai makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain.

Salad dapat disajikan dingin dengan didinginkan terlebih dahulu dalam lemari pendingin atau disajikan dalam temperatur ruang, dan dapat juga menjadi isi dari sandwich. Seiring waktu, resep salad berkembang di mana-mana dan variasi salad menjadi sangat banyak.


Masing-masing negara kini memiliki berbagai jenis salad yang unik dan tentunya sehat loh. Tak hanya itu, jenis-jenis salad ini juga bisa kalian buat dirumah karena menggunakan bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang mudah.

Penasaran apa saja? berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis salad unik dan enak dari berbagai negara yang bisa kalian buat sendiri. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. New York Waldorf Si Salad Nikmat Dari Amerika


New York Waldorf Si Salad Nikmat Dari Amerika
The New York Times/Andrew Scrivani

Jenis salad ini merupakan karya dari juru masak ternama bernama Oscar Tschirky dari Hotel Waldorf. Salad yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki kombinasi rasa yang unik karena mencampurkan rasa asam manis dari apel dan aroma khas dari seledri.

Salad ini terdiri dari kacang kenari, seledri, apel, anggur, dan mayonaise yang disajikan di atas potongan selada. Salad ini juga bisa diberi perasan jeruk dan lemon sehingga makin membuat cita rasanya makin kaya. Tak perlu ragu tentang kandungan gizinya, salad ini sudah pasti sangat bernutrisi.

2. Wajib Cobain Salad Unik Dari Guatemala Bernama Fiambre


Wajib Cobain Salad Unik Dari Guatemala Bernama Fiambre

Salad ini umumnya adalah hidangan tradisional Guatemala yang dimasak dan dimakan setiap tahun untuk merayakan Hari Orang Mati atau yang kerap disebut "Day of the Dead". Namun hal ini bukan berarti kalian tidak bisa memakannya saat hari biasa loh. Tidak akan terjadi apa-apa jika kalian memakan salad ini bukan di hari perayaan tersebut.

Salad bisa disebut unik karena disajikan dingin dan terdiri hingga 50 bahan. Bahan-bahan yang biasanya dipakai ialah berbagai sosis, acar jagung dan bawang merah, bit, bunga pacaya, aneka keju, buah zaitun, ayam, dan bahkan kubis Brussel. Resep salad ini bisa bervariasi dari generasi ke generasi dan keluarga ke keluarga.

3. Shieldzini Salad Kaya Rasa Yang Berasal Dari Jepang


Shieldzini Salad Kaya Rasa Yang Berasal Dari  Jepang

Shieldzini adalah salad mentimun khas Jepang yang memiliki rasa unik. Hal ini karena salad tersebut dibuat menggunakan berbagai bahan yakni mentimun, gula putih, cuka anggur dan kecap asin yang semuanya mudah untuk disatukan.

Perpaduan rasa asin, manis dan asam pada saat yang bersamaan juga menghadirkan rasa sangat lezat. Untuk penyajian, lebih baik shieldzini disajikan segar-segar karena jika tidak mentimun bisa keburu layu. Selain itu, rasa segar dari berbagai bahan alami dan saus bumbunya akan makin terasa sedap. Intip juga bahan pengganti protein bagi vegetarian di sini.

4. Salad Mie Ramen Pedas Yang Populer Di Negara Asia


Salad Mie Ramen Pedas Yang Populer Di Negara Asia

Sesuai namanya, salad ini memiliki bahan unik yakni mie. Salad ini banyak dibuat oleh negara negara di Asia ini dan memiliki saus yang sangat khas yang rasanya manis dan juga pedas dicampur dengan tambahan rempah rempah yang sangat beragam.

Salad mie ini juga penuh dengan bahan-bahan segar seperti wortel, green and purple garbage, almond panggang, ayam dan mie ramen. Saus dressing salad ini hadir dengan cita rasa manis yang tajam dan benar-benar mengeluarkan rasa khas Asia loh.

5. Cobaik Salad Dressed Herring Yang Berlapis-lapis Dari Rusia


Cobaik Salad Dressed Herring Yang Berlapis-lapis Dari Rusia
https://mkr.7plus.com.au/

Secara kasat mata, salad ini memang cantik banget. Bagaimana tidak, salad ini disusun berlapis-lapis sehingga terlihat berwarna-warni. Salad ini terdiri dari berbagai sayuran rebus yaitu kentang, akar bit, wortel, kemudian ada juga bawang merah cincang, dan mayones.

Selain itu ada juga lapisan yang terdiri dari irisan apel, lalu lapisan terakhir dibuat dengan menggunakan buah bit yang memberikan tampilan visual warna ungu pada salad. Sebagai garnish, tidak lupa juga disertakan telur rebus. Wah terlihat enak banget kan?

6. Salad Tuscan Panzanella Asal Italia Yang Mengenyangkan


Salad Tuscan Panzanella Asal Italia Yang Mengenyangkan
https://www.seriouseats.com/J. Kenji Lopez-Alt

Salad Tuscan Panzanella juga dikenal dengan nama Panmolle. Salad ini berasal dari Italia dan biasanya dibuat dengan irisan roti yang direndam dalam minyak zaitun, lalu juga bawang merah, tomat, cuka dan garam.

Dalam salad ini, roti kubus memainkan peran penting di sini karena hadir sebagai isian yang cukup untuk dimakan. Selain itu dengan kehadiran roti bisa membuat hidangan ini lebih mengenyangkan dibanding salad biasa. Intip juga menu makan malam yang tetap sehat buntuk diet di sini.

7. Israeli Salad Aneka Sayur Cincang Dari Israel


Israeli Salad Aneka Sayur Cincang Dari Israel
Getty Images/Noam Galai

Juga dikenal sebagai salad Arab dan merupakan salah satu hidangan nasional paling terkenal di Israel. Salad ini kerap menjadi hidangan tradisional masyarakat Israel untuk sarapan. Terdiri dari berbagai sayuran yang dicincang halus, tak heran jika salad ini sangat digemari sebagai menu sarapan.

Salad Israeli terbuat dari tomat mentah cincang, bawang dan mentimun, dan dapat juga termasuk lada, wortel, daun bawang, sayuran hijau dan peterseli. Dressing saladnya dihaluskan dengan jus lemon segar atau minyak zaitun, atau keduanya. Umumnya, mentimunnya tidak dikupas dan kemudian cincang bersama tomat hingga membentuk dadu.

You can share this post!

Related Posts