Tetap Bikin Kenyang, Ini Rekomendasi 10 Menu Makan Malam saat Diet yang Sehat
Lifestyle

Saat menjalani diet, bukan berarti kalian harus melewatkan makan malam. Cukup kontrol porsi, asupan dan batas jam makan malam. Simak menu makan malam yang cocok untuk diet di sini.

WowKeren - Makan malam hari mungkin sangat sulit untuk dihindari saat menjalani diet. Apalagi bagi kalian yang tidak terbiasa untuk menahan lapar dan susah tidur ketika perut kosong. Tentu diet menjadi "neraka" dunia buat kalian, kan?

Saat menjalani diet, bukan berarti kalian harus melewatkan makan malam, lho. Kalian hanya perlu mengontrol asupan dan porsi makan. Selain itu, jam makan juga perlu diperhatikan. Sebaiknya, hentikan asupan makanan setelah jam 7 malam, ya.


Bicara soal asupan dan porsi makan, berikut 10 menu makan malam yang cocok untuk diet. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Salad Buah dengan Keju untuk Makan Malam


Salad Buah dengan Keju untuk Makan Malam

Salad buah menjadi makanan yang tepat untuk menu diet. Kandungan buah yang kaya akan serat mampu membuat kalian kenyang semalam suntuk dan pencernaan lancar. Selain itu, vitamin dan antioksidan yang tinggi di dalam buah akan mengembalikan energi kalian setelah beraktivitas seharian.

Salad buah tentu enggak lengkap tanpa mayones dan keju. Siapkan mayones dan keju yang rendah lemak, ya. Buah yang digunakan dapat disesuaikan dengan selera kalian. Campurkan paduan buah yang manis dan asam untuk memperkaya rasa. Wah, jadi ngiler, ya.

2. Makan Malam dengan Tumis Buncis dan Udang


Makan Malam dengan Tumis Buncis dan Udang

Buat yang suka makanan asin dan gurih, kalian boleh mencoba tumis buncis dan udang. Buncis merupakan sayuran yang memiliki sedikit kalori, yakni hanya 35 kalori dalam 120 gram. Sayuran ini juga mengandung serat dan folat yang baik untuk tubuh. Tentunya bakal membuat kalian kenyang.

Satu hal yang perlu diingat adalah jangan mengonsumsi nasi putih terlalu banyak. ya. Cukup seperempat saja dan makan sayuran lebih banyak. Kalian juga perlu memperhatikan bumbu-bumbu yang digunakan. Pastikan tidak ada MSG dan kurangi garam, ya.

3. Steak Daging tanpa Lemak


Steak Daging tanpa Lemak

Siapa yang bilang saat diet tidak boleh makan daging? Kandungan protein daging sangat baik untuk tubuh kita, lho. Konsumsi daging di malam hari tidak akan membuat lemak di tubuh bertambah. Syarat, pilih daging yang rendah lemak, seperti tenderloin dan topside.

Sebuah penelitian nutrisi di Amerika menyebutkan daging merah dalam menu makan dapat membakar kalori lebih banyak. Sementara protein akan menjaga kebutuhan otot, tanpa khawatir bakal ditimbun jadi lemak. Idealnya, daging dikonsumsi hanya 200 gram saja.

Jangan lupa tambahkan sayuran dalam menu daging kalian, ya. Sebut saja wortel, jagung, brokoli atau jamur, ya.

4. Sup Ayam Sebagai Menu Makan Malam saat Diet


Sup Ayam Sebagai Menu Makan Malam saat Diet

Buat yang tidak ingin makan malam terlalu berat menggunakan nasi. Kalian dapat menggantinya dengan sup ayam yang penuh dengan sayuran. Menu sup ini sebaiknya tanpa kulit, ya. Seperti diketahui, bagian kulit memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Tambahkan sayuran seperti wortel, kubis, buncis dan kentang agar menu makan kalian lebih seimbang. Air dan sayur dalam sup yang kalian konsumsi akan membuat tubuh terhidrasi dan terhindar dari dehidarasi sepanjang malam.

5. Salmon Panggang dan Sayuran


Salmon Panggang dan Sayuran

Menu selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan satu ini merupakan salah satu jenis ikan yang sangat baik untuk diet lantaran kandungan nutrisinya terbilang lengkap, terutama asam lemak omega 3. Kandungan tersebut baik untuk jantung dan mencegah kulit kusam.

Nah, untuk pelengkap salmon panggang, kalian dapat menambahkan kentang sebagai pengganti karbohidrat nasi. Selain kentang, bayam rebus juga dapat mendampingi salmon panggang.

6. Dada Ayam Panggang Tanpa Lemak


Dada Ayam Panggang Tanpa Lemak

Daging dada merupakan bagian ayam yang paling rendah lemak dan kaya akan serat. Agar baik untuk menu diet, jangan gunakan minyak yang banyak, cukup sedikit saja. Kalau perlu, gunakan minyak yang lebih sehat dari pada kelapa sawit agar tidak menambah kolesterol jahat pada tubuh.

7. Kebab Bisa Jadi Menu Diet


Kebab Bisa Jadi Menu Diet

Bosan dengan yang itu-itu saja? Kalian dapat mengonsumsi kebab. Kebab merupakan pilihan menu yang sehat dan mengenyangkan. Eits, namun bukan kebab yang dibeli di pinggir jalan, ya. Kalian sebaiknya membuat sendiri kebab di rumah agar tidak banyak menggunakan minyak.

Pilihlah isian kebab yang sehat seperti daging tanpa lemak dan dada ayam. Tambahkan pula berbagai sayuran sehat dan segar. Kebab memiliki porsi yang tidak besar, namun mengenyangkan.

8. Konsumsi Capcay saat Diet


Konsumsi Capcay saat Diet

Capcay merupakan makanan khas Tionghoa yang berupa kumpulan sayuran. Bahan-bahan pembuatannya membuat capcay menjadi makanan super sehat. Sayuran yang biasa digunakan dalam capcay adalah kol, brokoli, sawi, wortel, anak jagung, bermacam jamur dan lainnya.

Tak hanya sayuran, kalian dapat menambahkan bakso, daging ayam, udang cumi dan lainnya untuk memperkaya rasa. Jangan lupa untuk menghindari penggunaan minyak berlebihan, ya.

9. Nasi Merah untuk Makan Malam


Nasi Merah untuk Makan Malam

Banyak orang yang tidak ingin mengonsumsi nasi putih saat diet, apalagi untuk makan malam. Kalian dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah. Jenis nasi ini memiliki kandungan serat tinggi yang akan membuat pencernaan lebih sehat. Selain nasi merah, kalian dapat menggunakan makanan pengganti nasi lainnya, simak di sini.

10. Cokelat Hitam untuk Camilan Malam


Cokelat Hitam untuk Camilan Malam

Sepotong cokelat hitam bisa jadi menu makan malam untuk diet. Cokelat akan menambah gula dalam darah dan membuat kalian lebih bertenaga. Selain itu, cokelat hitam akan membantu menangkan stres di mana efek selanjutnya mencegah kalian untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Simak manfaat cokelat hitam lainnya di sini. Nah, simak pula menu diet yang cocok untuk lidah orang Indonesia di sini.

You can share this post!

Related Posts