Murah dan Enak, Ini 8 Menu Diet yang Cocok untuk Lidah Orang Indonesia
resepkoki.id
Lifestyle

8 menu ini dijamin bakal bikin diet kalian berhasil. Bahannya mudah ditemukan, membuatnya mudah, rasanya pun enak banget!

WowKeren - Melakukan diet sehat merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yang cukup sulit bagi sebagian orang. Terutama saat harus mengelola pola makan dan asupan yang dikonsumsi. Banyak orang yang menyerah lantaran tidak menemukan menu diet yang tepat.

Menu diet yang banyak disarankan oleh para pakar diet terkadang tidak cocok untuk orang Indonesia. Bahan bakunya sulit untuk ditemukan serta rasa yang tidak enak.


Nah, kali ini WowKeren merangkum 8 menu diet yang cocok buat orang Indonesia. Bahannya mudah ditemukan di mana-mana. Rasanya juga tentu sesuai dengan lidah Indonesia.

Mau tahu apa saja? Simak di sini, ya!

(wk/nris)

1. Urap Cocok untuk Diet


Urap Cocok untuk Diet

Kalian pasti sudah tidak asing dengan makanan khas Indonesia yang namanya urap. Makanan ini merupakan campuran dari berbagai sayuran yang diberi parutan kelapa yang telah dibumbui. Sayuran yang digunakan juga bermacam-macam. Kalian bisa mengombinasikan sayuran apapun sesuai dengan selera agar tidak bosan. Misalnya, kangkung, bayan, taoge, kacang panjang, kubis, daun pepaya, kemangi, timun dan lainnya.

Urap terbilang makanan yang sehat lantaran tidak menggunakan minyak saat memasakknya. Sayuran hanya rebus lalu dicampurkan. Nah, saat memasak bumbunya, sebaiknya jangan menggunakan minyak terlalu banyak.

2. Telur Kukus yang Sehat dan Nikmat


Telur Kukus yang Sehat dan Nikmat

Menu diet selanjutnya adalah telur kukus. Kalian mungkin bosan mengonsumsi telur rebus saat diet. Nah, kalian dapat berkreasi dengan membuat telur kukus. Bahan dan cara membuatnya enggak sulit, kok.

Siapkan wortel, jamur, tomat dan daun bawang serta beberapa bumbu lainnya. Kemudian potong kecil-kecil atau sesuai selera. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam telur yang telah dikocok, tambahkan pula garam dan gula sebagai penyedap. Lalu tuangkan ke dalam wadah kaca atau stainless, kemudian kukus hingga matang. Telur merupakan sumber protein yang sangat baik buat kalian yang tengah diet.

3. Mashed Potato atau Kentang Panggang


Mashed Potato atau Kentang Panggang

Saat diet, nasi mungkin bukan makanan yang tepat. Hal tersebut lantaran nasi mengandung Indeks Glikemik (GI) tinggi sehingga membuat nasi lebih mudah dan cepat dipecah menjadi gula yang akan diserap tubuh. Karbohidrat di da;am nasi pun tidak sebaik makanan lainnya. Kalian dapat menggantikan nasi dengan makanan lain, seperti kentang.

Kentang dapat diolah dengan beragam cara. Mulai dari dikukus hingga dipanggang di dalam microwave. Kalian juga dapat membuatnya menjadi mashed potato dengan menambahkan sedikit mentega, merica dan garam. Konsumsi kentang dengan sayuran lainnya, seperti kalian makan nasi biasanya.

4. Konsumsi Pepes Tahu Tempe


Konsumsi Pepes Tahu Tempe

Pepes tahu tempe bisa jadi makanan yang pas untuk diet. Tahu dan tempe adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, keduanya memiliki kalori yang rendah. Bagi yang tengah diet mungkin bosan dengan makanan yang dikukus atau direbus saja.

Maka dari itu, kalian dapat mengolah tahu dan tempe menjadi pepes. Cara memasaknnya memang dikukus, namun perpaduan rempah-rempah di dalamnya akan membuat kalian berselera makan. Saat menumis bumbu, sebaiknya kalian menggunakan minyak zaitun atau pengganti minyak sawit yang lebih sehat.

5. Tumis Jamur Sebagai Menu Diet


Tumis Jamur Sebagai Menu Diet

Jamur, terutama jamur kancing memiliki serat yang tinggi dan mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan. Jamur sendiri cukup mudah ditemukan di Indonesia. Jadi, harganya cukup ekonomis, cocok untuk kalian yang sedang diet.

Olahan jamur yang paling terkenal adalah jamur crispy, namun untuk diet sebaiknya cukup menumisnya saja. Kalian dapat mencampurkan beberapa jenis jamur dan sayuran agar lebih berwarna. Nah, perlu kalian tahu bahwa jamur juga dapat memberi manfaat awet muda lantaran mengandung anti aging.

6. Roti Gandum dan Alpukat untuk Diet


Roti Gandum dan Alpukat untuk Diet

Makanan satu ini mungkin terbilang western banget, namun roti gandum dan alpukat sangat mudah ditemukan di Tanah Air. Alpukat sendiri merupakan buah favorit banyak orang, rasanya enak dan kandungan lemak baiknya cocok buat kalian yang tengah diet. Lemak baik di dalam alpukat mudah dibakar untuk menghasilkan energi.

Sementara roti gandum juga pilihan tepat bagi kalian yang tengah diet. Roti gandum memiliki nutrisi dan vitamin yang baik untuk membentuk otot. Selain itu, kandungan seratnya membuat kalian tidak cepat lapar dan memperlancar pencernaan.

Untuk membuatnya, kalian dapat menghancurkan alpukat terlebih dahulu kemudian mengoleskannya seperti selai. Atau, kalian juga dapat mengirisnya tipis dan meletakkan alpukat di atas roti gandum. Tambahkan merica dan garam serta telur rebus untuk memperkaya rasanya.

7. Ubi Sebagai Topping Yogurt


Ubi Sebagai Topping Yogurt

Umumnya, yogurt diberi topping buah-buahan yang manis atau asam seperti berbagai jenis berry, jeruk, anggur, kiwi, kacang-kacangan dan masih banyak lagi. Namun, kali ini kalian dapat menggunakan ubi. Paduan yogurt dan ubi akan menjadi camilan sehat yang menyenangkan.

Perlu kalian tahu bahwa ubi dan yogurt dapat mengecilkan lingkar perut. Nah, makanan ini bisa kalian konsumsi di sore hari setelah melakukan segudang aktivitas yang melelahkan. Rasa asam pada yogurt akan membuat tubuh segar kembali.

8. Rujak Buah yang Nikmat dan Menyegarkan


Rujak Buah yang Nikmat dan Menyegarkan

Menu diet selanjutnya adalah rujak buah. Buah-buahan merupakan makanan yang wajib saat diet. Selain memakannya langsung, mengolahnya menjadi jus atau smooties, kalian juga dapat mencoba membuat buah-buahan menjadi rujak.

Dengan membuat rujak sendiri, kalian dapat menentukan buah-buahan yang diinginkan. Varian buahnya pun tidak akan membuat kalian bosan. Membuatnya juga mudah, kok.

Nah, buat yang tengah diet, kalian enggak boleh melupakan olahraga. Simak jenis olahraga yang paling banyak membakar kalori di sini. Selain itu, ketahui tips diet bagi kalian penderita maag di sini.

You can share this post!

Related Posts