Ingin Jadi Vegetarian Tapi Takut Kurang Protein? 8 Bahan Pangan Pengganti Daging Ini Solusinya
Kuliner

Karena tak mengkonsumsi daging, banyak orang yang takut kekurangan protein saat menjadi vegetarian. Padahal untuk mereka yang vegetarian, ada cara lain untuk mendapatkan sumber protein.

WowKeren - Vegetarian saat menjadi salah satu gaya hidup yang digemari oleh banyak orang. Vegetarian merupakan sebutan bagi mereka yang hanya mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas.

Para vegetarian hanya akan menghindari daging hewani saja, namun masih mengkonsumsi seperti telur, susu atau ikan. Selain itu vegetarian juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaatnya, yaitu untuk menghindari penyakit seperti kanker, diabetes dan juga kolesterol.


Karena tak mengkonsumsi daging, banyak orang yang takut kekurangan protein saat menjadi vegetarian. Padahal untuk mereka yang vegetarian, ada cara lain untuk mendapatkan sumber protein. Nah di bawah ini ada 8 bahan pangan kaya protein yang bisa digunakan oleh vegetarian untuk mengganti daging hewani. Apa saja? Yuk simak di sini!

(wk/putr)

1. Gunakan Jamur Untuk Mengganti Daging


Gunakan Jamur Untuk Mengganti Daging

Bukan rahasia lagi jika jamur diketahui memiliki protein tinggi. Selain itu, Tanaman yang bisa tumbuh di tempat lembab, kulit pohon, ataupun tumpukan jerami ini juga bisa menjadi daging nabati yang lezat. Kalian bisa mengolahnya dengan berbagai macam seperti digoreng tepung atau dibuat nugget sehingga menyerupai daging.

Secara umum, 100 gram jamur diketahui mengandung 2,9 gram protein. Tidak hanya kandungan proteinnya saja, jamur juga mengandung beberapa nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kandungan kalsium, karbohidrat, dan energi.

2. Tahu Yang Lembut Rupanya Kaya Protein Loh


Tahu Yang Lembut Rupanya Kaya Protein Loh

Siapa yang tidak kenal dengan tahu? Semua orang sudah pasti sangat familiar dengan bahan pangan yang satu ini. Tahu terbuat dari bahan dasar kacang kedelai dan memiliki rasa yang cenderung netral. Tahu dapat disulap menjadi banyak menu sehat seperti tumis sayur atau tahu kukus.

Selain itu, yang perlu kalian ketahui adalah tahu memiliki kandungan protein cukup besar. Setidaknya dalam 4 potong tahu, terdapat sekitar 20 gram protein. Tahu juga gampang di dapat serta harganya murah meriah.

3. Tempe Yang Ramah Untuk Kantong Dan Juga Vegetarian


Tempe Yang Ramah Untuk Kantong Dan Juga Vegetarian

Sama seperti tahu, tempe juga memiliki bahan dasar kacang kedelai. Tempe merupakan menu olahan kacang kedelai yang difermentasikan dengan jamur Rhizopus sp. Karena kacang kedelai disajikan utuh tanpa dihancurkan seperti pada tahu, kadar protein pada tempe lebih unggul dari tahu.

Jika dibandingkan, jumlah protein pada dua potong tempe sebanding dengan yang terdapat pada empat potong dada kalkun. Di dalam 100 gram tempe saja terkandung kadar protein 20,8 gram. Selain itu tempe juga bisa dikreasikan menjadi daging nabati dalam berbagai cara seperti steak tempe, oseng tempe, tempe bakar, bacem tempe, serta berbagai menu olahan lainnya.

4. Kreasikan Menu Kaya Protein Dengan Kacang Merah


Kreasikan Menu Kaya Protein Dengan Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang paling sering kita temui. Kacang merah bisa dibilang memiliki protein yang cukup pekat. Bagaimana tidak, dua cangkir kacang merah setara dengan protein yang terdapat pada satu porsi burger jumbo loh.

Dalam 100 gram kacang merah, terdapat 24 gram protein. Kalian juga tidak perlu khawatir merasa bosan saat mengkonsumsi kacang merah. Kacang merah bisa kalian jadikan berbagai jenis makanan. Mulai dari makanan utama hingga minuman manis seperti es kacang merah.

5. Selai Kacang Si Sumber Protein Yang Praktis


Selai Kacang Si Sumber Protein Yang Praktis

Sudah bukan rahasia lagi jika jenis kacang-kacangan merupakan salah satu sumber protein nabati. Namun, membawa kacang-kacangan kadang merepotkan jika bepergian. Ukurannya yang kecil kadang gampang berantakan. Untuk itu lebih baik siasati dengan penggunaan selai kacang.

Selai kacang merupakan sebuah tambahan untuk makanan yang berlimpah protein, vitamin, dan mineral. Selain itu selai kacang ini juga sangat praktis jika ingin dimakan. Tinggal oleskan untuk isian untuk roti, sudah siap deh. Memiliki kemasan yang tertutup dan tidak bau membuat selai kacang mudah dibawa ke mana-mana dan dapat dijadikan camilan sehari-hari.

6. Nyemil Sehat Kaya Protein Dengan Edamame


 Nyemil Sehat Kaya Protein Dengan Edamame

Salah satu jenis kacang asal Jepang ini memang dikenal sangat sehat. Edamame juga menjadi salah satu sumber protein yang bagus karena satu cangkir edamame setara dengan protein yang terkandung dalam dada satu ekor ayam.

Edamame juga mengandung antioksidan dan serat. Tak perlu khawatir untuk mencari menu yang bisa disajikan dengan bahan ini, dimakan utuh pun edamame memiliki rasa yang cukup lezat. Selain itu, kalian juga bisa menikmati edamame dengan mengolahnya menjadi salad, sup atau burger.

7. Telur Bisa Digunakan Sebagai Sumber Protein Utama


Telur Bisa Digunakan Sebagai Sumber Protein Utama

Banyak orang yang mengira jika menjadi vegetarian makan akan sama sekali tidak memakan produk hewani. Namun nyatanya, vegetarian masih diperbolehkan memakan telur dan ikan. Banyak vegetarian yang menjadikan telur sebagai sumber protein utamanya loh.

Dengan memakan satu butir telur, kalian sudah mendapat asupan protein sebanyak 6 gram. Selain itu, telur juga mudah di dapat dan gampang diolah. Begitu banyak menu sehat yang bisa kalian sajikan dengan telur. Kalian bisa menambahkan telur sebagai campuran salad, ditumis bersama sayuran, direbus, dan sebagai isi dari sandwich.

8. Kacang Polong Yang Kecil Ternyata Sangat Bergizi


 Kacang Polong Yang Kecil Ternyata Sangat Bergizi

Hayo siapa dari kalian yang enggak suka kacang polong? Kacang polong kerap dipandang sebelah mata karena bentuknya yang kecil. Selain itu, banyak anak-anak juga tak suka dengan jenis kacang-kacangan ini. Namun siapa sangka jika kacang polong memiliki segudang gizi yang berguna untuk kesehatan.

Kacang polong memiliki protein tinggi, rendah kalori, dan lemak. Kadar protein yang terdapat dalam kacang polong hampir setara dengan kadar protein yang terdapat pada susu sapi. Kacang polong termasuk makanan yang serbaguna karena bisa diolah menjadi banyak masakan.

You can share this post!

Related Posts