Mau Beralih Ke Make Up Halal Namun Masih Bingung Memilihnya? Yuk Ikuti 7 Tips Mudah Berikut!
Lifestyle

Selain bahan baku yang digunakan, proses quality control, peralatan, bangunan dan personil yang terlibat dalam penyusunan produk juga mempengaruhi kualitas dan status halal dari kosmetik dan produk personal care.

WowKeren - Make up saat ini menjadi kebutuhan yang bisa dibilang cukup penting bagi kaum hawa. Beberapa aktivitas dan profesi menuntut agar pekerjanya memiliki penampilan rapi dengan make up. Namun beberapa merek make up nampaknya tak sesuai dengan kebutuhan kaum muslimah.

Beberapa produk make up memang diragukan kehalalannya. Namun, konsumen muslim saat ini semakin sadar bahwa beberapa kosmetik mengandung bahan yang berasal dari hewan, dan mempertanyakan tentang status halal dari produk tersebut.


Selain bahan baku yang digunakan, proses quality control, peralatan, bangunan dan personil yang terlibat dalam penyusunan produk juga mempengaruhi kualitas dan status halal dari kosmetik dan produk personal care.

Bagaimana caranya jika kita ingin beralih menggunakan make up yang halal? Bagaimana cara memilih make up halal yang benar? Berikut tim WowKeren telah rangkum 7 tips memilih make up halal. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Sebelum Memilih, Lebih Baik Pahami Dulu Pentingnya Make Up Halal


Sebelum Memilih, Lebih Baik Pahami Dulu Pentingnya Make Up Halal

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya kenapa harus menggunakan kosmetik yang halal? Meskipun hanya diaplikasikan di permukaan kulit, namun sebagian kosmetik bisa terserap aliran darah. Dan setiap segala sesuatu yang masuk ke dalam darah tubuh bagi kaum muslim haruslah halal. Baik dalam hal cara mendapatkannya dan juga halal zatnya.

Banyak riset yang menyebutkan bahwa tingkat kesadaran mengenai produk kosmetik halal memang masih rendah. Ketersediaan produk kosmetik yang halal juga masih rendah karena terbatasnya akses bahan baku yang belum memenuhi standar halal dan pedoman yang dapat memastikan status kehalalan bahan baku tersebut. Untuk itu penting bagi para muslimah untuk berhati-hati dalam memilih make up.

2. Pastikan Untuk Cek Sertifikasi Halal Merek Kosmetik Tersebut


Pastikan Untuk Cek Sertifikasi Halal Merek Kosmetik Tersebut

Ini merupakan langkah awal jika kalian ingin beralih menggunakan make up halal. Apabila kalian memang mencari produk kosmetik yang halal, kalian bisa langsung memilih brand yang memang sudah memiliki sertifikasi halal saja. Untuk melihat daftar lengkap dan terbaru, kalian bisa langsung mengunjungi laman situs MUI.

jika brand yang kalian inginkan tidak terdapat di daftar MUI atau berasal dari luar negeri, kalian bisa memastikannya dengan mengontak brand tersebut melalui email atau media sosial secara langsung. Hal ini karena biasanya tiap brand sudah memiliki situs resmi atau paling tidak media sosial sendiri supaya memudahkan pelanggannya berkomunikasi dengan pihak brand tersebut.

3. Pastikan Merek Make Up Tersebut Legal Dan Terdaftar Di BPOM


Pastikan Merek Make Up Tersebut Legal Dan Terdaftar Di BPOM

Kosmetik yang aman dan halal tentu saja memiliki izin lembaga yang menangani kelegalan nya, yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Depkes RI. Pastikan pada kemasan make up tersebut tercantum nomor pendaftaran di BPOM. Kode pendaftaran untuk produk kosmetik lokal adalah CD, sedangkan untuk produk impor memiliki kode CL.

Selain itu, nama dan alamat produsen juga harus tercantum dalam kemasan agar kamu dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai make up tersebut lebih dalam. Jika suatu produk tidak memiliki kode legal tentu saja bukan kosmetik yang aman karena bahan pembuatannya tidak jelas. Bahan pembuatan yang tidak jelas tersebut dicurigai mengandung bahan berbahaya.

4. Perhatikan Juga Bahan Pembuatan Make Up Tersebut


Perhatikan Juga Bahan Pembuatan Make Up Tersebut

Sebelum membeli make up, ada baiknya cek kandungan make up terlebih dahulu. Make up halal tidak seharusnya mengandung unsur hewan najis seperti anjing, babi, hewan buas, bangkai, unsur tubuh manusia, darah, khamr, dan hewan halal seperti sapi yang disembelih tidak secara syariat Islam.

Selain itu, make up tersebut juga harus bebas dari bahan berbahaya, seperti seperti gliserin, plasenta, lactic acid, kolagen, hormon, vitamin, dan aneka pewarna atau pewangi. Meski alkohol juga termasuk bahan yang dilarang, namun terdapat keringanan. Alkohol yang terkandung pada make up tidak berasal dari industri fermentasi atau pabrik minuman keras dan tidak menimbulkan kerugian pada pengguna make up.

5. Pastikan Merek Make Up Tersebut Cruelity Free dan No Animal Testing


Pastikan Merek Make Up Tersebut Cruelity Free dan No Animal Testing

Mayoritas kandungan yang sebaiknya dihindari karena meragukan kehalalannya adalah kandungan yang mengandung unsur hewani. Oleh karenanya, kalian bisa meminimalisir kandungan haram dengan memilih brandyang memiliki label cruelty-free, no animal testing, dan vegan.

Cruelty free artinya brand tersebut tidak membahayakan atau membunuh hewan untuk bahan atau proses pembuatan kosmetik. Label ini kerap dipahami keliru dengan label no animal testing yang memiliki arti brand tersebut tidak melakukan uji coba pada binatang. Sedangkan vegan artinya brand tersebut tidak menggunakan kandungan yang berasal dari hewan.

6. Jangan Lupa Juga Untuk Cek Cara Produksi Make Up Tersebut


Jangan Lupa Juga Untuk Cek Cara Produksi Make Up Tersebut

Bukan hanya soal bahan saja, kalian juga harus memastikan produk tersebut dibuat dengan cara yang halal. Sama seperti makanan, jika suatu makanan berbahan dasar ayam, bisa jadi karena salah cara memotong maka produk tersebut jadi tidak halal.

Selain itu, produk yang ilegal, atau pabriknya diketahui melanggar hukum atau curang dalam pembuatannya, maka produk tersebut juga lebih baik dihindari. Maka dari itu jika kalian ragu dengan proses produksi produk tersebut maka lebih baik menghindarinya. Intip juga rekomendasi make up halal di sini. Selain itu intip juga rekomendasi make up yang berlabel cruelity free di sini.

7. Pertimbangkan Kemudahan Dibersihkannya Agar Tak Mengganggu Wudhu


Pertimbangkan Kemudahan Dibersihkannya Agar Tak Mengganggu Wudhu

Hendaknya, saat wudhu, kosmetik tidak boleh sampai menghalangi air membersihkan tubuh dan wajah. Kalian wajib membersihkan apapun yang menempel di wajah sesaat sebelum berwudhu. Fungsinya adalah agar tidak ada penghalang antara kulit wajah dengan air wudhu. Perhatikan pula faktor penting ini, karena beberapa kosmetik susah dibersihkan hanya dengan menggunakan air saja.

Jika kalian merasa ribet saat harus membawa berbagai produk cleanser ke mana-mana, kalian mungkin bisa mencoba micellar water untuk membersihkan semua sisa make-up di wajah. Micellar water tak hanya mampu melunturkan make-up-mu yang waterproof, tapi juga mampu memberi kelembaban pada seluruh area kulit wajah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru