Gerindra Dapat Posisi Wakil Ketua DPR, Sebut Nama Baru Gantikan Fadli Zon
Instagram/fadlizon
Nasional
Pemilu 2019

Dalam Pemilu yang digelar pada April lalu, Partai Gerindra telah mendapatkan suara terbesar ketiga. Dengan begitu, partai besutan Prabowo Subianto tersebut berhak menduduki kursi Ketua DPR.

WowKeren - Partai Gerindra telah berhasil memperoleh suara terbanyak ketiga pada Pemilu yang digelar April 2019 lalu. Hal ini membuat partai tersebut berhak untuk kembali menempatkan kadernya di kursi Wakil Ketua DPR RI.

Saat ini, kursi Wakil Ketua DPR masih diduduki oleh kader Gerindra, Fadli Zon. Meski demikian, untuk periode selanjutnya kursi tersebut tidak akan diisi oleh petahana.

Hal tersebut telah dipastikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. Sebagai penggantinya, kursi wakil ketua DPR akan diberikan pada Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Ahmad menuturkan bahwa Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto telah menandatangani surat keputusan. Selain menyetujui Sufmi sebagai Wakil ketua DPR, ia juga telah menunjuk Ahmad Muzani sebagai pemimpin MPR.


"Sebagai Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum, Pak Prabowo sudah menandatangani dua SK," tutur Muzani di Kompleks Senayan, Senin (30/9). "Pertama adalah calon wakil ketua DPR Pak Prabowo menunjuk saudara Sufmi Dasco Ahmad sebagai calon Wakil Ketua DPR. Sebagai calon pimpinan MPR Pak Prabowo menunjuk Ahmad Muzani."

Muzani menyebut bahwa Prabowo telah menyampaikan perihal ini secara langsung ke Fadli. Prabowo, dikatakannya, telah menyampaikan rasa terima kasih pada Wakil ketua Umum Gerindra atas kepemimpinannya di kursi Wakil DPR selama 2014-2019.

Meski tak ditunjuk lagi sebagai anggota legislatif DPR, Prabowo akan memberikan tugas baru pada Fadli. Adapun pergantian posisi tersebut sebagai bagian dari rotasi partai untuk regenerasi kepemimpinan legislatif.

"Pak Prabowo akan memberi penugasan baru Pak Fadli," tutur Ahmad. "Dalam bidang-bidang lain yang nanti akan dirumuskan Pak Prabowo."

Muzani menyebut bahwa alasan penggantian Fadli dengan Sufmi adalah didasarkan pada tingkat senioritas dalam partai. Menurutnya, Sufmi telah memenuhi kualifikasi untuk menduduki jabatan tersebut mengingat dirinya saat ini adalah wakil ketua partai. "Pak Dasco adalah pendiri partai, kini menjabat wakil ketua umum partai, sehingga secara senioritas juga cukup mumpuni," jelas Muzani.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts