Ucapkan Sumpah Jabatan, DPR Periode 2019-2024 Telah Dilantik
Nasional

Anggota DPR RI periode 2019-2024 telah dilantik pada hari ini, Selasa (1/10). Total terdapat 575 orang yang akan mengemban amanah mewakili rakyat Indonesia untuk lima tahun ke depan.

WowKeren - Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2019-2024 telah digelar di Gedung Parlemen pada hari ini, Selasa (1/10). Dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung, M Hatta Ali, saat ini calon anggota DPR telah diambil sumpahnya.

Dalam kesempatan tersebut, beberapa anggota dewan terpilih untuk mewakili setiap agama di Indonesia. Salah satunya adalah Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di sisi lain, sosok Abdul Wahab Dalimunthe (anggota DPR tertua) dari Partai Demokrat dan Hillary Brigitta Lasut (anggota DPR termuda) dari Partai Nasional Demokrat terpilih sebagai pimpinan DPR sementara.

Sebelum mengambil sumpah, Ketua MA terlebih dahulu menanyakan kesanggupan para anggota dewan periode 2019-2024 untuk diambil sumpahnya. "Apakah saudara bersedia disumpah atau berjanji menurut agama saudara?" tanya Hatta, Senin (1/10).

Pertanyaan itu pun disambut kesediaan para anggota dewan dengan kompak. Hatta lantas mengingatkan pula soal tanggung jawab yang diemban usai sumpah tersebut diucapkan. Dilansir dari siaran langsung pelantikan, berikut adalah naskah sumpah jabatan para anggota parlemen periode 2019-2024.


"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945."

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi. Serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan."

"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili. Untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia."

Saat ini acara pelantikan telah berlanjut pada agenda pengambilan sumpah oleh calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024. Di sisi lain, pengambilan sumpah tadi sekaligus menandai dimulainya masa kerja anggota DPR periode 2019-2024.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru