Hampir Separuh Suara MPR Dukung Golkar, Gerindra Tetap Maju Tak Gentar
Nasional

Gerindra berharap agar Golkar mau mengalah untuk memberikan kursi Ketua MPR kepada pihaknya. Sebab hal itu bisa menjadi bentuk realisasi dari rekonsiliasi politik yang sebenarnya.

WowKeren - Perebutan kursi Ketua MPR antara Golkar dan Gerindra masih berlanjut. Meski Bambang Soesatyo yang mewakili Golkar telah mendapatkan dukungan hampir setengah suara MPR, namun rupanya hal ini tak membuat Gerindra gentar.

"Kita tetap akan maju," kata Wakil ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Kamis (3/10). "Walaupun voting kita akan maju."

Kursi Ketua DPR telah diduduki oleh PDIP yang merupakan partai pemenang Pemilu 2019. PDIP merupakan partai pengusung Joko Widodo alias Jokowi. Oleh sebab itu, Dasco menilai untuk menghindari situasi the winner takes it all, maka yang layak mendapatkan kurs tersebut adalah Gerindra. Sebab, Golkar merupakan partai koalisi sehingga sebagai langkah pasti untuk memulai rekonsiliasi, Dasco menilai Muzani layak menduduki posisi tersebut.

"Demi menghindari situasi The Winner takes it all maka yang layak mendapatkan kursi Ketua MPR adalah Gerindra," tutur Dasco. "Saat ini Presiden terpilih dan Ketua DPR terpillih berasal dari kubu politik yang sama. Maka wajar jika Gerindra mendapatkan kursi Ketua MPR sebagai langkah konkret dimulainya rekonsiliasi politik."


Gerindra merupakan pemenang kedua di Pemilu 2019 lalu. Sehingga menurut Dasco, bukan jumlah kursi di parlemen yang utama, melainkan suara yang diperoleh dari rakyat ketika Pemilu.

"Walaupun Partai Golkar memiliki kursi terbanyak kedua di MPR, tetapi harus digarisbawahi bahwa Gerindra adalah peraih suara terbanyak kedua pada Pemilu lalu," jelas Dasco. "Dalam teori kepemiluan, rujukan paling tepat dalam menghitung eksistensi partai di mata rakyat adalah jumlah suara dan bukan jumlah kursi DPR."

Dasco berharap agar Golkar mau mengalah demi menjaga keseimbangan politik. "Demi menjaga keseimbangan politik serta cerminan permusyawaratan/perwakilan, sangat wajar kita mengikuti konvensi yang pernah ada bahwa partai rival pemenang diberi kehormatan yang layak untuk menduduki kursi Ketua MPR," tutur Dasco.

Hal senada juga disampaikan oleh Muzani sebelumnya. Ia berharap agar Bamsoet mau mengalah. "Nanti mudah-mudahan Bamsoet nanti mengalah untuk konsensus, ya wis Gerindra saja," kata Muzani di Jakarta, Selasa (1/10).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait