Emil Salim Dihina Sesat, Intip Prestasi yang Dimiliki Menteri era Presiden Soeharto Ini
Nasional

Baru-baru ini viral Emil Salim Dihina Sesat oleh Politikus PDIP Arteria Dahlan. Sebenarnya siapa sosok sebenarnya Menteri di era Presiden Soeharto ini dan apa prestasi yang dimilikinya?

WowKeren - Baru-baru ini politikus PDIP Arteria Dahlan menjadi sorotan masyarakat. Bahkan ia sempat menjadi trending topic di Indonesia karena tingkah dan sikap emosionalnya.

Hal itu dibuktikan dalam program "Mata Najwa" episode "Ragu-Ragu Perpu" yang diunggah ke kanal YouTube pada Kamis (10/10). Pada acara tersebut Arteria berdebat dengan salah satu politisi senior serta mantan menteri era Presiden Soeharto Emil Salim soal Peppu KPK.

Bahkan karena emosinya, Arteria bahkan sampai menunjuk-nunjuk serta menyebut Emil sesat. "Mana Prof, saya di DPR, Prof. Nggak boleh begitu Prof," kata Arteria dengan nada tinggi memotong pernyataan Emil sambil menunjuk-nunjuknya. "Saya yang di DPR, saya yang tahu, mana, Prof sesat, ini namanya sesat."

Tak hanya Arteria, bahkan sosok Emil Salim pun akhirnya menjadi sorotan karena kejadian ini. Kira-kira bagaimana rekam jejak serta prestasi yang dimiliki oleh Ekonom serta Menteri era Presiden Soeharto ini?


Pria kelahiran Lahat 8 Juni 1930 ini merupakan menteri Bidang Penyempurnaan dan Pembersihan Aparatur Negara Indonesia ke-2 dengan masa jabatan 2 tahun menggantikan Harsono Tjokroaminoto. Setelahnya ia kembali dipercaya oleh Presiden Soeharto untuk menjadi pembantunya dalam jajaran kabinet sebagai Menteri Perhubungan menggantikan Frans Seda.

Lalu Emil kembali menjadi menjadi Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup Indonesia pertama di masa Soeharto. Kerena pengalamannya di posisi ini ia menerima penghargaan The Leader for the Living Planet Award dari World Wide Fund (WWF) dan juga Blue Planet Prize pada tahun 2006 dari The Asahi Glass Foundation.

Tak sampai di situ, di era Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Emil menjadi Dewan Pertimbangan Presiden sejak 10 April 2007 dan pada 25 Januari 2010 dilantik kembali untuk periode kedua sekaligus menjadi ketuanya. Disebutkan pula jika Emil Salim ini bukanlah orang biasa karena memiliki latar belakang keluarga yang bagus.

Pasalnya, Emil Salim merupakan putra dari Baay Salim dan Siti Syahzinan dari Nagari Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Emil masih keponakan pahlawan nasional Haji Agus Salim.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait