Sebabkan Stroke hingga Keguguran, 8 Masalah Kesehatan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Suka Marah-marah
TV Tropes
Health

Marah memang salah satu bentuk luapan emosi yang wajar terjadi. Namun jika seseorang terlalu sering marah, dia berisiko terserang berbagai penyakit seperti berikut ini.

WowKeren - Setiap orang pasti pernah marah. Hal ini wajar terjadi, sebab marah merupakan salah satu respon tubuh atas ketidaknyamanan yang terjadi. Selain itu, meluapkan amarah juga bisa membuat seseorang berpikir lebih rasional.

Namun jika terlalu sering marah efeknya pada kesehatan bisa sangat buruk. Sebab marah bisa memberikan efek samping yang buruk jika dilihat dari sisi medis, mental maupun emosional. Karena saat marah biasanya otot-otot akan menjadi tegang, sistem pencernaan terganggu bahkan bisa menyebabkan terjadinya perubahan zat kimia dalam otak.

Perubahan-perubahan ini hanya akan jadi racun dalam tubuh dan mengganggu kesehatan dalam jangka panjang. Karena itu, jika kalian cukup sering marah, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan itu dari sekarang ya. Sebab jika kebiasaan suka marah terus dipelihara, kalian berisiko terserang berbagai gangguan kesehatan seperti berikut ini.

(wk/eval)

1. Awas, Terlalu Sering Marah Bisa Menyebabkan Stres dan Gangguan Kecemasan


Awas, Terlalu Sering Marah Bisa Menyebabkan Stres dan Gangguan Kecemasan

Dampak buruk terlalu sering marah yang pertama adalah dapat menyebabkan stres dan depresi. Pasalnya, setelah kemarahan mereda, kalian akan mengalami stres dan stres bisa menyebabkan berbagai penyakit yang serius, seperti depresi.

Selain itu, terlalu sering marah juga bisa membuat seseorang mudah cemas. Hal ini disebabkan karena kadar kortisol dalam tubuh saat marah bisa sangat tinggi hingga membuat seseorang mudah cemas. Karena itu, selalu kontrol emosimu dengan baik ya.

2. Suka Marah-Marah Bisa Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung


Suka Marah-Marah Bisa Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Serangan jantung sering terjadi ketika seseorang dilanda kemarahan hebat atau ketika meluapkan segala emosinya. Hal ini disebabkan karena kemarahan dapat dipicu oleh debaran jantung yang lebih cepat. Sehingga saat marah, detak jantung seseorang akan terus meningkat bahkan bisa berdetak hingga 180 kali per menit.

Dalam situasi tersebut, jantung akan membutuhkan oksigen lebih banyak dan nafas bisa jadi lebih cepat sekaligus pendek. Kondisi ini kemudian bisa menyebabkan kelelahan dan kelemahan pada jantung. Bahkan orang yang suka marah tidak jelas berisiko terkena serangan jantung dua kali lipat daripada orang normal yang jarang marah.

3. Hati-Hati, Suka Marah-Marah Ternyata Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi


Hati-Hati, Suka Marah-Marah Ternyata Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Marah atau stres diketahui sebagai salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi yang juga bisa mempengaruhi metabolisme tubuh, Ketika seseorang sedang marah, biasanya mereka akan secara alami bereaksi mengepalkan tangan atau mengeluarkan banyak keringat. Hal ini bisa jadi tanda dari peningkatan tekanan darah.

Karena itu, jika seseorang yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi, sebaiknya tidak terlalu sering marah, karena akibatnya bisa lebih fatal. Dan bagi kalian yang menderita penyakit tekanan darah tinggi sebaiknya hindari 8 makanan ini.

4. Jangan Suka Marah-Marah, Karena Bisa Menyebabkan Penyakit Stroke!


Jangan Suka Marah-Marah, Karena Bisa Menyebabkan Penyakit Stroke!

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, suka marah-marah bisa meningkatkan tekanan darah. Karena itu, terlalu sering marah juga bisa menyebabkan stroke. Kok bisa? Iya, karena stroke otak terjadi ketika satu atau lebih pembuluh darah pecah di otak.

Hal ini dapat terjadi ketika kemarahan membuat tekanan darah naik dengan sangat tinggi. Stroke otak bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan hingga kematian pada penderitanya. Karena itu, sebaiknya jangan suka marah-marah jika tak ingin terkena stroke ya.

5. Ibu Hamil Jangan Suka Marah-Marah, Bisa Menyebabkan Keguguran


Ibu Hamil Jangan Suka Marah-Marah, Bisa Menyebabkan Keguguran

Saat hamil wanita biasanya merasakan berbagai macam emosi yang sulit dijelaskan. Tidak sedikit pula wanita yang jadi lebih sensitif daripada biasanya ketika hamil hingga meluapkan amarahnya dengan berlebihan. Tapi hati-hati, sebab suka marah-marah saat hamil bisa menyebabkan keguguran.

Hal ini disebabkan karena tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon stres saat marah yang bisa mengganggu kesehatan dan perkembangan janin. Selain itu, marah-marah juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh bayi melemah hingga memperbesar risiko terjadinya keguguran.

6. Suka Marah Bisa Menyebabkan Sakit Kepala Berkepanjangan dan Menurunnya Sistem Imun


Suka Marah Bisa Menyebabkan Sakit Kepala Berkepanjangan dan Menurunnya Sistem Imun

Ketika marah, pembuluh darah di otak akan berdenyut dengan liar. Kondisi ini dapat memicu rasa sakit di kepala yang berkepanjangan. Karena itu jika mengalami kondisi seperti ini, coba untuk menenangkan diri sesegera mungkin, agar pikiran jadi tenang dan sakit kepala bisa hilang. Selain itu, marah berkepanjangan juga bisa menurunkan sistem imun tubuh loh. Sebab rasa marah bisa menjadi salah satu energi negatif yang bisa merusak sistem imun tubuh.

7. Jangan Terlalu Sering Marah Jika Tak Ingin Mengalami Masalah Pernafasan


Jangan Terlalu Sering Marah Jika Tak Ingin Mengalami Masalah Pernafasan

Jika seseorang tidak dapat mengontrol amarahnya dengan baik, kapasitas paru-paru bisa memburuk. Karena itulah, marah juga dapat memicu masalah kesehatan yang berkaitan dengan paru-paru, seperti masalah pernafasan.

Sehingga ketika marah seseorang biasanya akan kesulitan bernafas. Selain itu, kemarahan yang berlebihan juga bisa memicu serangan asma dan membuat nafas seseorang jadi terengah-engah. Bahaya banget kan?

8. Marah Terlalu Sering Bisa Membuat Seseorang Mengalami Inflamasi dan Nyeri Otot


Marah Terlalu Sering Bisa Membuat Seseorang Mengalami Inflamasi dan Nyeri Otot

Secara medis, pelepasan hormon kortisol yang terjadi saat seseorang marah dapat menyebabkan otot jadi lentur dan menerima gempuran energi selama beberapa detik. Karena itu jika seseorang marah secara berlebihan, dia akan merasakan gempuran energi yang lebih banyak pada ototnya karena pelepasan kortisol yang berulang. Hal ini juga menimbulkan efek buruk lainnya, yakni membuat tubuh jadi mudah nyeri.

Demikian delapan bahaya yang akan kamu dapatkan jika terlalu sering marah. Selain bahaya pada kesehatan fisik, terlalu sering marah juga bisa merusak kehidupan sosial. Karena masyarakat biasanya akan menjauhi seseorang yang memiliki rasa marah berlebihan, moody dan temperamental. Karena itu, kita harus bisa mengelola emosi dengan baik dan jika mood sedang tidak baik, ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang bisa membuat mood balik lagi seperti ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait