Jokowi Dinilai Bakal Sulit Buat Kebijakan Pro Rakyat Jika Kabinet Didominasi Kader Parpol
Nasional

Lembaga survei Kedai Kopi menilai jika komposisi kursi menteri lebih banyak diberikan pada Parpol maka hal itu dikhawatirkan akan mempersempit ruang gerak Jokowi dalam mengambil kebijakan.

WowKeren - Komposisi menteri yang akan menduduki kabinet di pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi jilid II tengah hangat diperbincangkan. Berbagai spekulasi muncul terkait sosok-sosok yang akan menduduki kursi kementerian.

Pendiri lembaga survei Kedai Kopi Hendri Satrio mengingatkan jika kursi kabinet lebih banyak diberikan pada kader Parpol justru akan berdampak pada Jokowi nantinya. Terlalu banyaknya Parpol yang mengisi kementerian, dikhawatirkan akan menyulitkan Jokowi ketika akan membuat kebijakan yang berpihak pada rakyat.

Ia juga menyoroti fenomena saat ini di mana partai oposisi tengah berupaya menyeberang ke pemerintahannya. Jika koalisi makin gemuk, hal ini menurut Hendri harus benar-benar diperhatikan.

"Kabinet yang terlalu berat pada kader-kader parpol pendukung dikhawatirkan bisa membuat Presiden Jokowi makin sulit mengambil keputusan yang berpihak kepada rakyat," ujar Hendri dilansir dari Kompas, Jumat (18/10). "Apalagi koalisi pendukung pemerintahan yang terlalu gemuk dengan ditambahnya partai lain di luar koalisi saat ini."


Oleh sebab itu, Hendri menyarankan agar Jokowi lebih fokus untuk mewujudkan janji-janji dan program yang pernah ia sampaikan saat Pemilu lalu dengan mengatur prioritas. Menurutnya, beban Jokowi untuk membuat kebijakan yang pro rakyat akan lebih ringan jika kabinet tidak terlalu berat diisi oleh Parpol.

Perlu dipastikan bahwa orang-orang yang akan mengisi bangku kementerian nantinya adalah mereka yang tidak memiliki konflik kepentingan. Dengan begitu, program kerja benar-benar bisa diorientasikan untuk kemakmuran rakyat.

"Ujian pertama ada pada penentuan kabinet yang profesional," lanjut Hendri. "Yang diisi orang-orang tanpa konflik kepentingan, sehingga prioritasnya betul-betul bekerja."

Ke depan, diharapkan para menteri tersebut bisa membantu Jokowi untuk membuat inovasi baru untuk kepentingan rakyat. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan berujung pada semakin meningkatkan kepercayaan rakyat. "Jika kabinet yang dihasilkan mampu membuat terobosan-terobosan itu, ditopang dengan kepemimpinan yang merakyat, maka kepercayaan masyarakat pada pemerintahan bisa meningkat juga," tuturnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait