Sempat Disoal Maju Jalur Independen, Gibran Tegaskan Daftar Cawalkot Lewat PDIP
Nasional

Gibran menegaskan bahwa dirinya tidak pernah menyatakan akan maju ke Pemilihan Wali Kota Surakarta melalui jalur independen. Dalam waktu dekat, ia akan segera mendaftar melalui DPP atau DPD.

WowKeren - Putra Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Gibran Rakabuming Raka diketahui akan maju ke bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta pada 2020 nanti. Namun, DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Surakarta telah menutup pintu karena sudah mengusulkan pasangan lain, Purnomo-Teguh ke DPP.

Menanggapi hal ini, Gibran mengatakan bahwa dirinya akan terus maju mencalonkan diri namun melalui DPP ataupun DPD. Ia menegaskan bahwa hal tersebut sudah dikonsultasikannya dengan senior di DPP PDIP.

"Kemarin saya konsultasi dengan beberapa senior PDIP di pusat," kata Gibran di Solo, Sabtu (19/10). "Bahwa saya masih ada kesempatan mendaftar lewat DPP ataupun DPD."

Sebelumnya, sempat diberitakan bahwa Gibran disebut-sebut akan maju Pilwalkot melalui jalur independen. Mendengar hal ini, PDIP pun menyatakan akan memberikan sanksi tegas padanya sebab sebagai kader yang sudah terdaftar dalam keanggotaan PDIP maka pencalonan Pilwalkot wajib dilakukan melalui partai.


"Saya tidak akan maju lewat independen," tegas Gibran. "Saya akan berjuang maju lewat PDIP."

Terkait kapan akan mendaftar, Gibran masih belum memberikan informasi detail. "Dalam waktu dekat (mendaftar)," ujarnya.

Lebih jauh, ia menegaskan bahwa dirinya tidak pernah berencana maju Pilwalkot melalui jalur independen. Sebab, sudah menjadi prosedur wajib bagi kader partai tersebut jika ingin maju Pilwalkot maka harus melalui partai.

"Kan udah dijelaskan to. Saya sudah daftar PDIP. Saya tidak pernah bilang di manapun, pada siapapun kalau saya maju jalur independen," tegas Gibran. "Saya itu sudah dapat KTA PDIP, jadi kader PDIP, jadi kan majunya lewat PDI."

Sementara itu, Purnomo-Teguh adalah pasangan yang diusung oleh DPC PDIP yang didapat dari hasil penjaringan internal partai. "(Gibran) udah enggak ada kesempatan. Kita enggak buka pendaftaran. Kita penugasan partai. Dan itu (Purnomo-Teguh) aspirasi lima anak ranting sampai PAC kok," kata DPC PDIP Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Surakarta, Senin (23/9).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru