Tito Karnavian Dipanggil Jokowi ke Istana, Polri: Mungkin Ada Jabatan Baru
Nasional

Sebelumnya, Tito Karnavian mengaku bahwa dirinya dipanggil Jokowi ke Istana untuk membicarakan masalah keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pasca pelantik Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024

WowKeren - Kapolri Jenderal Tito Karnavian dipanggil oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini (21/10). Tito dipanggil bersamaan dengan sejumlah nama untuk calon Menteri Kabinet Kerja periode 2019-2024.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Muhammad Iqbal, lantas mengatakan bahwa Tito kemungkinan besar mendapat jabatan baru dari Presiden Jokowi. Hal ini disampaikan Iqbal usai mendampingi Tito memenuhi panggilan Jokowi.


"Kemungkinan ada semacam jabatan baru," tutur Iqbal di kantornya pada Senin (21/10) sore. Menurut Iqbal, pertemuan antara Jokowi dan Tito tersebut berlangsung selama satu jam.

Sang Kapolri sendiri telah meninggalkan Istana Negara sejak pukul 14.00 WIB. Usai bertemu Jokowi, Tito lantas bertemu dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. "Habis itu ke posko ke Jakarta Barat ketemu Panglima TNI," ungkap Iqbal.

Sebelumnya, Tito mengaku bahwa dirinya dipanggil Jokowi ke Istana untuk membicarakan masalah keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pasca pelantik Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Berbeda dengan sejumlah tokoh yang mengenakan kemeja putih kala memenuhi panggilan Jokowi, Tito hadir dengan mengenakan seragam lengkap kepolisian.

"Saya tidak tahu, saya kira dipanggil soal masalah Kamtibmas," tutur Tito. "Saya tadi disampaikan dipanggil presiden, saya pikir akan ditanya soal situasi Kamtibmas pasca-pelantikan dan bagaimana pengamanan, dalam rangka pengamanan mengenai kabinet. Prinsip Polri berusaha maksimal."

Di sisi lain, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra, tidak mau berspekulasi soal pemanggilan Tito ke Istana. "(Tito jadi menteri?) saya kira jawabnya singkat, kita menunggu kabar selanjutnya, sebagaimana pihak istana menginfokan Rabu (23/20) dilakukan pelantikan (kabinet)," tutur Asep di Mabes Polri.

Menurut Asep, Polri akan menganalisis langkah selanjutnya setelah ada kepastian soal Tito. "Setelah itu (mendapat kepastian), kita baru bisa menganalisis langkah selanjutnya," ujar Asep.

Selain itu, Asep juga berterimakasih kepada seluruh elemen yang kemarin ikut menjaga pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. "Alhamdulillah (pelantikan) berjalan aman, tertib, dan lancar. Polri mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI dan komponen bangsa yang telah menjaga situasi ini berjalan baik. Sebagai bangsa dengan kepemimpinan nasional yang baru, kita mempunyai harapan baru, yang membawa Indonesia lebih baik," pungkas Asep.

You can share this post!

Related Posts
Loading...